Aku Enggak Kerja :( #1

WARNING! explicit content

Halo, pertama-tama izinkan saya berbagi cerita tentang perjalanan Kerja Praktek (KP) kali ini menggunakan bahasa bebekasian, jadi mohon maaf bila salah dan kasar kata-katanya.

Mungkin judul sama konten agak beda isinya gapapa yak wkwk. Oke let’s start, gua rama rahmanda nrp 119. Mau nyombong dikit nih, gua bukan deadliners yang nyari tempat KP mepet-mepet hari. Ngeliat postingan lainnya kyknya ada 2 tipe anak nih, ada anak yg susah nyari tempat KP dan ada yang lancar jaya. Well, gua sih termasuk orang yang susah nyari tempat KP lah ya, mungkin kalo lo tanya gua udah berapa perusahaan yang gua apply gua bisa jawab “ ya lebih dari 20 kali ya “. Dari pertengahan semester gua udah nyari lowongan KP baik dari dalam dan luar negeri (ya kali2 aja dapet gitu). Lo mau perusahaan apaan? Google? Uber? Facebook? SAP? yaelah itumah udah gua coba, ampe startup lokal kayak Garena, Traveloka, Bukalapak, Tokped juga udah gua jajal sampe perusahaan yang lo ga tau juga udah gua coba kali kayak Cermati, Happy Fresh, iGrow dan masih banyak lainnya.

Dari sebanyak itu lo kira gua dapet salah satunya? Jawabannya “NGGAK”. Ada yang sampe tahap interview ada yang CV doang gak dibales2. Ya gua sih sabar aje namanya juga kayak nyari undian berhadiah wkwk. Buat kalian yang udah ato nanti yang merasakan gak diterima di tempat KP, gausah kebanyakan ngeluh deh, diatas penderitaan lo masih banyak yg lebih menderita. Buat lo yang nanya “lah kok bisa apply banyak perusahaan gitu?” Ya jawabannya gua gak pernah make surat dari jurusan, banyak kali yang ga pake surat dari jurusan kalo lo emang niat dan mau usaha mah banyak yg gapake surat jurusan.

Timeflies brother, gua tetep usaha nyari tempat KP sampe akhirnya pas rada hopeless bingung mau apply dimana, keknya hampir semua perusahaan dah gua apply. Trus gua inget kata mas Stezar, ada sebuah perusahaan yang bergerak dibidang AI namanya Kata.ai, yaudah dr info itu langsung aja gua Information Gathering dari LinkedInnya gua buka terus gua terror salah satu karyawannya, gua tanyain “ada lowongan gak?” untung aja kata dia ada trus disuruh kirim CV aja. Seminggu kemudian gua diemail dan diminta jadwal buat interview lewat Skype. Yaudahlah akhirnya gua blg aja bisanya kapan, kaget dong ternyata yang nginterview gua langsung dr Sillicon Valley. Dia orang Indonesia sih cuma emang lagi kerja di US aja di VMware + remote Kata.ai. Setelah banyak bercerita dan ngerjain koding secara live gua dikasih tugas tambahan yg dikasih waktu seminggu, waktu itu lagi minggu FP sih ya jd gua nego minta tambahin sehari.

Usaha ga pernah boong cuy, setelah ngerjain tugas itu gua dikontak sama orang Kata.ai dan Cisco (?) Lah ya gua lupa nulis jadi sebelumnya gua dah apply juga ke Cisco dan udah wawancara juga sih, rada kaget pas dikelas TKTI di telpon ama orang Cisco pake bhs Inggris ternyata dia emg dari Australia gitu. Oke jadi gini, di minggu yang sama gua dikontak sama Kata.ai dan Cisco diminta untuk dateng ke kantornya di daerah Kemang (kata.ai) dan Simatupang (Cisco), Jakarta Selatan. Akhirnya di minggu itu gua pulang ke Bekasi, untung jadwal kuliah gua enak cuma senin-rabu. Ternyata di Kata.ai gua langsung dikasih Offer Letter dengan gaji sekian lah ya, di Cisco cuma wawancara biasa aja. Ternyata di hari itu juga gua dapet email lagi untuk magang di salah satu Startup game di Bandung dan Startup di Jakarta gitu, tapi ya langsung gua tolak sih gara2 gua lagi galau mau milih yang mana antara Kata.ai sama Cisco, gua tanya temen-temen gua mereka nyaranin buat ambil Cisco.

Tiap gua ngasih tau temen gua tentang Kata.ai selalu deh dibales “Kata.ai tuh apaan?” sampe capek gua balesnya dah, Tapi yah apa daya hati ini berkata. Akhirnya gua ambil Kata.ai dan ternyata dihari itu juga gua ditelpon sama Cisco katanya diterima. Jadi untuk #1 ini yang mau gua sampein adalah

  1. Ntr kalo mau KP coba gausah pake surat dari jurusan supaya lo bisa lebih banyak mencoba perusahaan
  2. Gausah sedih kalo ketolak KP
  3. Jangan deadliners lah ya masbro pede bener keterima ah kayaknya
  4. Buat adek-adek 2015 ke bawah, kalo liburan coba magang gih gua jamin kebuka ntr otak sama wawasan lo
  5. Mohon maaf mas mbak rek dek kalo ada yang tergesek, diambil baiknya aja yah

TO BE CONTINUED

sekilas kantor gua yang sekarang

Suasana senja
One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.