Ternyata, 8 Kebiasaan Ini yang Menyebabkan Anda Stres

Saat ini, kebanyakan dari kita memiliki permasalahan, waktu kita tidak cukup untuk hidup selama 1 hari. Baik hidup di bagian profesional ataupun lebih parah lagi kehidupan pribadi masing-masing. Hal ini disebabkan karena zaman informasi yang semakin cepat. Karena permasalahan ini pula, 8 kesalahan ini akan sangat gampang membuat Anda stres, seperti dikutip dari Lifehacks.com pada Selasa (11/10/2016).

Melakukan multitasking tanpa prioritas
Multitasking sangat dibutuhkan dalam kehidupan, tapi fokus ke berbagai hal akan membuat Anda kehabisan energi, perhatian dan mengalokasikan waktu ke berbagai hal yang tidak kunjung selesai. Contohnya seperti ini : Anda memasak sambil strika baju bersamaan, makanan hangus dan baju robek karena setrika. Atau anda bisa mengaturnya seperti ini : Memasak dahulu tanpa di ganggu dan setelah makan baru setrika baju. Hasilnya perut kenyang dan baju pun bersih.

Membuat daftar pekerjaan yang terlalu panjang
Daftar pekerjaan sangat membantu, namun bila daftarnya terlalu panjang? Anda akan pusing sendiri karena merasa pekerjaannya tidak akan selesai. Solusinya adalah membuat 3 hal yang bisa Anda selesaikan dalam satu hari. Hal ini dapat membuat pekerjaan Anda bisa terselesaikan dengan baik sesuai dengan prioritasnya.

Mengingat semua hal tanpa catatan
Banyak hal yang dengan mudah dapat terlupakan dan hal ini bisa membuat Anda pusing bila berusaha mengingatnya. Solusi permasalahan ini adalah dengan cara menulis semuanya. Anda harus memiliki sebuah catatan khusus yang bisa membuat Anda mengingat semua jadwal kegiatan. Bila lupa, ya, tenang saja karena semuanya telah tercatat.

Selalu membalas pesan sesegera mungkin di smartphone
Perilaku ini sudah menjadi sebuah kebiasaan masyarakat saat ini. Kebanyakan orang selalu terdorong untuk melihat apa yang terjadi di media sosial dan ruang obrolan, padahal itu bukanlah sebuah hal yang penting. Ingat bahwa seorang profesional tidak melakukan multitasking saat melakukan kegiatan mereka. Solusi yang tepat adalah tentukan waktu dua kali sehari untuk membalas semua pesan-pesan di media sosial. Jadi Anda dapat berkonsentrasi menyelesaikan tugas yang tertunda.

Mengabaikan aturan 80/20
Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa 80 persen hasil merupakan akibat 20 persen usaha. Contohnya: 80 persen skor di pertandingan basket hanya dihasilkan oleh satu orang saja. Jadi pertimbangkan dengan baik untuk menghabiskan waktu dan energi Anda. Pilih kegiatan yang paling produktif dan akan menghasilkan kesuksesan lebih besar setiap harinya.

Sering Menunda
Menunda menjadi penyakit yang paling ganas yang bisa membuat Anda stres. Lakukan aturan “sekali sentuh” sehingga semua pekerjaan segera terselesaikan. Contoh: bila Anda sudah membuka amplop tagihan, bayar semuanya dalam satu waktu, sehingga tidak lupa. Hal ini juga berlaku dengan kegiatan lainnya. Tapi tetap atur prioritas Anda sehingga pemanfaatan waktu tetap efektif.

Jarang berkata tidak dan tak pernah meminta tolong
Faktanya adalah orang sukses lebih menghargai waktu dan energinya dibandingkan perasaan orang lain. Sehingga mereka tidak segan berkata “tidak” pada pekerjaan yang tidak menghabiskan energinya. Bukan masalah egois, tapi lebih kepada pintar mengatur waktu dan efisien dalam pekerjaan. Alihkan juga pola pikir Anda dari “Saya harus mengerjakan hal ini” menjadi “Apa cara terbaik supaya pekerjaan ini cepat selesai?”

Terlalu fokus dan tidak beristirahat saat menyelesaikan pekerjaan
Bila pekerjaan yang ingin Anda selesaikan tidak berjalan dengan baik, lebih baik mengambil beberapa menit untuk istirahat atau mengerjakan hal lainnya yang lebih mudah. Jika Anda tetap bersikeras mengerjakan pekerjaan yang tidak berjalan dengan mulus, hal ini akan membuat energi dan konsentrasi Anda habis. Ingat aturan 80/20. Lakukan hal yang lain yang menyenangkan dan selesaikan pekerjaan yang tertunda setelah keadaan Anda lebih baik. Klik Disini

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.