Tantangan10Hari#1 — Day 10

Komunikasi Produktif

Hari ke sepuluh. Hari terakhir tantangan. Selama 10 hari ini saya memperhatikan apa yang saya ucapkan, atau apa respon saya terhadap suatu hal, kemudian setiap harinya saya mereviewnya dengan cara menulisannya disini. Ternyata, dengan begitu saya mengevaluasi diri saya sendiri, untuk mempersiapkan esok hari, bagaimana seharusnya saya bertindak supaya kesalahan yang terjadi sebelumnya tidak terulang. Kadang dengan menuliskannya disini juga saya bisa menyusun lagi puzzle-puzzle kejadian di hari itu dan membawa saya ke sudut pandang lain, tidak lagi seperti apa yang sebelumnya saya lihat.

Terkadang, apa yang saya ucapkan adalah reaksi spontan atas suatu kejadian tertentu. Dan tidak jarang, reaksi spontan saya itu merupakan bentuk komunikasi yang tidak produktif. Terbukti bahwa hal yang paling mendasar dari komunikasi adalah pola pikir kita, seperti teori yang telah disampaikan.

Jadi, pelajaran selanjutnya yang perlu banyak saya praktekan adalah selalu berpikir positif dan menahan diri untuk berbicara jika belum bisa memetakan tantangan yang dihadapi, supaya respon yang diberikan adalah bentuk komunikasi yang produktif.

Dan untuk berpikir positif, selain dengan cara memahami sudut pandang lawan bicara, juga dapat dicapai dengan berdamai dengan diri sendiri, menerima keadaan yang tidak sesuai dengan yang diinginkan, banyak bersabar, dan pelan pelan mencari solusi atas suatu tantangan dan konsisten melakukan perubahan walau sedikit demi sedikit.

#hari10

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip