Winning Eleven Evolve

Kita ketahui semua tampilan merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh pecinta game. Tentunya setiap game akan melakukan perubahan secara terus menurus dalam hal tampilan grafis dan lainnya. Seiring berkembang nya teknologi, tampilan grafis pada suatu game berkembang hingga menyerupai bentuk asli dari game tersebut. Kali ini saya akan membahas perkembangan tampilan grafis game Winning Eleven (WE) atau yang sekarang lebih dikenal dengan Pro Evolution Soccer (PES) yang pernah saya mainkan.

Saya mulai memainkan game winning eleven sejak masih di kelas 3 SD. Pertama kali memainkan game Winning Eleven pada waktu itu di PlayStation 1 (PS1). Winning Eleven yaitu game konsol sepakbola yang dibuat sedemikian rupa, yang bisa dimainkan 1–2 orang. Pasti pecinta sepakbola pernah dan masih memainkan game konsol ini.

1. Winning Eleven 3

Winning Eleven 3

Game WE yg pertama saya mainkan yaitu Winning Eleven 3 di PS1. Tampilan grafis pada game ini masih kaku dan tampilan beberapa pemain nya sama, hanya dibedakan oleh warna kulit dan gaya rambut saja. Tampilan lapangan, tribun dan stadion mirip semuanya, cuma dibedakan tim apa yang main dan nanti di tribun penonton bakal ada bendera dari suatu tim yang sedang bermain. Secara keseluruhan tampilan dan pergerakan pemain pada WE 3 masih kaku atau kasar.

2. Winning Eleven 6 / Pro Evolution Soccer 2

WE 6 / PES 2

Setelah keluar nya PlayStation 2 (PS 2) dan sudah ada rental PS2 saya memainkan game WE 6. Tampilan grafis pada WE 6/PES 2 ini sangat terasa perkembangan nya. Pada PES 2 ini tampilan grafis nya lebih halus dari WE 3 dan ada beberapa tambahan seperti ada pilihan cuaca ketika sebelum bermain. Ada tambahan suara komentator walaupun masih sedikit kosakata dari komentator tersebut.

3. Winning Eleven 10 / Pro Evolution Soccer 6

WE 10 / PES 6

Grafis pada seri ini lebih berkembang, salah satunya pada tampilan lapangan. Ada beberapa jenis model lapangan pada seri kali ini. Dalam hal fitur juga ada tambahan edit pemain dsb. Ukuran font yang ditampilkan juga sudah lebih kecil daripada seri sebelumnya, yang mana ini menambah kenyamanan saat bermain.

4. Pro Evolution Soccer 2011

Pro Evolution Soccer 2011

Pada seri ini sudah meninggalkan nama Winning Eleven dan hanya menggunakan nama Pro Evoltion Soccer. Perkembangan grafis nya sangat terasa dari seri-seri sebelumnya. Mulai dari jersey klub, muka pemain, suasana di stadion mirip menyerupai aslinya. Ini salah satu seri kebangkitan PES untuk menanding salahsatu raja game sepakbola lainnya, FIFA. Banyak para penggemar FIFA beralih ke PES karena suguhan grafis dan skill-skill pemain yang seperti aslinya.

5. Pro Evolution Soccer 2017

Pro Evolution Soccer 2017

Ini adalah PES seri terakhir yang sudah saya penah mainkan, jelas seri yang terbaik dari yang selama ini saya pernah mainkan. Pemain game ini sangat dimanjakan karena pergerakan pemain lebih nyata dan halus, skill pemain hampir sama dengan pemain aslinya, stamina juga sangat berpengaruh di seri kali ini. Masalah tampilan grafis jangan diragukan lagi, nyata seperti aslinya. Mulai dari pemain bertato, gaya rambut kekinian, dan otot-otot pemain yang terlihat. Perkembangan teknologi benar-benar diaplikasikan pada seri ini. Kita tunggu seri selanjutnya dari PES 2018.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.