Pengenalan Javascript dan DOM Part 1

putra irawan
Mar 26 · 5 min read
Sumber : https://www.tutorialrepublic.com/javascript-tutorial/

Javascrpit

JavaScript adalah sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web menjadi interaktif. JavaScript berjalan atau beroperasi di browser yang ada di tiap komputer yang digunakan oleh visitoratau user web kita.

Jadi, Apakah JavaScript menggantikan HTML?

Tidak. Saat ini kita akan belajar JavaScript, HTML dan CSS pasti kita gunakan untuk membuat sebuah web yang menarik untuk dilihat, dan JavaScript akan membuat semuanya lebih hidup dan lebih interaktif. Contohnya, saat user mengklik sebuah button, mungkin kita ingin memunculkan semacam popup. Atau saat kita melakukan scroll ke bawah, ada animasi yang dijalankan. Hal-hal ini yang dimungkinkan dengan adanya JavaScript.

Data Types ?

Saat kita ingin membuat sebuah program, simple nya adalah program itu pasti terdiri atau tersusun dari bermacam-macam data. Data ini kita bayangkan dengan mudah saja. Misalnya saat kita mendaftar di sebuah program, biasanya kita mencantumkan nama, email, dan umur. Nah, di kepala kita biasa kita membayangkan data-data ini sebagai nilai-nilai yang direkam di kepala kita dan semuanya berbentuk tulisan. Komputer pun demikian! Namun pada saat kita mempunyai sebuah program, program punya beberapa jenis data yang perlu dibedakan berdasarkan bentuk nilainya.

Tipe Data — Number

Ini adalah tipe data yang dari namanya sudah sangat jelas. Number adalah tipe data yang berupa angka, baik itu angka berkoma maupun tidak. Program menggunakan simbol titik (.) untuk menunjukkan koma. Contoh:

Tipe Data — String

String adalah tipe data yang simpel-nya, adalah teks. Misalkan seperti nama, email, dan sebagainya. Ini adalah string. Bahasa lebih teknisnya adalah, string merupakan kumpulan karakter atau huruf. Biasanya di JavaScript kita menggunakan simbol petik dua (“) atau petik satu (‘) di awal dan di akhir string untuk menunjukkan sebuah kesatuan string. Contoh:

Tipe Data — Boolean

Boolean adalah sebuah nilai benar atau salah, dan secara universal menggunakan bahasa inggris, yaitu true dan false. Kita menggunakan boolean biasanya untuk menandakan kondisi di program kita.

Alert

Alert adalah sebuah perintah untuk memberikan popup browser sederhana kepada user. Kita tinggal menggunakan sintaks alert([PESAN YANG INGIN DISAMPAIKAN]).

Prompt

Mirip dengan alert, prompt juga memberikan popup sederhana kepada user, namun juga meminta feedback atau input dari user. Kita tinggal menggunakan sintaks prompt([PESAN]).

Log

Berbeda dengan kedua sebelumnya, logging tidak dapat dengan langsung kita lihat hasilnya dengan kasat mata. Log berarti memunculkan pesan tapi "under the hood", atau dibelakang tampilan. Cara mengeceknya kita bisa masuk ke chrome dev tool atau inspect element dan masuk ke tab console. Untuk menggunakan log, kita tinggal menggunakan sintaks console.log([PESAN]).

What is Variables?

Di programming, nilai-nilai yang kita buat atau butuhkan di program dapat kita simpan ke dalam sebuah penampung. Nah penampung ini kita biasa sebut dengan variable. Variable bahasa teknisnya adalah sebuah identifier (atau mudahnya bisa kita sebut label) yang digunakan untuk mengeset dan mengambil nilai yang telah kita tampung. Kenapa disebut variable, karena kita dapat mengganti nilainya berdasarkan inputan user, perubahan yang terjadi di program, dan lain-lain. Contoh:

Manipulasi HTML dengan JavaScript

Setelah belajar JavaScript, tentunya kita pasti penasaran bagaimana caranya JavaScript “berkomunikasi” atau “berinteraksi” dengan HTML yang sudah kita buat. Disini kita bisa menggunakan yang namanya manipulasi HTML untuk mengubah atau menambah konten yang telah ada di HTML secara dinamis dengan JavaScript. Contoh:

<button onclick=”document.getElementById(‘data’).value = ‘Value Baru’”>Click to change value</button>
putra irawan

Written by

Front End Developer at MonggoPesen