Raihan Galih
1 min readOct 23, 2022

Jurnal Perjalanan : Negeri Brunei #1

Tutong, 23 Oktober 2022.

Sebuah hal yang tak terduga bener2 terjadi, emang kepikiran buat ke luar negeri tapi pengennya buat belajar (kuliah) bukan buat kerja. Alhamdulillah dikasih sama Allah malah buat kerja. Kesempatan bagus buat gw biar bisa ngeliat dunia dari sisi yg lain, mungkin pikiran gw yg sempit ini bisa tambah luas.

Gw disini kerja jadi baker, ya lewat jalur rekomendasi alias orang dalem, konotasi orang dalem ga selamanya buruk kok. Karena mereka kasih kita rekomendasi toh bukan asal, mereka juga liat kinerja kita dulu pas kerja bareng sama mereka, kurang nya ya ngerasa ga enakan sama yg bawa itu.

Terlepas dari kejadian yang gaenak di awal tahun yg jujur masih menghantui gw sampe detik ini, gw harus tetep jalan walaupun berat, gw harus cari cara biar ga jadi benalu buat orang sekitar gw, pelan2 pasti sembuh. Gw cuma bisa berusaha dan berdoa, masalah rezeki dan hasilnya biar Allah yg urus.

Selayang pandang tentang asal-usul tajuk;judul sudah jelas, lanjut lagi lain kesempatan.

Gambar 1.0

Sekilas pemandangan dari dalam pesawat setelah landing di Brunei.