Cara Mengambil File Gambar/Video dari file Keynote (.key), Pages (.pages), atau Numbers (.numbers) pada Mac

Ricki Bin Yamin
3 min readNov 11, 2019
File numbers yang didalamnya terdapat sebuah gambar masakan

Saya mempunyai sebuah file keynote yang memiliki video dan gambar di beberapa slide-nya. Karena salah satu video yang terdapat di keynote tersebut saya rasa cukup menarik, saya ingin mengunggahnya di channel YouTube saya. Namun masalahnya, file asli dari video tersebut sudah terlanjur saya hapus. Kini saya hanya punya keynote dengan video tersebut di dalamnya. Bagaimanakah cara saya mengambil file video tersebut dari keynote? Saya sudah copy video tersebut dari keynote kemudian paste di finder, namun tak menghasilkan apa-apa. Pernahkah teman-teman mengalami hal demikian?

Ternyata solusi dari permasalahan saya di atas sangatlah sederhana. Pada tutorial kali ini, akan kita bahas juga untuk permasalahan yang sama pada file pages dan numbers.

Pada File Keynote (.key)

Untuk file keynote (yang memiliki extension .key), cara untuk mengambil file gambar maupun video yang terdapat pada dokumen tersebut adalah dengan klik 2 jari pada file keynote, lalu pilih Show Package Contents.

Jika pilihan Show Package Contents tidak tersedia, teman-teman perlu mengikuti tutorial selanjutnya yang berlaku juga untuk file pages dan numbers.

Pada File Pages (.pages) dan Numbers (.numbers), serta beberapa file Keynote yang tidak tersedia pilihan Show Package Contents

Pertama-tama, pastikan extension dari semua file yang ada di finder teman-teman muncul. Extension adalah akhiran dari sebuah nama file, misalnya file keynote dengan nama “presentasi.key” yang berarti extension-nya adalah “.key”, atau file pages dengan nama “proposal-skripsi.pages” yang berarti extension-nya adalah “.pages”.

Cara untuk memunculkan extension pada setiap file adalah bukalah finder terlebih dahulu, pada menu bar klik Finder > Preferences.

Lalu buka tab Advanced, kemudian aktifkan centang pada Show all filename extensions.

Setelah itu, buka finder dan kembalilah ke lokasi file pages / numbers / keynote yang mau diambil konten didalamnya. Setiap nama file saat ini seharusnya sudah memiliki extension di belakangnya.

Langkah selanjutnya adalah rename file tersebut dengan klik satu kali pada nama file atau klik 2 jari kemudian pilih rename, lalu ubah extension dari file menjadi “.zip”. Misal saya ingin mengambil salah satu gambar pada file “proposal-skripsi.pages”, saya harus rename file tersebut menjadi “proposal-skripsi.zip”.

Setelah extension-nya menjadi “.zip”, kita unarchive file tersebut dengan klik 2 kali pada file dan muncullah folder dengan nama yang sama. Bukalah folder tersebut dan pastinya memiliki isi seperti berikut.

File gambar maupun video yang kita cari ada di dalam folder “Data”. Sekarang kita bisa ambil file tersebut dan menggunakannya untuk keperluan lain.

Hore akhirnya kita bisa mendapatkan file gambar dan video yang terdapat dalam file pages, numbers, maupun keynote. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan marilah kita diskusikan pada kolom komentar. Jangan lupa untuk berikan claps juga ya. :) Terimakasih.

--

--