Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Lemak

Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Lemak — Lemak ialah senyawa kimia tidak mudah tercampur dengan air, lemak tersusun oleh unsur karbon ©, oksigen (O), dan hidrogen (H).

Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Lemak

lemak menpunyai sifat hidrofobik ini mengakibatkan lemak menbutuhkan larutkan khusus agar dapat larut seperti klorofom, eter dan benzen. Lemak juga penting bagi tumbuh karena sebagai sumber energi bagi tubuh. Lemak berfungsi sebagai pembentuk menbran sel dan beberapa organel sel.

Baca Juga :

Lemak juga menghasilkan energi yang cukup besar lebih besar dibandingkan protein dan karbohidrat yaitu 2 kali lipat protein dan karbohidrat. Dalam 1 gram lemak bisa menghasilkan 8 kalori, sedangkan 1 gram karbohidrat Cuma 4 kalori. Dalam proses pencernaan lemak menjadi gliserol dan asam lemak supaya dapat diserap oleh organ percernaan kemudian disebarkan ke organ yang menbutuhkan.

Fungsi lemak

Lemak menpunyai fungsi yang besar bagi tubuh dan tidak hanya menghasilkan kalori saja, berikut ini beberapa fungsi lemak:

· Menjadi cadangan energi setelah karbohydrat. Apabila ada lemak yang berlebihan dalam tubuh , maka lemak akan tersimpan dalam tubuh berupa dibawah lapisan kulit dan bisa dijadikan sebagai cadangan makanan.

· Menjadi pelindung organ vital, lemak menpunyai struktur yang seperti bantal sehingga bisa melindungi organ dalam guncangan atau terjatuh.

· Lemak bisa sebagai penghangat bagi tubuh, karena dalam kondisi suhu yang rendah, lemak akan melindungi tubuh.

· Sebagai perlambat dalam proses pencernaan,sehingga saat lapar tidak akam muncul dengan terlalu cepat.

· Lemak berfungsi untuk pelarut asam klolat dan penyusun empedu.

· Lemak menjadi bahan dasar sebagai pembentukan hormon vitamin,menbran organ sel dan menbran sel.

Macam-macam lemak

a. Lemak sederhana

Lemak sederhana adalah lemak yang terdiri dari trigliserida dan minyak. Walaupun bentuknya berbeda dengan benda padat. Namun lemak sederhana secara kimia tersusun oleh trigliserida. Dan trigliserida tersusun oleh tiga asam lemak atau setara dengan satu gliserol

b. Lemak campur

Lemak campur terdiri oleh lipoprotein, fosfolipid dan fosfatid. Dan fungsinya mengurangi penguapan dalam tubuh.

c. Lemak asli

Asam lemak terdiri oleh asam lemak,kolestrol, sterol dan pelarut vitamin D.

Baca Juga :