EDAN-TITAS

Mari dimulai dari skala kecil; siapa kamu saat Tim Sepakbola kampungmu bertanding dengan kampung sebelah? Lalu tiba-tiba terjadi cekcok dan perkelahian sampai ada korban nyawa. Siapa kamu?

Kemudian, Tim Sepakbola kotamu bertanding dengan kota lain? Kamu dan pendukung Tim Sepakbola kampung sebelah yang pernah kelahi denganmu mendadak bersatu atas nama Kotamu sampai berseteru dengan korban nyawa.

Hingga kamu ikut membela Negara dan menghujat Negara lain dan bersemangat memerangi mereka, sadarkah kamu saat itu kamu mendadak bersatu dengan pendukung Tim Sepakbola kota lain yang pernah berkelahi denganmu?

Maka jadilah kamu pembela Negara yang mendukung perang dengan Negara tetangga, misal. Sadarkah kamu bahwa penduduk negara lain tersebut memeluk agama yang sama denganmu, dan kamu bersemangat menghujat dan ingin memerangi mereka, bahkan jika perlu harus ada korban nyawa?

Lalu, agamamu dihujat oleh pemeluk agama lain oleh penduduk Negaramu sendiri, hingga kamu marah dan siap membunuh sesama penduduk negaramu. Siapa kamu?

Bisa kah, kamu jelaskan pada saya dengan jujur; sebenarnya, siapa kamu?

(Ciluncat, 17–10–2015)