Belajar Linux dan SysAdmin dalam 2 Hari :D

Maintaining Linux System / SysAdmin merupakan salah satu pekerjaan dalam dunia industri IT dengan bayaran yang sangat tinggi. Dan itu tentunya bukan merupakan hal yang mudah, anda harus mempunyai pemahaman yang tinggi tentang sistem, setting-up sistem dan juga mempertahankan maintenance sistem yang akan dibuat.

Linux memainkan peran penting di dunia saat ini dan telah terintegrasi ke hampir semua aspek kehidupan mulai dari IOT, Android, Gps Location, hosting sebuah website, keamanan, server dan masih banyak lagi. Dengan mempertimbangkan begitu banyaknya sistem yang berjalan di Linux, tidak heran jika ia menjadi salah satu teknologi yang paling dibutuhkan pada era sekarang maupun yang akan datang.

Untuk belajar Linux dan menjadi seorang Linux System Administrator bukanlah tugas yang mudah, Anda harus mendedikasikan waktu anda untuk belajar Linux dan juga memahami suatu sistem yang sangat kompleks. Anda dapat menemukan banyak sekali online tutorial namun juga bukan hal yang mudah jika anda pertama kali belajar SysAdmin.

Di kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman selama mengikuti kelas Linux System Administrator yang diadakan di DOT Techno Valley — Malang, dengan pemateri bapak Samsul Ma’arif dan juga materi-materi seputar SysAdmin yang sangat bermanfaat diantaranya :

  • GNU/Linux
  • CentOs Linux Basic
  • Remote Login SSH
  • Setup Web Server
  • Setup Database Server
  • Setup DNS Server
  • File Sharing
  • Automation

Kelas ini dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 27–28 Oktober 2018. Pada hari pertama, kita mempersiapkan environtment yang akan digunakan serta berkenalan dengan GNU/Linux, jadi bagi anda yang belum pernah menggunakan Linux, kelas ini sangat cocok bagi anda yang ingin belajar dan memahami Sistem Operasi Linux, seperti Basic Command Line, The Kernel, Permission, Server, dll. Serta bagaimana instalasi Sistem Operasi Linux di komputer anda. “The Reward Of Suffering is Experience” — Harry S.Truman. :D

Pada hari kedua kita mendapatkan materi tentang Remote Login SSH, Setup Web dan Database Server dengan CentOs, File Sharing, dan Automation, jadi bagi anda yang pertama kali terjun kedunia SysAdmin akan mendapatkan banyak kesulitan, karena saya sendiri juga pada waktu itu masih tidak tahu apa-apa mengenai SysAdmin, tetapi materi yang disampaikan juga mudah difahami, jadi jangan takut untuk belajar SysAdmin.

DOT Indonesia

Kelas ini juga disponsori oleh DOT dan CloudKilat. cek alamat websiteya : DOT Indonesia , CloudKilat. Kelas ini sangatlah bermanfaat, jadi jika ada Workshop/Kelas seperti ini jangan sampai anda sia-siakan, selain mengisi waktu liburan, juga membuat waktu anda lebih produktif.

CloudKilat

Most People Afraid to Learn Something New, Dont Be Most People”