Dumbways.id Marketing Guide

Apa itu Dumbways.id?

Dumbways.id adalah suatu platform online learning seperti “udemy”, “treehouse”, “laracast” dsb yang fokus pada market Indonesia.

Seperti namanya, “dumbways” yang berarti “cara bodoh” untuk mempelajari sesuatu, dimana video tutorial dan ebook di dalamnya memang kita beri dengan cara pengajaran yang simpel n to the point dengan penyampaian yang dapat dipahami oleh orang awam dan langsung praktek, tanpa terlalu banyak teori.

Kebanyakan teknologi yang digunakan di dumbways adalah teknologi “Javascript” yang mana merupakan teknologi yang paling populer saat ini (di luar negeri). Tidak menutup kemungkinan bahwa tahun 2018 semua perusahaan teknologi mulai migrasi ke teknologi ini.

Contoh konkrit dan riil:

  • Jenius (BTPN) yang menggunakan mobile appsnya dengan React Native, dan sangat membutuhkan programmer React Native
  • Zahir Accounting, yang merupakan salah satu perusahaan akuntansi terbesar di Indonesia (tempat saya bekerja) yang mulai migrasi semua teknologinya ke Javascript baik di backend (NodeJS), Frontend (React dan React Native)
  • Hacktiv8, Impactbyte dan Sekolah Koding lain yang menggunakan mainly javascript untuk pengajaran mereka (dengan harga yang cukup mahal, yang mana standard materinya seperti di dumbways)
  • Tokopedia mulai migrasi beberapa sistemnya ke React Native (javascript untuk mendevelop mobile appllication)

Mengingat pasar di Indonesia kebanyakan masih berada di PHP, maka ada salah satu tutorial yang menggabungkan Javascript dengan PHP, yaitu “Ebook React Native dan Laravel”. Tetapi kembali lagi, salah satu misi kita adalah lebih mengenalkan teknologi terbaru (yaitu Javascript, terutama React & React Native) di Indonesia.

Share

Share yang didapat untuk setiap penjualan produk dumbways.id adalah sebesar 25%.

Anda bisa menggunakan bermacam strategi untuk menggunakan share tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa menjual dengan harga 5% lebih rendah dari harga asli di dumbways.id, dan hanya mengambil keuntungan sebesar 20%.

Produk

Untuk setiap produk, silakan baca intro dan pelajari video intronya supaya lebih memahami teknologi yang dipakai

Daftar Produk di dumbways.id

Pengenalan Dasar Teknologi yang digunakan di Dumbways.id

  • Javascript

adalah suatu bahasa pemrograman yang sedang populer saat ini. Dapat dijalankan di sisi client (browser/mobile phone), maupun sisi Server (backend). Bahasanya simpel dan mudah dipahami

  • React

adalah suatu library Besutan Facebook, untuk membangun web application. Biasanya orang akan mengatakan pesaingnya seperti Angular, Vue, Jquery dsb, tetapi silakan bilang saja bahwa masa depan ada di React.

  • React Native

adalah suatu library Besutan Facebook, untuk membangun mobile application. Cara pengkodeannya sangat mirip dengan React (versi web), sehingga memudahkan programmer untuk tidak belajar berkali-kali untuk mendevelop aplikasi di platform yang berbeda. untuk lebih detailnya, silakan lihat artikel saya di sini https://medium.com/@radiegtya/mengapa-react-native-solusi-tepat-untuk-membuat-aplikasi-mobile-e43c30d824c

  • Express JS

adalah suatu Framework dari Node JS yang berjalan di sisi Server sebagai REST API. API itu apa sih gan? API itu contohnya seperti, di aplikasi youtube misalnya, agan bisa kan login dengan Google, nah itu karena google menyediakan API untuk login, yang mana API nya dipakai oleh si Youtube. REST API ini biasanya digunakan untuk mengakses langsung data dari database.

  • Node Js

sebenarnya ini sama tujuannya dengan Express, tetapi ini adalah corenya dari si Express. Express merupakan suatu framework utk nodeJS ini.

  • Redux

adalah State management yang bisa digunakan di Frontend app seperti React, React Native, Angular, dan Vue. State management itu gampangnya seperti saat input data, atau komen di facebook misalnya, agan tidak perlu me-refresh halaman untuk melihat komen yang agan masukkan.

  • GraphQL

adalah suatu layer yang bisa digunakan untuk resolve REST API atau fetch langsung data ke Database sehingga lebih mudah digunakan dan lebih scalable.

About Author

Sometime buyer menanyakan siapa yang membuat tutorial ini, so silakan pakai data saya:

Nama: Ega Radiegtya

Pekerjaan: Vice President of Engineering PT. Zahir Internasional dan Co Founder dumbways.id

Pengalaman: >7 tahun di dunia IT terutama Development baik Web, Mobile, Scaling, maupun Team Lead.

Kewajiban Sebagai Marketing

  1. Memasarkan produk dumbways dan menjaga nama baik dumbways.id. Anda bebas menggunakan apapun marketing tools yang Anda kuasai,

contoh:

  • Facebook ads
  • Instagram ads

Disclaimer:

  • Hindari ads atau marketing tools yang mirip seperti SPAM!
  • Hindari MLM alike!
  • Hindari Direct Selling di Group Pemrograman, Seperti PHP Indonesia, React Indonesia, Sarccom, Asosiasi Programmer Indonesia dsb. Gunakan teknik Soft Selling instead.

2. Mengikuti Events Teknologi minimal sebulan 2x dan melakukan networking di dalamnya dengan memperkenalkan atau menjual produk dumbways.id. Berikan repot ke Saya setiap bulannya, events apa saja yang diikuti. Nilai plus bila bisa menjadi pembicara.

Step by Step Penjualan

Sebelum melakukan penjualan, pastikan ikuti step berikut:

  1. Minta buyer untuk menghubungi Anda via WA/Telegram no Anda.
  2. Saat ada pesanan masuk, pastikan selalu ramah dengan buyer, dan bila pertanyaan buyer terlalu teknikal, bisa ditanyakan ke Saya.
  3. Setelah buyer 100% membeli, minta buyer untuk mengirim ke no Rekening Anda.
  4. Transaksi sukses, maka mintalah buyer untuk mendaftar sebagai member di https://dumbways.id
  5. Tanyalah email yang digunakan untuk register di dumbways.id kepada buyer, dan kirimkan email tersebut kepada Saya berikut sejumlah uang penjualan produk yang telah dipotong 25% untuk Anda.
  6. Saya akan memproses buyer untuk di assign ke tutorial yang dibeli, setelah itu saya mengkonfirmasikan ke Anda bahwa buyer tsb sudah bisa mengakses tutorial yg dibeli.
  7. Invite Buyer ke Group Whatsapp dan Telegram Dumbways.id, katakan ke buyer bahwa ada Lifetime support di dumbways dengan meminta izin terlebih dahulu. (Anda akan saya assign sebagai Admin Group)

Marketing Assets

  1. Logo Dumbways

https://trello-attachments.s3.amazonaws.com/5a1eb26f3a4f04204eae458d/5a23d2bb908b40a7d29bd8cd/7277563ce9c9ea4cd9b5f7422bf104af/dw-favicon.png

2. Articles

Demikian Panduan untuk menjadi Marketing di dumbways.id, silakan tanya langsung ke Saya via WA/Telegram di +62 8564 1278 479.

Best Regards,

Ega Radiegtya

Co Founder Dumbways.id