Material Design dalam perkembangan di dunia web

source : http://designmodo.com/material-design/

Dunia web memanglah memiliki perkembangan yang sangat cepat, apalagi menyangkut dengan design, karena design suatu website merupakan salah satu faktor penentu berlama-lamanya user dalam mengunjungi halaman suatu website. Dengan design yang “wah”, maka user akan merasa betah berlama-lama mengunjunginnya, apalagi bila ditunjang dengan konten yang “wah” juga.

Bagi para designer, mungkin istilah material design bukanlah istilah asing. Yup, material design merupakan konsep design yg dipakai oleh aplikasi android yang mulai dipakai dan diperkenalkan bersamaan dengan dirilisnya android Lollipop. Dengan hadirnya konsep design baru yg digunakan oleh android yaitu material design, banyak para designer web yg mencoba merealisasikannya di dunia web. Dan hasilnya, ada beberapa website yang mengimplementasikan konsep material design tersebut.

Dalam pendapat pribadi saya, kemungkinan tahun 2016 ini merupakan tahun dimana design web yang menggunakan konsep material design akan bertebaran dengan banyak ditemukannya framework-framework frontend untuk membuat web kita memiliki fitur seperti material design. Diantaranya framework untuk material design seperti Materialize dan kawan-kawannya sudah mulai ada. Dengan begini, kemungkinan boomingnya material design juga tak bisa dibantahkan.