Aplikasi Android untuk Mahasiswa

Hadirnya smartphone atau telepon pintar di tengah-tengah kita menjadikan perubahan gaya hidup bagi penggunanya. Namun, ada dugaan sisi negatif smartphone seperti berkurangnya intensitas untuk bersosialisasi; menjauhkan yang dekat, mendekatkan yang jauh; serta dapat menjadi candu bagi penggunannya. Terlepas dari kontroversi sisi negatif tersebut, smartphone sebenarnya mempunyai kemampuan yang dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Nah, berikut ini aku ulas beberapa aplikasi Android yang harus mahasiswa miliki untuk meningkatkan produktivitasnya. Tentunya aplikasi yang aku rekomendasikan ini FREE.

check this out!
 
1. Gullak- Expense & Money Saver

Seperti namanya, Gullak merupakan aplikasi untuk mengatur keuangan sehari-hari. Disana terdapat menu untuk mencatat pengeluaran detil dengan keterangan untuk apa pengeluaran tersebut. Selain itu ada juga menu pemasukan, akun bank (untuk mencatat berapa saldo, dll). Kamu juga bisa melihat grafik keuanganmu berdasarkan hari, minggu, bulan maupun tahun.

Nah, hebatnya kamu bisa export catatan keuanganmu ini ke file Excel. Jadi, kamu bisa laporan kan ke orang tuamu berapa biaya yang sudah kamu pakai. haha

Icon Gullak

Screenshoot aplikasi Gullak

2. Kamusku

Udah tahulah aplikasi ini untuk apa. Ya, untuk menerjemahkan kata dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, and vice versa. Menurutku ini aplikasi kamus yang paling bagus, karena isinya persis dengan kamus Hasan Sadily.

Icon Kamusku

Screenshoot Kamusku

*Lainnya

LINE Dictionary juga aku rekomendasikan untuk dipakai. Disana ada contoh penggunaan kata dalam kalimat.

Icon Kamus LINE 
 3. Camscanner

Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi untuk memindai dokumen. Sempat tidak masuk kuliah? Tenang, tinggal foto catatan teman lalu edit deh pake Camscanner. Bebas mau disimpan dalam bentuk .jpg atau .pdf supaya seperti ebook. Gak perlu fotokopi lagi. Paperless bukan?

Icon camscanner

Screenshoot aplikasi Camscanner 4. Google Calendar
 Ini adalah aplikasi yang cocok buat kamu yang pelupa atau tipe orang yang terjadwal. Aplikasi ini adalah aplikasi bawaan disetiap HP Android, namun sedikit sekali yang menggunakannya. Padahal kita bisa mencatat jadwal ujian, membuat reminder, dll. Selain itu aplikasi ini dapat di sinkronkan dengan PC karena menggunakan akun Google.

icon Google Calendar

Screenshoot Google Calendar 
 5. Scribd

Aplikasi yang satu ini merupakan kumpulan file, dokumen, dan ebook. Mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar. Terkadang kita bisa menemukan ebook yang dijadikan buku referensi kuliah secara gratis. Bahkan ada juga paper-paper dari jurnal terkenal yang di-share disana.

Icon Scribd

Screenshoot Scribd 
 6. Medium

Hobi baca? Nah, kalo kamu suka baca, aplikasi ini sangat recomended buat kamu. Disana banyak tulisan-tulisan dari penulis-penulis hebat yang bisa kamu baca secara gratis. Kamu tinggal pilih lingkup apa yang kamu sukai. Saat merasa lagi luang, atau lagi nunggu angkot gara-gara ngetem, cocok banget kamu baca-baca artikel dari aplikasi ini untuk menambah wawasanmu.

Icon Medium

screenshoot Medium
7. Endomondo

Menjaga tubuh agar selalu bugar sangat diperlukan. Dengan segala aktivitas mahasiswa yang seabrek banyaknya, secara tidak langsng menuntut kita untuk selalu fit. Terus apakah aplikasi ini bisa membuat kita fit? Jawabannya tidak, jika kita cuma sekadar download dan scroll smartphone. Supaya aplikasi ini bekerja dan berguna maka kamu harus bergerak. Aplikasi ini membantu kamu untuk memantau olahraga yang telah kamu lakukan. Ada beberapa jenis olahraga yang dapat kita pantau pakai aplikasi ini yaitu berlari, berjalan, bersepeda, renang, dll.

Aplikasi ini akan memberitahukan berapa jarak yang sudah ditempuh, durasi, kalori yang terbakar, besar dehidrasi, catatan track, dll. Kamu tidak perlu beli band atau gelang semacam Nike+, cukup dengan memakai smartphone-mu saja.

icon Endomondo

screenshoot ***

Aplikasi-aplikasi di atas membuktikan bahwa hanya dengan smartphone kita bisa melakukan apa saja. Tinggal kita mau memanfaatkan segala kecanggihan yang ada untuk kebaikan kita, atau malah akan kita gunakan untuk sebaliknya.

Pengguna smartphone yang rugi adalah mereka yang menggunankannya untuk media sosial saja.

Sumber gambar: Google Playstore


Originally published at rigtra.blogspot.co.id on January 4, 2016.