ADAKAH RANDOM ITU???

Sebelumnya, saya akan bertanya kepada Anda terlebih dahulu. Apa itu “random”? Lalu apakah ada sesuatu yang random di alam semesta ini? Seperti yang kita tahu, bahwa segala sesuatu yang ada di alam semesta ini mengikuti hukum alam. Namun, apakah terdapat sesuatu di alam semesta ini yang terjadi tanpa mengikuti hukum alam, alias random?

Coba Anda lempar sebuah dadu dan lihatlah angka apa yang keluar. Apakah angka yang keluar tersebut random? Jika Anda menganggap itu random, apakah Anda sudah memerhatikan faktor apa saja yang berpengaruh, seperti massa dadu, ketinggian lemparan, dan sebagainya? Andaikata Anda mampu untuk mengalkulasikan segala faktor tersebut, apakah Anda masih berkata kalau itu adalah sesuatu yang random?

Mungkin teori mekanika kuantum sudah membuktikan adanya kejadian yang random, tetapi jika diperhatikan lebih dalam lagi, apakah kejadian tersebut memang random, atau memiliki faktor yang tidak dapat dideteksi? Kembali lagi, intinya segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini mengikuti hukum alam. Istilah random dipakai karena keterbatasan kita sebagai manusia untuk mendeteksi segala faktor yang berpengaruh terhadap suatu kejadian.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.