Membangun Personal Branding di Media Sosial Pentingkah ?

Banyak kaum muda yang kini kerap kali menggunakan beragam istilah, salah satunya istilah personal branding. Tapi tidak jarang dari mereka tidak tahu makna sebenarnya dari personal branding itu sendiri. Taukah anda apa sebenarnya personal branding?

Personal branding is the practice of people marketing themselves.

Ya, iya anda. Bagaimana anda memasarkan diri anda kepada orang lain.

Bayangkan saja jika anda melihat brand gucci. Salah satu brand italia ternama yang identik dengan harga yang mahal, kualitas terbaik, classic, elegan, dan bernilai tinggi.

Sama halnya dengan diri anda. Seperti apa diri anda, bagaimana sifat anda, apa kelebihan dan kelemahan anda, bagaimana anda bernilai untuk orang lain.

Just try to make a pretty unique personal branding.

Karena personal branding itu sangatlah penting, maka bangunlah diri anda dengan hal-hal yang positif tentunya. Jangan sampai anda malah membuat branding anda negatif dimata orang lain.

Jika melihat beberapa tahun belakangan ini, media sosial seakan menjadi bagian penting dari kehidupan banyak orang. Bayangkan ada berapa banyak akun sosial media yang dimiliki dan dapat dengan mudah diakses oleh banyak orang.

Hal itulah mengapa personal branding di media sosial menjadi hal yang penting untuk di lakukan.

Media sosial bukan hanya sebagai wadah anda untuk berkomunikasi dengan orang lain, namun juga sebagai wadah untuk ajang eksistensi serta mempromosikan diri masing-masing ke dunia yang lebih luas.

What you got ?

Actually, there are many advantages that you can get from personal branding, especially in social media but here are some examples :

You’ve got the excistance. Anda akan dikenali orang lain. Kedua, anda akan dihargai dan dihormati orang lain. Ketiga, orang lain bisa saja terinspirasi oleh anda dan Keempat, jika anda sedang memiliki project, anda bisa dapatkan pencapaian sesuai dengan yang anda harapkan.

Discover yourself

Sangat penting untuk mengetahui seperti apa diri anda. Siapa diri anda, Apa kelebihan dan kekurangan yang anda miliki, Apa yang anda gemari, dan apa passion anda.

Create your own feed

Jadikanlah media sosial sebagai toolkit untuk membranding diri anda. Manfaatkan fitur- fitur yang tersedia pada media sosial dengan positif yang tidak jarang dipenuhi dengan fitur menarik dan kekinian. Orang lain dapat dengan mudah mengenali orang seperti anda hanya dengan melihat status, cuitan, atau beberapa foto dan video yang anda unggah ke media sosial. Siapa sangka jika suatu saat skill dan personality anda berpotensi untuk orang yang membutuhkan.

Communicate

Komunikasikan orang seperti apa anda kepada dunia. Semakin banyak anda dikenal, maka akan semakin kuat personal branding yang anda bangun. Akan lebih baik jika anda banyak berkomunikasi dengan orang baru, orang-orang penting, atau siapapun dari background apapun yang mana dapat memperluas networking anda.

Tunjukan bagaimana anda dapat bernilai untuk orang lain. Ada banyak peluang yang bisa anda gunakan di media sosial. Misalnya saja, membuat sesuatu dengan caption-caption unik yang menginspirasi sehingga orang tertarik untuk mengenal anda lebih jauh.

Maintain the brand

Sesuatu yang tidak dijaga maka akan dengan cepat menghilang. Sama halnya dengan personal branding. Tetaplah menjadi diri anda sendiri, konsisten itu kuncinya tapi jangan menutup kemungkinan untuk improve your personal branding.