Persika Sebagai Pemersatu

penulis: Zikri Syabani

Sebagian penikmat sepak bola lokal dari Karawang selalu tertuju pada dua klub kasta tertinggi liga indonesia sebut saja Persib Bandung dan Persija Jakarta, yap dua klub tersebut memiliki basis suporter yang cukup besar dan terbilang memiliki pendukung yang lumayan banyak di kota Karawang ini, masing-masing dari kedua suporter klub tersebut seringkali menyaksikan klub kesayangannya berlaga baik saat Persib bermain di Bandung maupun Persija di Jakarta, bahkan mereka tidak tanggung-tanggung untuk merogok kocek uang sakunya dalam-dalam hanya untuk menyaksikan klub tercintanya tersebut berlaga pada saat bermain di laga tandang atau dalam bahasa suporter nya sering disebut Away Days.

Seperti yang kita ketahui kedua kelompok suporter tersebut memiliki hubungan yang kurang baik bahkan seringkali terjadi gesekkan di daerah-daerah tertentu khususnya di Karawang, namun ketidakharmonisan itu akan hilang pada saat tim asli Karawang berlaga. PERSIKA! kenapa? mau tidak mau mereka harus mengesampingkan atribut yang selama ini mereka gunakan untuk mendukung salah satu dari kedua klub tersebut, pada saat PERSIKA berlaga mereka yang berseteru pun rela jika memang harus satu stadion atau bahkan satu tribun dengan tujuan yang sama yakni PERSIKA, namun tidak dengan atribut sebelumnya. Dari sekian laga PERSIKA di ISC-B yang saya lihat sebelumnya pada saat bermain di stadion Singaperbangsa dan sedikit mengamati aktivitas di tribun beberapa di antara mereka kini bernyanyi bersama bahkan saling merangkul satu sama lain.

Tentunya hal ini adalah sesuatu yang sangat positif bagi persepakbolaan di Karawang, dan tak bisa dipungkiri bahwa PERSIKA lah yang telah mempersatukan mereka secara tidak langsung.

“ Jangan Pernah Lupa Dimana Kalian Berpijak, Ayo Dukung PERSIKA Dengan Sepenuh Hati “