Do The Right Thing

Di Indonesia, yang namanya solidaritas sangatlah dijunjung tinggi. Kita diajarkan untuk menjaga hati orang lain, menjaga perasaan orang lain. Tentu ini adalah hal yang baik, namun sayangnya, hal ini sering disalah artikan.

Sering kali kita tidak merasa enakan untuk mengingatkan teman kita, anggota tim kita untuk melakukan hal yang seharusnya mereka lakukan, hanya karena alasan ga enakan. Padahal itu hal yang benar untuk dilakukan, itu hal yang baik untuk membuat teman kita tersebut jadi bertanggung jawab, dan membuat hasil dari kerjaan tim pun jadi lebih baik.

“Bro, tolong kerjain X ya” 
“Ok Bro”
… Setelah 2 hari …
“Duh, dia ga selesai2, ga ada kabar. Udahlah gw aja yang kerjain tugasnya”

Seberapa sering kita menemukan kasus-kasus seperti di atas?

Itu pun tak hanya berlaku untuk orang lain, tapi juga sering kali terjadi dalam diri sendiri. Kita bermalas-malasan, mencari berbagai alasan untuk tidak melakukan hal yang seharusnya kita lakukan.

“Saya harusnya ngerjain X nih, tapi dari tadi pagi sudah kerja dan ada acara bagus di TV, sudah deh, nanti dulu saja kerjanya”

Sekali lagi, seberapa sering kita melakukan hal seperti itu?

Tak hanya itu, kadang kita lebih suka mencari informasi terus menerus, walaupun dalam hati kecil kita, kita tahu jawabannya dan tahu apa yang harusnya kita lakukan. Mencari informasi menjadi pelarian dari rasa malas/rasa ga enakan kita dalam melakukan hal yang benar.

“Mas, ini saya udah dapet deskripsi tugasnya. Tapi gimana cara kerjainnya yang efektif ya mas? Gimana supaya saya bisa dapat hasil bagus dalam waktu singkat ya? Kalau saya gagal gimana Mas?”


Ini sebenarnya pengingat untuk kita, dan terutama untuk diri saya sendiri. Sering kali rasa ga enakan, rasa malas, rasa ragu, rasa takut, itu semua muncul dalam hidup kita. Tapi jangan biarkan itu semua berlarut, ingat mantra ini:
Do the right thing — Lakukan hal yang benar

Jika ada masalah, HADAPI, jika ada tugas, KERJAKAN, jika merasa lelah, ISTIRAHAT CEPAT, jika waktunya diskusi, DISKUSI, jika ada anggota tim yang bermasalah, INGATKAN, jika masih bermasalah, TEGUR, jika terus bermasalah, BERIKAN SANKSI.

Banyak hal dalam hidup kita yang sebenarnya akan mudah dan lancar, jika kita semua ingat dan selalu melakukan hal yang seharusnya kita lakukan.

Ingat ya:
Do the right thing, lakukan hal yang benar dan lakukan hal yang memang seharusnya kita lakukan. Semoga kita semua bisa belajar dan sukses bersama, allahuma aamiin :)

~rizaherzego

#1minggu1cerita

….

Jika merasa tulisan saya bermanfaat, silakan di-share untuk menyalurkan manfaat ke orang lain. Jika ingin mendapatkan update tulisan saya, silakan follow akun medium ini, atau join channel saya di telegram (bit.ly/ZegoChannel), terima kasih :)