Image for post
Image for post
SiFive RISC-V HiFive

Perang hardware khususnya prosesor ternyata menarik untuk kita nanti. Dulu saat kita kuliah, mahasiswa hanya berantem soal Intel vs Amd, seperti : Intel dingin vs Amd panas, Amd ngacir dibanding Intel, Intel lebih stabil dibanding AMD etc. Ya to… hehehe…. Nah, ternyata kali ini lebih seru — aku kira ARM melawan Intel & AMD.

Perbandingan CPU antara Intel dan ARM telah menjadi topik sejak 2010 ketika Steve Jobs meramalkan masa depan Apple dengan ARM. Lalu ketika Intel Atom digunakan pada beberapa smartphone tetapi akhirnya tidak menerima dukungan aplikasi yang tepat. Prosesor Intel dibayangi oleh banyaknya chip ponsel berbasis ARM, mendorong…


KENAPA GAK DEP AJA ?

Pada 2017, pengembangan dep dimulai sebagai percobaan resmi di Go Package Management. Jika percobaan berhasil, maka dep akan menjadi solusi resmi untuk manajemen paket. dep ini menjadi sangat penting untuk developer Go, Dep mengadopsi mekanisme manajer paket lain, seperti cargo atau bundler .

dep memang menggunakan dua file konfigurasi — Gopkg.toml dengan dependensi, dan Gopgk.lock dengan hash dan versi paket. Dependensi disimpan di direktori vendor. Dengan Dep memungkinkan untuk menentukan secara spesifik nomor versi yang sangat fleksibel dan tangguh untuk dependensi berdasarkan versi yang diinginkan. Spesifikasi versi yang valid di dep adalah hal-hal seperti 1.5–1.7.0 (yaitu> = 1.5 dan <=…


Image for post
Image for post

Framework mobile app yang multiplatform cukup banyak. Mulai dari ionic, nativescript, reactnative. Lalu apa yang beda dari flutter? Yang jelas, framework tersebut muncul karena mengharap satu codingan bisa dibuild ke iOS, android atau mobile os yang lain. Mari kita lihat teknologi yang dipakai dari framework tersebut dan perbedaan dengan native atau flutter.

SDK OEM atau Native languages


Image for post
Image for post
visionbot.org

Ah, javascript. selalu mudah dipelajari. Kali ini kita numpang di Perpus Mercubuana untuk bikin script sederhana compare wajah untuk authentications, bareng yang punya mercu — Bro Zico Alamsyah.

Tulisan ini akan dikelompokkan berdasarkan tahapan yo bro. Supaya kita mudah mempelajarinya. Selain itu, penulis pakai ubuntu yo,.. sing gampang le pakai :)

Tentang OpenCV
Pada bab ini kita akan mengulas bagaimana OpenCV membantu kita membaca file image. Hasil dari file image ini akan kita olah sehingga bisa kita hilangkan object yang gak diperlukan, atau di convert warna atau di manipulasi yang lain sehingga kita bisa membandingkan data tersebut.

Install OpenCV di Ubuntu

Untuk install opencv…


Image for post
Image for post

Aplikasi untuk membuat sketsa systems / mockups yang beredar cukup susah untuk memilih yang terbaik. Sebenarnya apa sih yang diperlukan programmer dengan mockup ini ?

Pencil menjadi pilihan saya karena OPEN SOURCE dan juga untuk versi terbarunya menggunakan ELECTRON sebagai engine nya, Sudah barang tentu akan menghadilkan tampilan yang sederhana dan enak dilihat. Selain itu fiture — fiture yang diperlukan apa aja sih. Yuk kita ulas, ….

Kebutuhan paling esensi dari programmer untuk menjahit satu persatu untuk kemudian menjadi aplikasi utuh buat saya ada yaitu sebagai berukut bro :

  • Terstruktur dengan Baik Ada dua hal yang diperlukan programmer agar lancar…


Meteor.JS adalah client-server revolusioner javascript framework yang memungkinkan untuk mengelola data dengan style Mongo yang sama di browser atau di server.

Bagian yang aneh yaitu pada Meteor tidak menggunakan ID dari MongoDB (objectID) akan tetapi dengan primary key (Random string), jadi apa yang harus dilakukan jika Anda ingin menggunakan kembali Collections MongoDB dengan Meteor.

Meteor ID

Agar kita bisa memahami step by step proses kita jalani dengan sabar ya :)

Kita coba code pertama :

Meteor.uuid ()
"cfe6ef5c-da4a-4c27-ac19-c534d151c40f"

mhm .. tidak, itu adalah ID lama. Sekarang kita coba dengan :

Random.id ()
"v2PrCTPea6tM6JNHn"

sialan, ini adalah ID terlalu pendek, mari kita coba…


Halo kawan, kali ini saya akan mensetting server docker saya untuk mengaktifkan Firewall. Sebenarnya ada banyak cara yang harus dilakukan di dalam menjaga keamanan network dan server, namun di tulisan kali ini kita akan konsentrasi membahas dari sisi firewall. Apa itu firewall? Seperti arti harafiah katanya, yaitu: ‘tembok api’. Di firewall ini kita melakukan proses penyaringan trafik network apa dan bagaimana yang kita perbolehkan/larang.

Di dalam konsep networking, semua service networking (seperti web, ftp, mail, dns, dll) berjalan melalui jalur2 yang kita namakan ‘port’. Masing2 service tersebut memiliki jalurnya sendiri, yaitu port2 dengan nomor tersendiri, seperti service: 1. web —…


Panduan ini akan menjelaskan cara untuk mount folder server remote ke folder di komputer lokal Anda. Ada beberapa langkah yang harus dikuti, jadi siap-siap dan buka jendela terminal.

Jika user login Anda belum masuk ke groupuser fuse maka kita harus membuatnya.

Membuat grup

$ sudo addgroup fuse

Tambahkan pengguna ke dalam kelompok

$ sudo adduser $USER fuse

Sekarang login Anda sudah masuk ke group fuse.

Langkah selanjutnya kita perlu menginstal modul SSH FUSE:

$ sudo apt-get install sshfs

kita akan menggunakan perintah modprobe untuk memuatnya

$ sudo modprobe fuse

Kita harus menyiapkan beberapa izin untuk mengakses utilitas

$ sudo chown root:fuser /dev/fuse$ sudo chmod +x /dev/fusermount

Sekarang kita harus membuat folder yang dijadikan lokasi mount folder server

$ mkdir ~/remoteserv

Mount folder di server ke folder lokal

sshfs userServer@IPServer:FOLDERSERVER FOLDERLOKAL

Selesai.

Gampang kan kawan thinkers, Selamat mencoba

Y.Nunung Pamungkas Jayuda

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store