PERSIAPAN SEBELUM MEMBUAT BLOG SELF HOSTED

Wordpress merupakan aplikasi open source yang banyak digunakan orang-orang sebagai platform untuk ngeblog. Konten ini berbasis PHP dan MySQL, yang berjalan pada layanan web hosting. Dan pengguna WordPress saat ini telah menembus jutaan blog di seluruh dunia.

PERSIAPAN SEBELUM MEMBUAT BLOG SELF HOSTED

WordPress sangat mudah sekali untuk di modifikasi, tampilannya dapat menggunakan template yang dikombinasikan dengan plugin yang membuatnya menjadi begitu menarik.

Banyak sekali themes dan plugins dapat di download secara gratis di situs official WordPress.org. Ada 2 macam wordpress yang perlu kalian ketahui yaitu Wordpress.com (Hosted) dan wordpress.org (Self-Hosted). Dari kedua macam wordpress tersebut mereka mempunyai perbedaan.

Apa sih perbedaan Wordpress Hosted dengan Wordpress Self hosting? Berikut perbedaannya :

a. Wordpress Hosted

WordPress (Hosted) bisa juga disebut dengan wordpress free atau gratis.

Wordpress (Hosted) merupakan fitur terbatas, tidak dapat mengakses kontrol panel, memiliki tema dan tampilan website yang sederhana, menggunakan sub domain.

b. Wordpress Self Hosted

Wordpress Self Hosted bisa juga disebut dengan woordpress premium atau berbayar.

Wordpress Self Hosted berbayar untuk biaya hosting dan domain

Memiliki tema dan tampilan website yang lebih menarik

Serta menggunakan domain utama

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan saat kita akan membuat sebuah blog self hosted? Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan saat akan membuat blog self hosted :

1. Biaya

Karena Blog self hosted merupakan blog berbayar maka dari itu yang pertama kali perlu sipakan adalah biaya untuk menyewa paket hosting. Hanya dengan biaya kurang lebih 20.000 per bulan atau sekitar 240.000 per tahun kalian sudah bisa menyewa paket hosting.

Akan tetapi selain untuk hosting, kalian juga perlu mengeluarkan biaya untuk membeli domain harganya sekitar 120.000 per tahun. Jadi, biaya pertama yang perlu kalian persiapkan untuk membuat website kurang lebih 360.000 per tahun.

2. Menentukan Topik

Saat ingin membuat sebuah blog atau website kalian tentunya harus menentukan topik terlebih dahulu. Apa yang akan kalian posting dalam blog atau website kalian nanti

3. Mencari Nama Domain yang Menarik

Agar blog atau website kalian nanti bisa dikunjungi banyak orang, maka dari itu kalian harus mencari nama domain yang menarik, unik serta mudah diingat oleh semua orang. Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan saat memilih nama domain yaitu harus memiliki hubungan dengan topik yang kalian pilih, hindari penggunaan karakter dan angka, utamakan menggunakan (.com), jangan menggunakan merek orang lain, dan jangan gunakan nama domain yang mirip dengan website lain.

4. Memilih tema atau Template untuk Blog

Kenapa kalian harus menentukan tema untuk blog kalian? Karena tema yang kalian gunakan harus sesuai dengan topik yang kalian pilih. Pilihlah tema yang benar-benar kalian sukai dan sesuai dengan topik yang kalian pilih.

5. Mulai Membuat Blog WordPress Self-hosted

Setelah yang diatas tadi sudah kalian sipakan maka langkah yang terakhir yaitu membuat blog wordpress self hosted,

Akan tetapi ada juga yang menyediakan hosting gratis, sehingga kalian tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menyewa sebuah hosting. Ada beberapa tempat yang dapat di gunakan utnuk mendapatkan nama domain secara gratis. Salah satunya yaitu dengan melalui situs Freenom.com. Dalam situs tersebut kalian bisa mendapatkan nama domain dengan akhiran .TK .ML .GA .CF .GQ . Ingat ada beberapa kesalahan blogger yang harus dihindari agar anda bisa menjadi blogger yang sukses.

Baca Juga : Pengertian Hosting Gratis