Pemuda yang mengkhawatirkan masa depan

Masa depan. Apa itu masa depan? Saya yakin setiap orang mempunyai pengertian sendiri-sendiri mengenai hal ini. Begitu juga saya, menurut saya masa depan adalah waktu atau keadaan dimana kita berhasil melakukan atau meraih suatu hal yang sudah lama kita rencanakan untuk kenyamanan atau kelayakan hidup kita. Mungkin bagi orang pengertian saya ini sedikit aneh, tapi memang itulah yang ada dipikiran saya.

Saya adalah seorang pemuda yang mengkhawatirkan masa depan. Kalimat itu memang aneh terdengar jika yang mengucapkan adalah seorang anak SMK seperti saya. “Baru SMK aja udah sok-sok an mikirin masa depan! ” , “ Sekolah aja dulu yang bener, masa depan apa kata nanti. “ , mungkin itulah komentar orang yang tidak mengerti posisi atau keadaan saya.

Saya hidup di lingkungan yang penuh dengan kata “Bisnis”. Mulai dari teman sekelas yang mulai berbisnis sampai seseorang yang saya kagumi mulai meningkat dalam bisnisnya. Bagaimana dengan saya? Apakah saya mulai berbisnis juga? Jawabannya “Masih belum”. Saya masih bingung, apakah dengan saya mulai berbisnis dari sekarang dan mengesampingkan pendidikan, masa depan saya terjamin? Apakah ada jaminan saya akan hidup bahagia di masa depan dengan gerakan saya sekarang ini? Tidak ada yang bisa menjaminnya.

Saya mengkhawatirkan masa depan atau lebih tepatnya pekerjaan saya suatu saat nanti. Bukan soal penghasilannya, tetapi bagaimana menjalankannya. Apakah saya senang dengan pekerjaan itu atau tidak?. “Jadikanlah hobi sebagai pekerjaanmu” saya sering mendengar kalimat itu. Tapi bagaimana jika saya memiliki Hobi di tiga bidang sekaligus? Apakah saya harus menjalankan tiga pekerjaan tersebut secara sekaligus? Saya rasa jawabannya tidak.

Saya memiliki tiga Hobi atau kegemaran. Programmming, Design web & mobile , dan akhir-akhir ini saya juga mulai suka menulis. Mari kita bahas satu persatu Hobi tersebut.

1. Programming

Source : https://www.pexels.com/photo/code-coding-computer-data-485863/

Menjadi siswa SMK dengan jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) mengharuskan saya belajar bahasa pemrograman. Bahasa yang pertama saya kuasai adalah CSS, tapi saya baru mengetahui bahwa CSS bukan bahasa pemrograman. Lalu bahasa pemrograman apa yang saya kuasi? Belum ada. Saya masih mempelajari satu bahasa yaitu JAVA untuk android development, tapi masih belum bisa dikatakan “menguasai”. Semenjak saya mempelajari JAVA, ketertarikan saya ke dunia programming meningkat pesat. Saya mulai tertantang untuk lebih memikirkan logika.

Tapi jika saya memperdalam ilmu itu sampai bisa dikatakan “menguasai”, apakah masa depan saya akan terjamin? Apakah saya akan mendapatkan pekerjaan yang tepat dengan apa yang saya inginkan? Saya ingin menjawab iya, tapi saya mengkhawatirkan jawaban tersebut. Apakah saya akan menjadi seorang penemu atau pencetus sebuah aplikasi yang suatu hari akan booming? atau duduk rutin di dikursi menjadi karyawan sebuah perusahaan digital agency atau yang lainnya? Siapa yang tau. Tapi setidaknya saya sudah mempunyai gambaran tentang pekerjaan saya jika mempelajari dan memperdalam ilmu tersebut.

2. Design Web & Mobile

Source : https://www.pexels.com/photo/notebook-beside-the-iphone-on-table-196644/

Salah satu temen saya pernah mengatakan, “Designer gaji nya juga gede loh”. Tapi lagi-lagi saya berpikir, apakah Hobi ini yang menjadikan saya bahagia di masa depan? Saya mulai mencari jawaban tersebut dengan cara mempelarinya lebih sering. Ketika saya mempelajarinya lebih dalam, saya mulai goyah akan satu hal. Yaitu “Kreatif”, saya sering menjiplak/meniru karya design orang lain meskipun dengan tidak secara keseluruhan. Apakah hal itu wajar dalam mempelajari ilmu design? Saya pernah membaca satu artikel tentang bagaimana “Menggali inspirasi dari karya orang lain”. Dari situ saya mulai gigih kembali untuk lebih memperdalam ilmu ini. Dan saya rasa Hobi ini mulai seimbang dengan Hobi programming dalam pikiran saya.

3. Menulis

Source : https://www.pexels.com/photo/keyboard-desk-wristwatch-watch-8264/

Hobi ini mulai saya coba ketika jaman di kelas saya booming blog. Saya mulai berlomba lomba dengan teman saya untuk membuat content blog yang menarik. Tapi lama kelamaan saya mulai bosan dengan menulis artikel tersebut(contoh seperti tutorial). Dan ketika sekolah mengadakan PKL (Praktek Kerja Lapangan/ Magang), saya mulai mengenal website ini, Medium.com . Awalnya saya hanya membaca artikel tentang design dan programming, tapi lama kelamaan saya juga membaca artikel tentang hal lain. Disitulah mulai tercetus ide “Kenapa saya gak nulis artikel juga? toh disini juga gak terpaku akan satu hal, suka suka saya mau nulis apa.”. Dan akhirnya saya mulai menyadari bahwa saya lebih suka menulis tentang hidup saya daripada menulis artikel yang dipaksa untuk menghasilkan uang. Ketika saya menulis artikel tentang hidup,pengalaman, atau opini saya, saya tidak khawatir tentang jumlah pembacanya. Akan tetapi Hobi ini masih kalah dengan dua Hobi sebelumnya. Akan kah Hobi ini menjadi Hobi favorite? Tapi saya belum mendapat gambaran tentang pekerjaan saya nanti jika menekuni hal ini. Siapa saja, tolong berikan saya gambaran tentang seorang penulis.

Dari ketiga Hobi tersebut, saya presentasekan:

  1. Programming 40%
  2. Design 40%
  3. Menulis 20%

Akankah masa depan saya menjadi seorang Programmer? atau Designer? atau Penulis? atau pekerjaan yang lain? Hanya Tuhan yang tau.