Cara Mengatasi Telinga Bernanah

Yogi Herbal
Jul 21, 2018 · 3 min read

Telinga merupakan organ tubuh yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Sebab telinga berfungsi sebagai alat pendengaran, dimana tanpa telinga seseorang mungkin akan kesulitan untuk berkomunikasi.

Telinga bernanah biasanya dialami oleh anak-anak usia sekolah dasar. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa akan bebas dari penyakit ini. Telinga bernanah ini biasanya mengeluarkan cairan yang disebut otorrea.

Terkumpulnya nanah di dalam rongga telinga bagian tengah mengakibatkan pembengkakan dan akan menimbulkan rasa sakit pada telinga, serta penderita akan mengalami demam tinggi.

Beberapa upaya penyembuhan penyakit ini seperti pemberian obat tetes telinga, antibiotik, dan obat anti radang. Namun dipastikan bahwa obat tetes telinga ini tidak bekerja secara efisien karena cairannya tidak bisa menyentuh ke semua bagian telinga yang mengalami iritasi.

Pada dasarnya telinga bernanah mudah disembuhkan jika diberi penanganan yang baik dan sesuai dengan kondisinya. Jika merasa tidak aman menggunakan obat-obatan medis, dapat juga menggunakan obat herbal telinga bernanah secara alami dan tradisional.

elinga bernanah adalah bentuk dari adanya infeksi. Biasanya penyebab paling sering dari infeksi ini ialah virus yang sama ketika menderita flu dan demam.

Antara hidung dan telinga dihubungkan oleh saluran kecil disebut Eustachius, ketika terserang flu saluran ini akan membengkak dan tersumbat sehingga kemungkinan besar virus flu menyebar ke telinga melalui saluran ini yang menyebabkan infeksi ditelinga.

Selain karena virus flu, infeksi telinga juga bisa disebabkan bakteri. Bakteri bisa menginfeksi telinga disebabkan karena kebiasaan mengorek telinga entah terlalu keras maupun terlalu dalam.

Gejala Infeksi Telinga

Infeksi telinga biasanya berkembang dengan cepat sehingga dapat menimbulkan gejala-gejala seperti berikut :

Telinga terasa nyeri terutama ketika berbaring
Sulit tidur akibat nyeri di telinga
Mengalami penurunan pendengaran
Demam ringan hingga tinggi
Keluar cairan dari telinga
Seperti ada yang menyumbat telinga
Pada anak biasanya sering menarik-narik telinga

Cara Mengatasi Telinga Bernanah

berbagai macam cara yang bisa anda lakukan dalam menyembuhkan telinga bernanah dengan secara cepat, anda cukup pilih dari ketiga cara dibawah ini yang menurut anda mudah dan bisa dilakukan di rumah, ialah :

  • Dengan Bawang Putih Saja

Dalam prosesnya : Siapkan 5 biji bawang putih, gerus bawang putih sampai halus, setelah itu masukan kedalam kain kasa tipis. Lalu masukan bungkusan tersebut kedalam telinga, namun pastikan dulu kain telinga tersebut harus terlihat nongol hingga anda bisa menarik kembali dengan mudah. Setelah semuanya selesai, diamkan kurang lebih 30 menit.

  • Bawang Putih Campur Garam

Prosedurnya : Siapkan 3 siung bawang putih, rebuslah bawang putih tersebut selama beberapa menit. Kemudian, gerus bawang putih yang sudah direbus tadi. Lalu, tambahkan 1 sendok teh garam, aduk sampai semuanya tercampur. Masukan kedalam kain bersih, setelah itu, masukan kedalam telinga yang mengalami rasa sakit.

  • Bawang Putih Campur Minyak Zaitun

Selanjutnya, cara ketiga yang bisa menyembuhkan telinga bernanah ini ialah dengan menambahkan minyak zaitun. Untuk cara mengolahnya: Sediakan 1 siung bawang putih dan 2 sendok makan minyak zaitun, gerus bawang putih tersebut, serta masukan kedua bahan tersebut kedalam wadah. Lalu, didihkan bahan tersebut kedalam api yang tetap kecil. Kemudian, diamkan selama 20 menit supaya kandungan tersebut menyerap kedalam minyak. Lakukan saringan bawang putih & simpan didalam lemari es. Setelah bahan tersebut sudah dalam keadaan dingin, teteskan sebanyak 2 tetes kedalam telinga.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam menyembuhkan telinga bernanah, namun apabila dengan cara tersebut sudah dilakukan tapi tidak mendapatkan hasil apapun. Jangan cemas ! Disini ada berbagai macam cara lain yang sudah terbukti keampuhannya dalam menyembuhkan telinga bernanah.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Obat Herbal Telinga Berair Dan Bau Paling Ampuh

Dampak Dari Penyakit Telinga Berair Jika Tidak Segera Diobati

Cara Mengatasi Telinga Bernanah

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade