Cara Mengobati Gatal Di Selangkangan Pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Gatal Di Selangkangan Pada Ibu Hamil_ Masalah gatal-gatal Yang keluar bintik berair pada kulit Tangan atau jari tangan? sebagian orang pernah mengalaminya, Gatal bintik pada tangan atau sel jari tangan sangat mengganggu rutinitas anda sehari-hari jika gatal tidak segera diobati gatal akan sembakin bertambah parah. Pada umumnya rasa gatal pada Tangan disertai dengan permukaan kulit yang kering terjadi karena dipicu oleh beberapa faktor, seperti alergi terhadap makanan tertentu, obat-obatan, iritasi detergen dan produk kosmetika.

Cara Mengobati Gatal Di Selangkangan Pada Ibu Hamil

Penyebab Lain Dari Penyakit Gatal

Akibat Jamur

Beberapa jamur tampak sangat khas, terutama yang tumbuh di daerah selangkangan. Cirinya adalah merah kecoklatan kadang terlihat sampai kehitaman dengan batas yang tegas seperti berbentuk pulau. Ada yang tampak bersisik atau mengelupas. Jamur ini akan terasa sangat mengganggu dan timbul keinginan untuk menggaruk dibagian selangkangan apabila area ini terkena keringat saat beraktivitas.

Intertrigo

Orang yang terkena Intertrigo biasanya berbadan gemuk, daerah selanglangan panas, dan lembab. Intertrigo bisa dilihat dengan ciri kulit kemerahan, rasa terbakar, dan terjadi gatal-gatal pada lipatan kulit, lipatan paha. Merupakan peradangan pada kulit (dermatitis) yang hanya mempengaruhi lipatan

Akibat Infeksi Bakteri

Ada beberapa orang yang mengalami iritasi atau kulit meradang menjadi kemerahan. Hal ini juga rentan terhadap infeksi. Apabila telah terjadi infeksi bakteri, maka gatal diselangkangan akan semakin terasa dab kulit menjadi berwarna kemerahan, dan kadang timbul nanah. Jika infeksi semakin parah, penderita akan terasa nyeri dan demam.

Akibat Scabies

Selangkangan gatal dan terjadi iritasi juga bisa disebabkan oleh kutu Sarcoptes scabei. Tempat yang disenangi oleh si kutu ini adalah pada sela-sela jari, perut, dan daerah selangkangan. Puncak rasa gatal terjadi pada malam hari.

Akibat Reaksi alergi

Penggunaan sabun, shampoo, krim atau salep sebagai cara membersihkan badan bisa menjadi salah satu faktor mengapa selangkangan bisa menjadi gatal, berdaki dan berjamur. Kadang tidak disadari bahwa obat-obatan yang akan digunakan untuk mengatasi jamur pada selangkangan malah menjadikan lebih parah karena terjadi reaksi alergi sehingga kulit menjadi lebih gatal, tampak kemerahan bahan hingga kehitaman.

Akibat Infeksi Jamur

Gatal diselangkangan salah satu yang terbanyak adalah karena infeksi jamur. Istilah medisnya adalah tinea cruris. Karena kebersihannya yang kurang dijaga maka jamur akan mudah tumbuh pada selangkangan. Jamur sangat mudah tumbuh di daerah lembab seperti daerah selangkangan.

Baca Juga : Cara Mengobati Gatal Di Selangkangan Secara Herbal

Penyebab Gatal di Selangkangan

Sebelum membahas obat gatal selangkangan, kenali dulu penyebabnya, salah satu penyebab utama dari gatal pada area selangkangan adalah berasal dari diri kita sendiri, kurangnya rasa kesadaran dalam membersihkan diri. Berikut adalah beberapa penyebab gatal di selangkangan:

Infeksi Jamur

Salah satu penyebab yang paling sering muncul adalah infeksi jamur. Hal ini dikarenakan jamur mudah tumbuh pada area selangkangan sebab pada area ini cukup lembap dan apabila kurang memiliki kesadaran dalam kebersihan.

