Filsafat Kontemporer — Neo Kantianisme

Pasca Hegel filsafat di masa Hitler tidak memproduksi filosof hebat setara Hegel atau Kant. Filsafat vakum, dan jatuh dalam pengaruh besar Hitler. Hitler membuat semua lini kehidupan harus tunduk padanya, termasuk perguruan tinggi. Bahkan Heidegger menjadi rektor karena mendukung Hitler, termasuk pemimpin orkestra yang juga harus pro Hitler. Pada saat itu filsafat diarahkan menuju materialisme, dan positivisme.

Weltanschauungen, adalah menempatkan kembali filsafat menjadi sebuah ajaran hidup, dan ini lebih besar daripada sekedar falsafah. Gerakan ini terilhami dari Kant. Namun mereka tidak fanatik buta terhadap Kant. Mereka justru menciptakan ilmu baru.

  1. Kaum Neo-kantian menolak metode menggunakan pendekatan psikologi dan matefisika.
  2. Intelek bagi mereka terbagi menjadi dua yaitu, sense dan undertsanding. sense berfungsi meneriam data, dan understading mengolah data data tersebut.
  3. Karena begitu, maka realitas terbentuk dalam pikiran manusia. hakekat gelas yang meleleh tidak akan kita ketahui — cikal bakal konstruktivisme.
  4. dan disitu pula dia menolak gagasan das ding an sich

Manusia tidak akan mendapatkan gambaran utuh mengenai dunia, karena ia hanya mendapatkan data data inderawi. Sublim adalah keadaan pikiran tarik menarik antara sense dan understanding. Ini persis seperti kejadian melihat gunung berapi meletus. Dimana manusia akan meleleh jika terkena lava panas tersebut, namun karena jauh maka manusia berani melihatnya. Atau seperti menonton film horror, takut namun membuat ketagihan. Sublim adalah sintesis sense dan understanding.

Data yang pasti bersifat partikular. Sedang Freud, menggunakan alanisa psikoanalisanya ia berhasil mendapatkan gambaran dari sebab seseorang berbuat demikian, maka analisa ini menjadikannya mengethaui realitas dunia.

Komputer tidak akan mampu mengetahui hasil dari pikirannya. hanya manusia yang mampu menjelaskan mengapa menulis miring dsb.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Fathul Purnomo’s story.