ISU KAMPUS KM ITB

Isu adalah sebagai suatu konsekuensi atas beberapa tindakan yang dilakukan oleh satu atau beberapa pihak yang dapat menghasilkan negosiasi dan penyesuaian sektor swasta, kasus pengadilan sipil atau kriminal atau dapat menjadi masalah kebijakan publik melalui tindakan legislatif atau perundangan menurut Hainsworth & Meng

Jadi pengertian umum isu diatas, maka diturunkan menjadi lebih spesifik. Nah dari isu KM ITB itu dapat di bagi menjadi berbagai poin, ada poin tentang internal KM ITB, pimpinan ITB. Dari dua poin yang disampaikan mengenai hal tersebut maka di perdalam lagi mengenai ITB Multikampus dan Satu Tahun Pemilihan Rektor ITB.

Yang pertama adalah ITB multikampus yang memiliki dasar hukum yaitu permenristekdikti nomor 1 tahun 2017 tentang program studi luar kampus utama. Pada konsep awal dari pembentukan ITB multikampus ini sebagai berikut :

  1. Mampu membangun karakter
  2. Mampu memenuhi kebutuhan masyarakat lokal
  3. Mampu menghasilkan engineer lebih banyak dan berkualitas
  4. Setiap lokasi dihuni oleh Fakultas yang sesuai dengan kekhasan lokal
  5. Mampu menumbuhkan ekosistem pendidikan

Kemudian dipaparkan juga ITB jatinangor dan ITB kampus cirebon yang memiliki banyak kendala pada awal masa pembangunan sampai saat ini yang sebenarnya ITB belum siap untuk memindahkan kampus nya sebagai multikampus. Nah kemudian dari MWAWM juga memaparkan pemaran tentang restrukturisasi dan klasterisasi menurut kepentingan berbagai pihak entah dalam sudut pandang sebagai mahasiswa, dosen maupun kepentingan pemerintah.

Kemudian ada isu tentang “Satu Tahun Menuju Pemilihan Rektor ITB” dimana disana juga disampaikan harapa MWAWM kemudian dari Kriteria rektor dan beberapa mekanisme dari pemilihan rektor yang memakan dana dan waktu yang cukup banyak. Lalu bagaimana peran mahasiswa dari isu isu kampus yang telah dipaparkan? Itu kembali ke diri kita pribadi masing-masing, bagaimana kita menyikapi isu yang berkembang di lingkungan massa kampus dan juga bagaimana kita dapat memposisikan diri kita pribadi menjadi seorang mahasiswa dan mewakili suara dan sikap sebagaimana menjadi mahasiswa.