Raihan Mulai BLW

Sekedar sharing.


Alasan Raihan nyobain BLW adalah emaknya takut Raihan GTM (Gerakan Tutup Mulut).

Semenjak Raihan pindah ke Bekasi, makannya terlihat sedikit (bagiku). Biasanya di Kediri, Raihan makan lebih banyak. Metode nya ya makan puree sambil disuapin. Kadang sama Yangti nya Raihan, digendong & disuapin (which is aku ga setuju metode itu, rempong plus capek). Tapi dengan metode itu, Raihan selalu ngabisin 1 mangkok (kira-kira 70an ml).

Setelah di Bekasi, Raihan agak sulit makan. Ga betah duduk di BS (Booster Seat). Kadang berdiri & udah bisa keluar sendiri. Mungkin bosan. Padahal, sambil makan udah disambi main, nyanyi, baca buku, bahkan nonton video. Tetep aja makan nya dikit, ga pernah abis. Padahal udah dipaksa makan juga (yang ini jamgan ditiru).

Hasilnya, 2 bulan berat badan Raihan ga naik. Waktu Raihan umur 9 bulan, pas imunisasi campak, sekalian deh konsul ke dokter anak, baiknya gimana. Kata dokter sih ga masalah, toh berat badan masih ideal, tapi bulan depan minimal naik 300gr ya.

Kalo dikasih target kaya gitu, siapa yg ga panik. Huhuhu 😭😭😭

Gara-gara panik itulah, Raihan semakin menolak makan. Belum GTM sih, 2–3 suap abis itu udah. Risih lihat sendok. Tiap lihat sendok, rasanya pingin lempar. Gitu banget nak 😭. Ibunya makin stress. Huhuhu.

Akhirnya kepikiran BLW (Baby Led Weaning). Akhirnya cari info lah di ig. Males banget ya cari info di ig. Terus mulai follow-follow akun BLW, untuk menenangkan hati. Terus baca-baca juga tentang GTM yang dishare sama Elizabeth Zennifer di ig. It’s really help me a looot.

Sekarang, tiap makan siang, Raihan BLW-an. Sarapan kadang-kadang. Makan malam masih disuapin ibu. BLW mya juga bukan pure BLW, kadang disuapin juga. Gapapa deh, yang penting mood pas makan jadi bagus, ngga stress lagi. Paling cape aja sih bersih-bersih abis BLW. Ibu hepi, Raihan hepi, stress free. Makan malam walau masih disuapin, jatuhnya nyuapin Raihan jadi lebih enak karena ga maksain harus habis 1 mangkok.

Tapi masih ada pe er sih buat ibunya. Raihan masih belum doyan karbohidrat selain pasta & belum doyan protein selain telur dadar. Buah & sayur masih masuk lah, walaupun agak picky.

Jadi, sekarang udah ga maksa Raihan untuk abisin makanan. Kalo Raihan dipaksa, nanti malah dilepeh terus berantakan & kalau diterusin takutnya malah GTM. Harus rela makanan yang dipake buat BLW itu dilepeh, dilempar, dibejek-bejek, karena Raihan itu sedang eksplor makanan yang dia makan.

Nyesel aja sih, kenapa ga BLW-an sejak awal mulai MPASI. Nyesel aja mulai nya telat.

That’s it.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.