Infeksi Bakteri

Apabila kulit mengalami iritasi maka akan mudah terinfeksi, salah satu yang mungkin adalah terinfeksi bakteri yang biasanya ditandai dengan gatal pada area selangkangan dan kulit kemerahan, dan juga muncul nanah. Bahkan yang paling parah bisa mengakibatkan demam dan rasa nyeri.

Alergi

Alergi pada tubuh bisa disebabkan oleh reaksi kimia seperti pada sabun, krim, detergen, salep, pelembut kain, penyemprot tubuh, dan lainnya. Hal ini memungkinkan untuk timbulnya rasa gatal pada selangkangan dan juga menyebabkan ruam.

Scabies

Penyebab dari gatal pada area selangkangan ini adalah scabies yang disebabkan oleh kutu. Salah satu tempat favorit dari kutu ini adalah pada area kulit tipis yakni kulit pada celah — celah jari, perut, dan selangkangan. Hal ini ditandai dengan rasa gatal pada kulit dan terutama pada saat malam hari, bahkan anggota keluarga lain atau teman yang tinggal satu rumah pun ikut kena.

Radang Pada Kulit

Hal ini merupakan peradangan pada kulit yang hanya terjadi pada lipatan — lipatan kulit. Hal ini terjadi hanya jika kulit terinfeksi oleh gesekan dengan pakaian atau bahkan dengan kulit juga, dan yang paling buruk adalah karena lembap dan juga panas.

Cara mengatasi gatal di selangkangan :

Cara mengatasi gatal di selangkangan :

1. Menjauhi Makanan Pemicu Alergi

Mempunyai riwayat alergi seharusnya menjadikan Anda lebih waspada dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi. Ketika mengonsumsi makanan yang merupakan alergen tersebut, ada kemungkinan gatal tak hanya muncul di selangkangan saja, namun juga di punggung, leher, tangan bahkan hingga kaki.

2. Mandi Teratur

Hal yang sangat penting dan sering di anggap biasa saja padahal berdampak besar dalam penyakit kulit terutama gatal pada selangkangan yaitu mandi dengan teratur, mandi yang teratur bisa membunuh bakteri, jamur dan faktor penyebab lainya, biasakan sehari minimal mendi 2 kali, sebelum beraktifitas dan sesudah aktifitas.

3. Membilas dengan Air Garam

Bila ingin hasil yang memuaskan dalam mengatasi dan mengobati gatal di selangkangan, cobalah untuk memakai air garam untuk membilas bagian yang gatal-gatal. Gatal dan bakteri serta jamur yang menyerang area tersebut akan dilawan oleh kandungan antibakteri pada garam. Saat sesudah mandi atau kapanpun Anda mau, pakailah cara ini.

4. Menggunakan Bawang Putih

Sifat antibakteri dari bawang putih sangat kuat dan karena itulah Anda mampu memanfaatkannya sebagai salah satu obat gatal alami untuk meredakan gejala gatal secara instan.

Bila rasa gatal terus-terusan terasa begitu mengganggu, jangan ragu untuk menggunakan bawang putih demi meredakannya. Cukup dengan menyediakan 2–3 siung yang dikunyah-kunyah dan ditelan sudah akan dapat dirasakan hasilnya. Jika berani dengan rasa panasnya, buatlah menjadi bentuk pasta lalu aplikasikan ke area selangkangan yang kemudian ditutup dengan kain bersih. Tak perlu khawatir akan bahaya bawang putih mentah karena khasiatnya jauh lebih besar.

5. Menggunakan daun sirih

Cara mengatasi gatal di selangkangan menggunakan daun sirih sebagai berikut : Ambilah 10 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih, gunakan 5 lembar untuk digosok-gosokkan ke bagian yang gatal, dan 5 lembar sisanya direbus selama 2 sampai 5 menit. Cara penggunaannya cukup mudah, setiap 1 lembar daun sirih digunakan untuk 1 kali gosokan pada daerah yang gatal lalu buang daun sirih daun sirih yang telah dipakai kemudian ganti daun sirih yang baru dan begitu seterusnya.

Untuk konsultasi Dan Pemesanan Silahkan Anda Hubungi Kontak Kami

Call Center