Mengenal Jenis Membran yang Digunakan Diaphragm Pump

Ketika menyebut istilah pompa, yang terlintas di pikiran Anda pastilah pompa air. Memang alat yang satu ini merupakan jenis pompa yang paling familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Tapi jenis pump Indonesia sendiri tak hanya itu saja. Anda bisa melihat jenis-jenis pompa lain yang digunakan di berbagai industri lewat katalog milik PT Winston Indonesia, yang menyediakan berbagai jenis pompa dan aksesorisnya.

Salah satu dari pompa Indonesia yang disediakan adalah pompa diafragma. Pompa jenis ini adalah pompa yang masuk kategori positive displacement pump. Pompa ini bekerja bolak-balik menghisap serta mendorong air dari ruang pompa. Di saluran masuknya ada katup atau membran yang menjaga agar air mengalir sesuai di saluran masing-masing. Diafragma yang bergerak yang menghasilkan daya untuk menghisap air masuk dan juga menekan air untuk keluar.

Diaphragm Pump-Pump Indonesia

Material yang penting di dalam pompa ini adalah membran yang ada di dalamnya. Inilah kenapa pompa diafragma juga disebut pompa membran. Adapun jenis membran itu sendiri bisa bermacam-macam. Di antaranya adalah:

1. Neoprene

Digunakan untuk pompa diafragma air seperti air sumur maupun air dari laut. Biayanya rendah dan umum digunakan.

2. Buna-N

Biasanya dipakai untuk pompa yang berkaitan dengan minyak ataupun cairan yang sejenis. Misalnya saja bensin, minyak hidrolik, minyak tanah, dan turpentine.

3. EPDM

Adalah membran yang sangat bagus dipakai ketika pompa digunakan dalam suhu yang dingin (terutama yang cukup ekstrim). Karena biaya pemakaian yang rendah, kadang membran ini juga dipakai untuk pemompaan asam yang encer.

4. Viton

Sebaliknya dengan EPDM, jenis membran ini cocok kalau dipakai di suhu yang panasnya ekstrim. Sering juga dipakai untuk cairan dengan sifat yang agresif semacam hidrokarbon aromatik.

Anda akan bisa menemukan berbagai pump Indonesia dengan jenis pompa diafragma ini di katalog milik PT Winston Indonesia. Pompa yang disediakan adalah pompa diafragma bertekanan tinggi yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan industri yang penting. Contohnya BIOCOR untuk industri makanan dan farmasi, FUTUR untuk keperluan industri kimia dan semikonduktor, pompa khusus untuk menangani limbah industri, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Inilah Kriteria Ketika Memilih Pompa Air Yang Baik

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.