Buat kalian para pecinta musik, memainkan alat musik merupakan hal yang sangat menyenangkan. Memainkan alat musik dapat mengisi waktu luang baik dengan teman, keluarga, ataupun sendirian.

Alat musik yang bermelodi menjadi salah satu favorit banyak orang. Namun untuk memainkannya, tentu kita harus mengetahui tangga nada dan chord-chord lagu yang ingin dibawakan.

Tidak semua orang bisa langsung mengetahui chord lagu yang ingin dibawakan. Apalagi untuk para pemula pemain musik. Internet menjadi salah satu faisilitas untuk mengetahui chord-chord tersebut. Salah satu website yang menyajikan chord musik tertentu yaitu chordfrenzy.com

chordfrenzy merupakan website yang menyajikan lirik lagu serta kunci/chord yang menjadi pengiring lagu. Mulai dari lagu karya musisi tanah air hingga karya musisi mancanegara.

Berikut merupakan tanggapan saya terhadap website chordfrenzy.com:

Dari gambar di atas, menurut saya warna yang dihadirkan cukup menarik. Dengan background dominan putih diisi dengan logo dan beberapa tulisan berarna merah membuat chordfrenzy masih bisa dibaca dengan baik dan benar. Namun menurut saya terlalu banyak iklan yang ada pada website tersebut. iklan terdapat di sisi kanan, kiri, dan di sisi atas. iklan tersebut membuat saya sebagai user kurang nyaman menikmat website tersebut.

Dari gambar tersebut, kita juga bisa melihat bahwa terdapat beberapa kategori musik yang dapat kita pilih yaitu 20 recent chords, news, dan top 10 charts. menurut saya, ini sangat memudahkan kita untuk mengetahui beberapa lagu yang masuk 10 top, lagu yang baru masuk ke dalam data chordfrenzy, dan manfaat kategori lainnya.

Terdapat fitur browse artist yaitu kolom-kolom abjad yang dapat kita pilih. Abjad tersebut mewakilkan huruf awalan dari judul lagu yang ingin kita temukan chord dan lirik-nya. tidak hanya itu, terdapat juga kolom search dimana kita bisa langsung mengetikkan judul lagu yang ingin kita cari. kedua fitur ini sangat bermanfaat dan memudahkan kita.

Gambar di atas adalah contoh apabila kita telah membuka sebuah lagu yang kita tuju. lagi-lagi iklan yang ada sedikit mengganggu tampian pada layar. tetapi terdapat fitur related video yang membantu kita melihat videoclip dari lagu tersebut. sehingga kita tidak perlu lagi membuka tab baru dan mencari videoclip-nya.

Dalam sebuah lagu biasanya terdapat lirik-lirik sama yang diulang kembali. dan biasanya juga chord yang digunakan juga sama. menurut saya sebaiknya chordfrenzy hanya menuliskan chord dan lirik lagu yang sama hanya sekali sehingga halaman yang ditampilkan terlalu panjang ke bawah. namun chordfrenzy juga menjelaskan bahwa ada bagian chord dan lirik lagu yang diulang sehingga kita juga tidak bingung akan kekurangan lirik.

dan yang terakhir ini adalah tampilan saat kita menggunakan fitur search. dengan mengetikkan keyword “garuda”, muncul lah daftar-daftar lagu yang berkaitan dengan “garuda”.

Menurut saya, secara garis besar, web ini terlihat bagus dan sangat bermanfaat. fitur-fitur yang ada juga berguna dan mudah digunakan. hanya saja terlalu banyak iklan yang mengganggu pada tampilan web-nya.

Like what you read? Give purnama syafitri a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.