Makna Lagu Manuk Dadali, Makna Semangat Kebangsaan dan Nasionalisme

Halo kawan, setelah kemarin saya menuliskan lirik lagu Manuk Dadali versi inggrisnya, kali ini saya akan memberikan secuil gambaran mengenai makna dari arti lagu Manuk Dadali. Sebelumnya masih ada yang ingat mengenai lagu Manuk Dadali berasal darimana? Benar! Lirik lagu Manuk Dadali berasal dari daerah Jawa Barat Sunda. Pencipta lagu Manuk Dadali adalah seorang reporter sekaligus seorang jurnalis di RRI, Ialah Sambas Mangundikarta.

Lagu Manuk Dadali adalah lagu daerah Sunda yang mengusung semangat kebangsaan dan nasionalisme. Bila kembali ke zaman penjajahan terdahulu, lagu tersebut sangat tepat dan sangat cocok untuk dijadikan penyemangat. Di zaman penjajahan kala itu, seorang pahlawan memerlukan penyemangat baik melalui lagu maupun puisi syair.

Karena itulah lagu Manuk Dadali terlahir. Lagu yang tumbuh karena cintanya kepada Tanah Air Indonesia. Cinta yang berpohonkan harapan-harapan akan hadirnya negara kuat dan hebat. Negara yang tak pernah menyerah mengusir segala bentuk penjajahan di Negara Indonesia terlebih di seluruh muka bumi.

Lahirnya lagu Manuk Dadali juga tidak lain karena semangat nasionalisme yang menembus batas-batas etnosentris. Dalam buku Yudi Latif, bertajuk Negara Paripurna Menjelaskan bahwa negara ini mempunyai beribu macam perbedaan. Perbedaan-perbedaan itu dikumpulkan dalam satu musyawarah besar untuk mencari satu makna yang sama yakni Bhineka Tunggal Ika. Ya, berbeda-beda namun tetap satu juga.

Oleh karena itu, tak ada alas an lagi anak bangsa ini untuk melakukan tindak kriminal baik berupa saling menganiaya, saling mencaci apalgi sampai tawuran berbentur dan mengorbankan nyawa. Kita adalah satu bangsa yang besar bernama Indonesia. Bila Bukan kita yang menjaga Indonesia, siapa lagi?

Mesat ngapung luhur jauh di awang-awang

Meberkeun jangjangna bangun taya karingrang

Sukuna ranggaos reujeung pamatukna ngeluk

Ngapak mega bari hiberna tari nyuruwuk

Saha anu bisa nyusul kana tandangna

Tandang jeung pertentang taya bandingannana

Dipikagimir dipikaserab ku sasama

Taya karempan kasieun leber wawanenna

Chorus

Manuk dadali manuk panggagahna

Perlambang sakti indonesia jaya

Manuk dadali pangkakon carana

Resep ngahiji rukun sakabehna

Hirup sauyunan tara pahiri-hiri

Silih pikanyaah teu inggis bela pati

Manuk dadali ngandung siloka sinatria

Keur sakumna bangsa di negara Indonesia