Day-1 eFishery Academy Batch 2.1

Fauzan Herdika Tubagus Putra
1 min readSep 19, 2022

--

Aqua-Developer | Software Engineer

Hari ini saya belajar banyak hal-hal mengenai software engineer, dari mulai perancangan sampai tahap akhir yaitu maintenance. Hal yang perlu digaris bawahi adalah, software itu tidak hanya langsung aplikasi jadi, pada awalnya harus ada arsitektur. Mirip seperti blueprint pada arsitek. Dan arsitektur pada software ini di bagi menjadi 2 yaitu, monolitich dan microservice. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dilanjutkan dengan latihan membuat rancangan arsitektur tentang warehouse dan diakhir diberi tugas untuk membuat RFC (Request for Comments). Banyak istilah asing yang baru ditelinga saya hari ini, ini bertandakan bahwa saya masih harus belajar lebih giat dan terus menggali ilmu yang di butuhkan untuk kedepannya.

Dari pertanda diatas, ternyata setelah lulus kuliah itu bukan berarti berhenti belajar. Akan tetapi, masih harus tetap belajar terus menerus. Dan saya mempunyai pemahaman baru bahwa saya akan hidup menjadi seseorang yang terus belajar atau “Lifetime Learner”.

See you guys on the next day!

--

--