Makna Pendidikan dan Apa Itu Role Model?

Rayhan Setiawan
2 min readJul 23, 2022

--

sumber : twitter/@oskmitb

Selamat datang dalam medium saya, kembali bersama saya Rayhan Setiawan selaku penulis dari content ini. Medium ini bertujuan memenuhi tugas Sekolah Mentor OSKM pada tanggal 19–20 Juli 2022. Ya benar, 3 hari yang lalu. Saya disini memohon maaf sebesar besarnya juga kepada panitia atas keterlambatan saya dalam mengerjakan tugas dikarenakan masalah kesehatan yang memang tidak bisa diperkirakan. Saya berharap panitia dapat memaklumi hal tersebut. Baiklah tanpa berlama lama langsung saja kita ke penjelasannya

Apa Makna Pendidikan Menurut Saya?

Menurut opini saya pribadi pendidikan adalah suatu prosesbagaimana manusia bisa berkembang guna memenuhi kebutuhan hidup, sosial, dan lain sebagainya. Tetapi, saya juga setuju apa yang dikatakan oleh Ka Abai pada saat webinar kemarin bahwa pendidikan adalah suatu proses pengubahan sikap seseorang atau kelompok melalui suatu usaha.

Apa sih maknanya? maknanya yaitu pendidikan adalah suatu hal tentang proses, proses, proses yang menjadikan manusia itu menjadi lebih baik lagi. Oleh karenanya dalam hal tolak ukur “kebaikan” ini kita harus punya Role Model tersendiri.

Definisi Role Model Menurut Saya Pribadi?

Seperti yang kita ketahui bahwa Role Model berarti teladan. Apa sih teladan itu? Menurut saya pribadi, teladan adalah suatu hal yang bisa dijadikan contoh bagi banyak manusia lainnya. Dalam artian, menjadi contoh bukan berarti harus membanding-bandingkan.

Apa Urgensi Adanya Role Model dalam Pendidikan?

Untuk dibilang seberapa urgen saya tidak bisa menyebutkannya atau menilainya dengan angka, tetapi dalam pendidikan tentu saja diperlukan ada Role Model tersebut. Kenapa? menurut saya pribadi Role Model sebagai tolak ukur kita, juga sebagai contoh nyata.

Apa Manfaat dari Role Model dalam Pendidikan?

Tentu saja banyak, yang pertama sebagai motivasi kita dalam belajar, dalam menjadi manusia yang lebih baik lagi, dalam banyak hal tentunya. Yang kedua, yang saya pikirkan adalah dengan adanya Role Model ini maka akan banyak manusia yang bisa berkembang mengikutinya, perkembangan tersebut bisa memicu suatu perubahan yang besar, bukan saja untuk dirinya dan sekitarnya. Yang ketiga, membuktikan secara nyata bahwa “hal” yang dijadikan sebagai contoh itu benar — benar ada. Dan masih banyak lagi.

Kamu Ingin Menjadi Role Model Seperti Apa Untuk OSKM ITB 2022?

Saya ingin menjadi manusia yang berguna, yang humble, yang baik, bisa membantu sesuai dengan kapasitas saya, Bisa memberikan Informasi yang saya tahu, dan sebenarnya masih banyak lagi. Intinya saya ingin menjadi orang yang “hangat” bagi orang — orang di dekat saya.

Referensi

https://id-velopedia.velo.com/role-model/

--

--