Mempelajari dan Memahami Nilai-Nilai Sosial Bersama PUSKAPA

PUSKAPA
PUSKAPA
Jan 28 · 3 min read

Nama saya Ainun, salah satu peserta program Belajar Kerja di PUSKAPA. Selama tiga bulan, saya telah mempelajari banyak hal dari program belajar kerja yang saya alami. Pada awal program, saya diajarkan mengenai cara berpikir kritis dengan mencoba untuk mengomentari berbagai tulisan. Selain itu, saya juga dilibatkan dalam berbagai pekerjaan seperti, penyusunan draft masukan untuk Rancangan Kitab Undang Undang Hukum Pidana (RKUHP), proses wawancara untuk analisis situasi perlindungan anak, dan penyusunan laporan perkawinan anak. Saya juga mengikuti pelatihan metode penelitian kuantitatif yang memperluas wawasan saya mengenai metode tersebut. Proses belajar kerja tersebut membawa perubahan pada cara pandang saya dalam melihat isu-isu sosial.

Sebelum saya mengikuti program belajar kerja di PUSKAPA, saya termasuk orang yang tidak peka terhadap isu sosial, termasuk perlindungan anak. Proses belajar kerja menuntut saya untuk banyak membaca mengenai berbagai isu sosial sehingga membuat saya menjadi lebih terpapar dengan isu tersebut. Menurut saya, kepedulian terhadap isu perlindungan anak sangat penting untuk dipelajari oleh generasi muda. Sebelum saya mempelajari isu tersebut bersama PUSKAPA, saya selalu merasa bahwa saya termasuk orang yang peduli terhadap isu perlindungan anak dengan “merasa kasihan” terhadap korban. Namun saya menyadari bahwa “merasa kasihan” saja tidak cukup. Saya perlu melakukan sesuatu untuk menunjukan kepedulian saya selain dengan mengasihani.

Selama belajar kerja di PUSKAPA, saya belajar bahwa menulis dan advokasi merupakan salah satu cara untuk membantu dalam menyelesaikan berbagai masalah sosial. Saya memahami bahwa mengubah sistem menjadi lebih adil akan membawa perubahan yang sangat besar untuk membantu banyak pihak. Sistem yang baik adalah sistem yang memberikan akses yang setara bagi masyarakat tanpa memandang perbedaan.

Ainun (kanan) dengan Santi Kusumaningrum, Direktur PUSKAPA (kiri), setelah mempresentasikan pengalaman belajar kerja di PUSKAPA

Ada banyak perubahan lain yang terjadi pada diri saya setelah mengikuti program belajar kerja di PUSKAPA. Saya menjadi orang yang lebih bijak dalam berpendapat di media sosial dengan tidak langsung reaktif terhadap sebuah masalah tanpa melihat gambaran besar dari masalah tersebut. Saya juga bisa menemukan ketertarikan saya dalam menulis, yang sebelumnya selalu saya anggap beban. Selain itu, budaya kerja di PUSKAPA mengajarkan saya pentingnya kedisiplinan waktu dan juga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Belajar kerja di PUSKAPA merupakan program yang akan saya rekomendasikan kepada mahasiswa lain. Menurut saya, PUSKAPA adalah lingkungan kerja yang ideal bagi mahasiswa untuk mempelajari banyak hal baru. Berbeda dengan institusi lain, PUSKAPA selalu melibatkan peserta belajar kerja dalam setiap pekerjaan yang memberikan manfaat kepada mahasiswa.

PUSKAPA juga selalu mendorong kegiatan-kegiatan yang bisa memberikan manfaat bagi anggotanya. Selain itu, PUSKAPA sangat memperhatikan isu kesehatan mental yang membuat PUSKAPA menjadi tempat yang aman untuk belajar. Hal yang paling berkesan bagi saya adalah budaya kerja PUSKAPA seperti senior yang suportif dan lingkungan yang kompetitif yang mampu mendorong setiap orang untuk bisa terus berkembang menjadi lebih baik.

Setelah mengikuti program belajar kerja di PUSKAPA saya merasa sangat beruntung bisa mempelajari banyak hal. Dari pengalaman tersebut, saya bisa memahami nilai-nilai penting yang selama ini diperjuangkan oleh PUSKAPA. Saya berharap akan ada banyak mahasiswa lain yang mendapatkan pengalaman yang saya alami bersama PUSKAPA. Dengan lebih banyak orang yang mendapat pengalaman tersebut, maka akan ada lebih banyak lagi generasi muda yang memperjuangkan nilai-nilai yang sama dengan yang diperjuangkan oleh PUSKAPA.

Siti Ainun Nisa F

Mahasiswi Jurusan Ekonomi Islam, FEB UI

PUSKAPA

Written by

PUSKAPA

We work with policymakers and civil society on inclusive solutions that create equal opportunities for all children and vulnerable populations.

More From Medium

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade