Pengertian, Fungsi dan Manfaat Pajak

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Pajak — Pajak merupakan suatu hal penting yang terkadang tidak banyak dipahami oleh orang-orang. Pajak diartikan sebagai suatu pengeluaran yang dianggap membebani, terutama bagi seorang berpenghasilan rendah.

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Pajak

Padahal, sejatinya pajak merupakan sumber pemasukan yang didapatkan oleh pemerintah untuk mengelola negara. Hal ini lah yang kemudian menjadi perlu ditekankan pada masyarakat mengenai pentingnya dan juga kesadaran membayar pajak.

Baca Juga :

Pajak merupakan pungutan atau lebih tepatnya iuran yang wajib dibayarkan oleh rakyat pada negara. Sementara, orang yang wajib membayar pajak disebut juga dengan wajib pajak. Uang hasil iuran pembayaran pajak akan digunakan untuk kepentingan pemerintah dan juga pembangunan infrastruktur bagi masyarakat umum.

Kontribusi yang diberikan oleh masyarakat pada pemerintah melalui pajak sebenarnya telah diatur dengan undang-undang. Hal ini disebabkan penting dan wajibnya pajak untuk keberlangsungan kehidupan dan kesejahteraan.

Fungsi pajak sebenarnya penting karena digunakan dalam pengelolaan negara. Sebuah negara tidak akan dapat melangsungkan suatu pengelolaan pemerintahan jika tidak ada sumber dana dari pajak. Terdapat empat fungsi pajak antara lain sebagai Fungsi anggaran (fungsi budgeter) yang merupakan pemasukan utama sebuah negara yang juga berfungsi menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran negara.

Fungsi kedua adalah fungsi mengatur atau regulasi yang mencakup pajak sebagai alat mengatur kebijakan dalam lapangan sosial dan ekonomi. Fungsi ketiga adalah fungsi pemerataan yang mana pajak dapat digunakan sebagai solusi dalam meratakan pembangunan, fasilitas, serta pendapatan bagi warga negara.

Sementara fungsi keempat adalah fungsi stabilisasi yaitu pajak dapat digunakan sebagai alat menyetabilkan kondisi perekonomian dengan menetapkan pajak tingi untuk mengatasi inflasi hingga melakukan kebijakan lainnya.

Wajib pajak tidak akan merasakan manfaat dari pembayaran pajak secara langsung. Hal ini dikarenakan pajakakan dialokasikan untuk berbagai macam kebutuhan negara yang ditimbang sesuai porsi mendesak dan kebutuhannya.

Manfaat pajak yang sangat terlihat adalah sebagai salah satu pegeluaran negara yang digunakan untuk pembangunan dalam berbagai bidang.

Baca Juga :

Selain itu, pajak juga bermanfaat untuk membiayai pengeluaran negara, pengeluaran produktif, pembangunan sektor pariwisata, serta membiayai pertahanan negara atau perang jika diperlukan. Bahkan pada beberapa hal, pajak dapat bermanfaatkan untuk investasi jangka panjang dan juga tabungan.