Aliran Rasa — Komunikasi Produktif

Kuliah Bunsay IIP

Materi pertama di kelas Bunda Sayang ini sangat banyak membantu saya menyelesaikan tantangan yang selama ini saya hadapi dengan suami saya. Setelah mempraktekan beberapa poin komunikasi produktif, komunikasi dengan suami menjadi lebih baik. Dua poin yang paling penting dan sangat besar pengaruhnya ke pola komunikasi saya adalah tentang cara berpikir positif dan memahami sudut pandang orang lain.

Tantangan 10 hari yang diberikan juga luar biasa besar pengaruhnya. Dengan menuliskannya, saya jadi bisa mereview apa yang telah saya lakukan di hari itu, apa yang salah dan harus diperbaiki. Dan setelah merasakan manfaatnya, mengerjakan tantangan juga jadi semakin menyenangkan. Target dari mengerjakan tantangan bukan lagi memenuhi tugas yang diberikan tim fasil atau untuk mendapatkan reward badge yang dijanjikan tim fasil, tapi untuk kebutuhan diri sendiri, mereview kejadian hari itu, mengambil hikmah nya, dan mempersiapkan diri untuk esok memperbaiki diri.

Setelah tantangan berakhir, saya memang tidak lagi rutin menulis “Diary”, tetapi saya jadi ketagihan “curhat” lewat menulis. Ketika hati sedang kesal atau ada satu tantangan yang dihadapi, saya menuliskannya di catatan pribadi saya, supaya saya lebih mudah menemukan apa hikmah dari setiap kejadian tersebut dan apa solusi yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan tantangan tersebut.