Manfaat dan Fungsi Sosial Bookmark Link Untuk Blog Kita

Seorang blogger pemula pastilah akan merasa tertarik berkenalan kepada satu istilah komputer berhubungan dengan dunia internet yaitu Sosial Bookmark Link. Apakah yang dimaksud dengan Sosial Bookmark Link serta manfaat dan fungsi Sosial Bookmark Link untuk blog anda ?

Manfaat dan Fungsi Sosial Bookmark Link Untuk Blog Kita

Itulah dua pertanyaan yang cukup sering muncul pada forum — forum diskusi yang ditanyakan oleh para blogger pemula di dunia maya, nah melalui artikel kami kali ini akan membantu menjawab pertanyaan — pertanyaan tersebut tetapi kami fokuskan kepada manfaat dan fungsi dari Sosial Bookmark Link tersebut di atas.

Baca Juga : cara Menyembunyikan Iklan Adsense

Sekedar berbagi informasi, Sosial Bookmark Link adalah sebuah web dimana di dalamnya berisikan sebuah konten yang berasal dari pengunjung yang bertamu ke blog anda dan memasukkan lalu menyimpan data — data berupa sebuah link terhadap artikel blog pada web yang bersangkutan.

Situs Sosial Bookmark link isinya hanyalah sebuah potongan atau cuplikan — cuplikan dari isi terpenting sebuah artikel dalam sebuah web yang anda peroleh melalui pengunjung memasukkan link — link pada menu yang sudah tersedia dalam situs web tersebut.

Meskipun demikian, ada anggapan yang menyebutkan bahwa situs Sosial Bookmark sama seperti copas blog (sumber Google). Anggapan ini tidak benar seratus persen, karena isi dari Sosial Bookmark Link terhadap blog anda adalah berupa cuplikan dari sebuah artikel namun bukan seratus persen artikel yang dimaksud, ini agar bisa dipahami dan dimengerti oleh para pembaca yang baik hati. (Baca Juga : Memasang Adblock Di Blogger)

Manfaat Atau Fungsi Dari Situs Sosial Bookmark Untuk Blog

  1. Guna Memperoleh ‘Backlink’

Terlebih dahulu anda harus submit URI ke dalam sebuah situs Sosial Bookmark, fungsinya adalah untuk memperoleh pengunjung dalam jumlah besar sehingga bisa dengan mudah mendapatkan backlink dari situs yang dimaksud. Anda harus piawai dalam memilih sebuah backlink, haruslah berkualitas karena rata — rata situs Sosial Bookmark mengaplikasikan ‘page rank’ yang cukup tinggi dan merupakan sebuah situs ‘dofollow’.

Sekali lagi, lakukan submit terhadap link artikel ke situs Sosial Bookmark merupakan salah satu cara untuk mengoptimasi SEO off page seperti yang sudah anda ketahui.

2. Guna memperoleh pengunjung tetap dalam jumlah besar

Seperti dijelaskan di atas, anda terlebih dahulu harus submit URI ke dalam Sosial Bookmark guna mengumpulkan banyak pengunjung tetap yang berasal dari situs tertentu seperti yang anda kelola, dimana perlu diketahui bahwa situs Sosial Bookmark merupakan sebuah situs yang wajib untuk memiliki banyak pengunjung.

3. Guna mempercepat artikel — artikel terindex

Situs Sosial Bookmark merupakan sebuah situs yang wajib setiap menit mengupdate sebuah artikel sehingga Sosial Bookmark anda akan selalu dekat dengan Googlebot / Robot Google, namun pastikan sebuah artikel dari anda tersubmit disertai ada sebuah situs serupa dimana artikel anda dengan mudah terindex oleh Google dengan cepat. Maka dari itu submitlah URI anda pada sebuah situs Sosial Bookmark yang berfungsi menyerupai fungsi submit URI ke dalam Google ‘webmaster tools’ yang akan berguna buat mempercepat pengindexan artikel.

4. Guna meningkatkan pagerank

Dengan semakin banyak backlink mengetahui dan mengarah ke blog anda, maka akan semakin besar kemungkinan blog anda mengumpulkan backlink itu sendiri.

5. Guna meningkatkan posisi SERP artikel

Dalam sebuah blog apabila tersedia backlink maka kondisi ini akan bermanfaat untuk meningkatkan backlink ke dalam sebuah blog adalah hal terpenting untuk bisa meningkatkan posisi SERP / ‘search engine result page’. Nah setelah anda mensubmit artikel ke sebuah situs Sosial Bookmark maka selanjutnya anda akan memperoleh backlink — backlink yang berkualitas dan mampu meningkatkan posisi blog anda di masa depan pada SERP.

Jangan lupa artikel — artikel yang anda buat harus dioptimasi oleh SEO on page, nah dari kondisi ini pastilah blog anda akan mampu muncul pada halaman pertama pencarian mesin Google.

Itulah 5 manfaat sekaligus fungsi dari situs Sosial Bookmark, diharapkan para pembaca yang baik hati akan meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel ini sehingga menjadi paham tentang apakah yang dimaksud dengan Sosial Bookmark beserta manfaat dan fungsinya terhadap sebuah blog, serta hubungannya dengan daftar Sosial Bookmark terbaik dalam dofollow di Indonesia.

Semoga bermanfaat !

Baca Juga : Kelebihan dan kekurangan Blog