Pengertian, Proses dan Contoh Difusi

Pengertian Difusi adalah suatu peristiwa zat yang mengalir didalam larutan atau berpindah dari larutan satu ke larutan yang lain, lebih sederhananya difusi mengalir dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah.

Pengertian, Proses dan Contoh Difusi

Proses difusi akan terjadi secara terus menerus sampai larutan zat merata, ini bisa terjadi karena ada partikel dalam zat cair , gas , dan padat.

Difusi dibedakan menjadi dua yaitu:

  1. Difusi biasa, difusi ini terjadi pada partikel yang tidak memiliki polar dan akan terjadi pada sel hidup untuk diambil menbran nutrisi.
  2. 2Difusi khusus, difusi khusus terjadi pada sel yang ingin mengambil nutrisi ion hydrolic, sehingga difusi ini memerlukan protein khusus untuk melewati menbran nutrisi.

Faktor yang mempengaruhi terjadinya difusi ada 5 yaitu:

  1. area yang besar bisa mempengaruhi terjadinya difusi
  2. ukuran partikel, jika partikel yang semakin kecil bisa lebih cepat larut dan menpengaruhi kecepatan dalm proses difusi
  3. ketebalan menbran, semakin tipis menbran akan semakin mudah ditembus oleh partikel.
  4. suhu yang panas juga mempengarui difusi, semakin panas maka akan seakin baik difusi
  5. jauh dekat diantara dua konsentrasi akan mempengaruhi cepat lambat proses difusi

Proses Difusi

Proses difusi terjadi karena adanya pergerakan suatu partikel dalam zat, partikel ini bergerak dalam konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah, sehingga proses ini disebut proses transportasi atau perpindahan, dalam proses difusi ini tidak diperlukan energi, tapi ada satu syarat agar partikel ini tidak memerlukan energi yaitu partikel harus berukuran lebih kecil dari air dan lemak, sehingga partikel bisa larut.

Baca Juga : Pengertian dan Contoh Diksi

Contoh difusi:

  1. terjadi pada makanan dan garam, ketika kita menaburkan garam pada makanan, garam akan tercampur melubur dengan makanan dan merata.
  2. gula dan air panas, ketika gula dicampur dengan air panas maka gula tercampur dengan air panas, semakin panas air juga akan mempengaruhi difusi.
  3. konduksi panas pada benda, energi pada suatu benda yang panas pada konsentrasi tinggi akan berpindah ke konsentrasi rendah, sehingga benda lain juga akan mengalami panas yang merata.
  4. ketika kita menyemprotkan parfum pada ruangan, sehingga parfum langsung akan menyebar keseluruh ruangan.

Baca Juga : Sejarah dan Jenis Vitamin