Akses MongoDB Database menggunakan Robomongo

Mendevelop MEAN stack apps membuat proses development menjadi semakin menyenangkan. Sepertinya setiap proses development memiliki beberapa tools yang mudah untuk digunakan. Kali ini kita akan menggunakan Robomongo untuk akses remote database mongodb.

Dalam kasus ini, kita akan melakukan koneksi ke sebuah database yang dihostingkan. Banyak hosting bagus seperti Modulus.io, tapi kali ini kita akan melakukan akses database yang dihosting di Mongolab.

Persiapan Awal:

  1. Pastikan kita sudah mendaftar akun di MongoLab, dan sudah membuat database diakun kita. Apa itu MongoLab? Silahkan baca artikel ini .
  2. Ada beberapa kategori harga yang ditawarkan di MongoLab, silahkan cek di website resminya. Untuk langkah-langkah mendaftar akun di MongoLab baca ….
  3. Setelah membuat database di MongoLab, nanti kita akan mendapatkan sebuah url yang akan kita gunakan untuk mengakses database yang telah dibuat. contohnya seperti dibawah ini:

Url ini yang akan kita gunakan untuk melakukan koneksi ke database. Kita akan melakukan passing username, password, database address, database name, danport. Settingan ini yang akan kita butuhkan untuk melakukan setting di Robomongo.

4. Download dan install aplikasi Robomongo , terdapat dua pilihan installer dan portable, disini saya akan menggunakan yang portable yang lebih simple.

Langkah Setting di Robomongo:

  1. Buka aplikasi Robomongo, dan buat koneksi baru. Ikuti langkah-langkah sesuai gambar yang saya kasih lingkar merah.

Jika sudah muncul gambar yang terakhir, berarti kita sudah bisa melakukan operasi pada database kita, seperti membuat collection baru, mengedit, dan lain-lain.

Sekian tutorial kali ini tentang koneksi remote database mongo, semoga bermanfaat, Amin.

Jangan lupa share yakkk. Terima kasih