FILM PENDEK ITU PROSES NYA GAK PENDEK

Meskipun hasil nya cuma 7-15 menit percaya deh Film Pendek itu proses nya gak pendek, kenapa bisa panjang? mungkin di awal analogi ini bisa sedikit mencerahkan

Analogi dibuat oleh Bayu Prabowo

Nah kalau kata bang bayu bikin film itu kaya bikin anak yaa cuma beda nya kita gaharus ikut keluarga berencana aja hehe. okay kita bahas satu persatu proses nya secara garis besar nya aja okeh.

  1. Development Ide

Develop Ide menurut gua adalah salah satu tahapan yang susah banget buat dilewatin karena ini gerbang awal kita untuk buat sebuah karya khusus nya di film pendek ide ide kita harus 'nakal' belum lagi kita bertarung dengan durasi, semua aspek di cerita harus di pikirin secara serius mulai dari Goals si film nya alur cerita, karakter dalam si film nya, masalah nya, penyelesaian masalah nya, dll.

mungkin kenapa Bang Bayu bilang analogi nya ini adalah 'proses suami dan istri berhubungan intim' mungkin karena ini juga adalah proses yang paling asik sih menurut gua dimana semua imajinasi kita, khayalan kita di tumpahin ke dalam kertas kosong dan nanti nya imajinasi kita ini khayalan dalam otak kita ini bakal dibikin film wogh! inti nya di tahap ini gak ada batasan nya kecuali dari diri sendiri.

2. Pra Produksi

bagian paling pusing di tahap ini kita persiapan kita harus penuhin semua kebutuhan yang ada di naskah mulai dari cari talent yang sesuai, bikin set yang sesuai, siapin property, cari lokasi yang oke, breakdown shot nya mau kaya gimana adegan per adegan nya, dll. tapi sebelum kita riweuh ini itu pastiin kalau naskah nya udah kita bedah bener bener detail biar gaada yg 'miss’.

kalau di analogi nya itu ini bagian 'hamil, ngidam' iya ini bener banget karena di pra itu banyak banget BM NYA! hahaha

3. Produksi

ini tahap yang cukup krusial karena ini tahap ini juga tahap penentuan nanti film kita jadi nya mau kaya gimana? sesuai kah dengan harapan? atau tidak? fokus disini harus fokus. shooting berhari hari pagi sampai malem crew juga pas shooting harus bisa jaga stamina dan mood pastinya biar shooting nya gak terlalu capek. hehe

4. Paska Produksi

Sampai juga disini ini menurut gua adalah check point memang proses nya tidak se hectic saat produksi tapi untuk editor ini adalah saat nya dia unjuk gigi editing mulai dari gambar mentah kita 'jahit’ dan satuin adegan per adegan belum lagi warnain gambar nya atau tambah efek efek spesial selain ngedit gambar biasanya disini juga dilakukan 'music scoring' ya simple nya backsound film bisa kita buat sendiri atau pake yang free roylaty ada banyak di internet. ada juga bikin 'Original Soundtrack' ah ini bagian yang paling gua sukak banget bikin film dan ada lagu nya sendiri wow itu asik banget kalian yang udah pernah bikin film yang bikin OST nya juga

5. Distribusi & Eksibisi Film

Wah di tahap ini ibarat kita orang tua yang mengantar anak kita menuju gerbang kesuksesan yup ini bener, gua pribadi selalu senang apabila film gua sudah di tahap ini kita bisa lihat hasil dari project yang udah kita garap serius selama berbulan bulan biasanya di tahap ini gua selalu sedih sekaligus seneng karena semua capek, pusing dari pra sampai paska produksi itu terbayarkan hasil film yang maksimal itu rasanya manis banget dan di tahap ini juga kita bisa share ke orang orang tentang film kita entah itu lewat festival, screening, atau uplod di youtube. ditahap ini juga akan datang banyak nya apresiasi yang bikin senang hati serta koreksi dan evaluasi yang bikin kita koreksi diri.

Jadi, kurang lebih itu lah proses kita saat garap film pendek, gua harap untuk kalian yang mungkin mau memulai atau sedang garap film pendek nikmati proses nya dan percaya bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil.