Tips Merawat Ayam Potong

steveleezacky
Feb 21 · 3 min read

Seperti bagi formula membudidayakan ayam petelur, ayam potong merupakan salah satu peluang bisnis yang teramat menjanjikan mengingat tidak sedikit pengguna Indonesia yang sangat membutuhkan daging ayam sembuh buat dikonsumsi sehari hari baik itu kadar rumahan atau buat restoran dan hotel.

Ayam potong atau lagi sering disebut bersama ayam pedaging atau ayam broiler yakni jenis ayam ras yang dapat tumbuh dgn teramat serta-merta di bandingkan bersama ayam kampungan dan sudah siap jual waktu berusia 1 bulan dengan berat lebih kurang 2 kg.

Usaha ayam potong itu tidak cuma bagus dijadikan bisnis sambilan namun semula serasi dijadikan mata pencaharian mutlak sebab profit akbar yg mampu didapat mulai sejak usaha ini. Namun butuh didapati jikalau trik mengurus ayam potong dgn baik dan absah berbeda bersama resep mengembangbiakkan ayam kampung atau kategori ayam lainnya.

Ayam potong lebih rentan menggondol keluhan karena daya tahan tubuh ayam potong yg lebih borok di bandingkan kategori ayam yang lain biar anda mampu berhasil berikut ini ana memberi resep kumplit dalam menangani ayam potong sbg tutorial anda.

Persiapan Lahan

Tidak sama dgn formula menjalankan ayam tandingan muda angkah pertama yang mesti dipersiapkan dalam menernakkan ayam potong adalah menubuhkan lahan dan kandang yg ideal bagi ternak ayam potong. Kandang mesti berlokasi jauh awal pemukiman namun tambah enteng diraih dengan transportasi, mempunyai sumur air, dekat dgn kedai peralatan ternak dan arah kandang yg dibangun mulai sejak timur ke barat. tidak hanya itu, persebaran udara dalam kandang harus selalu baik biar kepentingan oksigen dalam kandang mampu tercukupi dengan baik. sedangkan temperatur masih harus disesuaikan dgn umur asal ayam potong.

Penentuan Bibit

pada mulai sejak membudidayakan ayam potong, penentuan benih menjadi faktor yang penting kepada dilakukan. Sebaiknya, beli anak cucu ayam potong awal supplier yg dapat dibeli per box dgn isi 100 ekor anak ayam bersama kompensasi seputar 2 hingga 5 belakang anak ayam per box. guna paham keistimewaan benih ayam potong favorit sanggup diliat alamat wujud badan yang bulat sigap ketika mencari jalan bagian mata beragam bening hidung dan anus yang bersih dan bulu utuh sedang tidak mempunyai cacat.

Kategori Kandang

Buat jenis kandang ayam potong yg tidak sedikit digunakan sekitar budidaya ayam pedaging yakni kandang ajang litter atau melantai tiap-tiap jenis kandang ini memiliki kebaikan dan kesalahan masing masing yg mampu disesuaikan dgn kebutuhan.

Untuk kandang panggung akan membuat ayam lebih bersih semenjak kotoran karena kotoran bakal segera luntur ke wilayah namun bayaran terhadap membuatnya terbilang pass mahal di bandingkan bersama type lainnya.

Guna tipe kandang litter atau tegel mengedepankan perawatan yg jauh lebih sulit dikarenakan tiap-tiap kali panen maka seluruhnya alas haruslah diganti dan dikeringkan buat melenyapkan kotoran yang mengendap.

Berikan air Gula Merah

Menurunkan cairan gula merah teramat mutlak terhadap DOC ayam potong supaya bisa berenergi. Dalam gula merah mengandung glukosa yang mampu membuat ayam tidak lemas sekalian lebih berenergi supaya tetap bisa berjuang dgn lincah larutan gula merah ini sanggup diberikan terhadap anak ayam potong sebelum dimasukkan ke dalam kandang litter yg telah disiapkan.

Tambahkan Lampu

Untuk melindungi keamanan anak ayam potong, maka tambahkan bersama lampu pada kandang yang bermanfaat kepada menghindari ayam dari serangan satwa lain atau hama seperti tikus, ular dan sebagainya yg harus terus dilakukan dalam rumus ternak ayam kalkun.

terkecuali itu, penambahan lampu dalam kandang serta bermaksud agar badan anak ayam konsisten hangat borong menolong penglihatan anak ayam disaat malam lantaran ayam yaitu satwa yang rabun senja.

Tambahkan Brooder

Anak ayam potong memerlukan penghangat yg berguna guna menghangatkan tubuh sehingga temperatur brooder harus diatur dengan baik agar tak terlampaui dingin namun terus tidak terlalu panas. Brooder ini amat penting khususnya kalau menernakkan ayam potong di masa hujan lantaran cuaca ekstrem yang berjalan dapat membuat ayam sakit, merasa kedinginan dan melemahkan daya tahan tubuh ayam.