Logo-logo kemerdekaan Indonesia, yang terakhir bikin netizen tercengang!

Nggak kerasa, sekarang sudah bulan Agustus, berarti sudah saatnya seluruh rakyat Indonesia bersuka ria. Karena, bulan Agustus adalah bulan nasional-nya Indonesia, tentu saja karena pada bulan ini kita merayakan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, yang sudah 72 tahun yang lalu. Yang pasti bakal ada perayaan khas hari kemerdekaan: panjat pinang memperebutkan hadiah-hadiah menarik yang tergantung di atas pohon yang sudah dilumuri oli bekas yang entah sudah membusuk sedemikian lama, terus tarik tambang, balap karung, sepakbola sarung, and my favorite, lomba makan kerupuk. Plus juga dangdutan mengundang artis-artis ibukota, khususnya dangdut koplo mengundang artis-artis orkes pantura and so many more.

Dalam perayaan ini, pemerintah Republik Indonesia biasanya merilis logo peringatan kemerdekaan Indonesia, yaitu angka yang didesain sedemikian rupa. Dulu, pas zaman presiden SBY, yaitu sejak kemerdekaan RI ke-60 hingga akhir jabatan beliau, logo ini nggak pernah berubah.

Logo kemerdekaan RI 2005–2012.
Logo Kemerdekaan RI 2013 dan 2014.

ya, cuma angka (60–69) yang didesain seperti pita merah dengan garis putih, tulisan melingkar ‘Kemerdekaan Republik Indonesia’ yang pake font Times New Roman, plus bendera yang nambah dari waktu ke waktu. Pas 2012, benderanya dikurangin jadi tinggal 3, terus sampai 2014 ditambah lagi deh.

Pas Pak Jokowi jadi presiden sejak 2014 lalu, logonya jadi kerenan lah. Jadi ceritanya, karena beliau membawa misi memajukan industri kreatif di bumi Nusantara, jadilah beliau memberi kesempatan kepada desainer lokal untuk mendesain logo peringata HUT RI. Untuk peringatan 70 tahun RI seperti ini logonya:

Logo 70 tahun Kemerdekaan RI

Jadi bagusan lah, dengan kepala garuda di angka 7, terus dengan bayangan angka 70 yang biasanya ditemukan di desain-desain ala generasi milenial, dan tulisan ‘Indonesia Merdeka’ dan ‘Ayo Kerja’ yang pakai font yang lebih modern. Meski memang sempat dicibir netizen karena kelewat simpel, tapi kalau dari pandangan personal gue, OK lah.

Logo 71 tahun Indonesia Merdeka

Tahun kemaren, logonya malah lebih simpel. Tapi unik, kalau menurut gue. Katanya sih mirip sama logo apa gitu dari luar sana, mirip pulak sama logo Linkin Park yang kemaren vokalisnya barusan ‘almarhum’, cuma kali aja kebetulan kan. Tapi masih mendingan ketimbang logo yang satu ini:

72 tahun kemerdekaan Indonesia, logo tahun ini.

But wait, apa cuma gue yang tiba-tiba keingatan logo kemerdekaan yang cuma nambah bendera tiap tahun itu? Coba deh, kalian balik tuh logo, terus kasih bendera ala logo era SBY. Kalian aja yang coba, kalau gue yang nyoba ntar gue t e r c y d u k ntar. Tapi kalau kata gue, coba lihat logo-logo buatan masyarakat berikut ini:

mana yang bagus kalau menurut kalian?

menurut gue, ada banyak desain logo yang lebih baik buat dipakai pemerintah, ketimbang membangkitkan kenangan logo yang hanya nambah bendera setiap tahunnya. Gimana menurut kalian?

Dan akhirnya, Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 72! Semoga Indonesia tetap jaya, maju, dan desainernya tambah kreatif!

Like what you read? Give Raden Ilham Sastronegoro a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.