Tugas Menulis Akarumput 1

Rasanya menyenangkan ketika melihat video-video singkat di beberapa media sosial, komedi pelajar tentang keseharian di sekolah, cukup bernostalgia. Stop motion ataupun video yang mempresentasikan profil sekolah, dsb. Hasil dari kreatifitas dan kemajuan dalam penggunaan teknologi. Ketika para pelajar tersebut memanfaatkan akses internet dan teknologi untuk berkreatifitas, menyebarkan hal-hal positif seperti info kegiatan lomba, kegiatan sosial, dll.

Bahwanya di tengah ramainya perbincangan pelajar sekarang mah gitu; ‘kebobrokan nilai’ pelajar masa kini, realitanya masih banyak adik-adik yang aktif berkutat dengan hal-hal positif. Masih jelas di memori saya ketika semester tujuh lalu harus praktik mengajar di salah satu sekolah negeri, sempat ada beberapa kekhawatiran yang tanpa sadar terbentuk dari judgement bahwa pergeseran nilai pelajar kini yang semakin turun. Malu, rasanya malu, tanpa sadar sudah berfikir begitu dahulu. Realita yang di sugguhkan oleh adik-adik pelajar nyatanya menjadi kenangan yang membuat saya salut dan bangga.

Mereka sopan, dan santun. Mereka bahkan mengorganisir kegiatan futsal antar kelas dan angkatan dengan rinci, dengan laporan pertanggung jawaban, memanfaatkan media sosial sebagai media publikasi, dan dokumentasi untuk kenang-kenangan yang dapat di akses semua. Wah keren. Mereka juga aktif ketika membantu kegiatan memotong daging qurban, pemandangan dimana mereka aktif dan berinisiatif menimbang daging, dsbnya. Tingkat sekolah menengah ke atas sudah aktif begini, bayangkan kalau mereka kemudian terjun di tengah masyarakat.

Olehnya, sepakat dengan pemikiran Henry Adam, penting untuk menjaga dan mengarahkan para pelajar tersebut agar semakin aktif dan berkreasi. Tanggung jawab bersama. Lebih meramaikan pembicaraan yang positif atas prestasi dan keaktifan pelajar di masa kini - bisa jadi menginspirasi pelajar lainnya. Pemberitaan prestasi-prestasi pelajar di media sosial ataupun berita sehingga yang tidak tahu jadi tahu, yang malu jadi ingin mencoba juga. Berbagi mengenai info beasiswa, info melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Agar kedepannya mereka tau bahwa mereka punya kesempatan untuk membangun lingkungan sekitarnya menjadi lebih baik, dan sadar bahwa keberadaan mereka penting untuk kemajuan bangsa. Mengutip ucapan Yusuf Kalla; Tidak ada suatu negara maju tanpa pendidikan yang keras. – dan pelajar adalah salah satunya yang dibutuhkan.

Semoga adik-adik semangat selalu dengan status pelajarnya,

Selamat hari pelajar!
One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.