Pengalaman Bermain Game Mobile

Game yang dulu pernah saya mainkan di HP Motorola C333 dengan layar hitam putih adalah game balap moto gp dan game kartu snood21. Itu adalah hp pertama yang saya punya pemberian dari kakak saya. Walaupun berlayar hitam putih dan ukuran layarnya kecil, tapi bermain game di hp itu cukup menyenangkan. Selain itu, saya juga pernah bermain game yang sangat populer di zamannya, yaitu snake dan space impact.

Moto GP, Snood21, Space Impact

Setelah itu, saya membeli HP java Nokia 2626, dengan hp ini saya mulai mengenal game java. Saya mendapatkan game-game java tersebut dengan cara mendownload, saat itu juga saya mengenal cara setting internet di hp. Biasanya saya mendownload game-game itu di waptrick.com atau situs lainnya. Ukuran game java tersebut mulai dari 60KB hingga 150KB, hp ini kurang mendukung game yang ukurannya lebih dari 200KB. Selain itu, saya juga mempelajari resolusi layar yang ada di hp, hp nokia ini memiliki resolusi layar 128x128 piksel. Game yang biasa didownload adalah games dari gameloft, glu dan ea mobile. Walaupun ukuran memori hp ini sangat kecil, tapi bisa menampung hingga 10 game java. Saya sangat menyukai game action Prince of Persia yang saya install di hp ini.

Asphalt, Prince of Persia, Mission Impossible 3, Zombie Infection

Saya juga pernah bermain games di hp symbian nokia n70, gamesnya tidak terlalu jauh berbeda dari game java biasa. Dengan ukuran layar yang lebih besar dari nokia 2626, pastinya bermain game java di hp ini lebih menyenangkan. Resolusi layar hp ini adalah 176x208 atau QCIF. Selain itu, memori yang dimiliki hp ini lebih besar sehingga jumlah game yang dapat diinstall menjadi lebih banyak. Sebenarnya ada juga game berbasis symbian, tapi saya kurang menyukai itu dan lebih menyukai game dengan format java.

Di hp samsung champ saya merasakan pengalaman bermain games yang baru karena mengandalkan layar sentuh. Awal saya menggunakannya, ada tombol virtual untuk membantu pengoperasian apps atau game yang sedang dijalankan karena sebenarnya tidak semua apps dan games mendukung layar sentuh. Setelah beberapa lama kemudian, saya menemukan format game java yang mendukung touch screen dan berorientasi landscape. Resolusi layar hp ini adalah 240x320 piksel atau QVGA. Walaupun layar yang digunakan masih berjenis resistive yang artinya perlu sedikit tekanan dalam penggunaannya, belum berjenis kapasitif yang bisa digunakan hanya dengan mengusap layar seperti kebanyakan smartphone sekarang, tapi respon layar cukup baik sehingga tidak mengurangi pengalaman bermain game. Game yang sangat saya suka saat menggunakan hp ini adalah Alien Quarantine.

Alien Quarantine, Gangstar, Ghost Recon, Nova 3

HP android yang pertama kali saya punya adalah smartfren andro max 3.5 dengan hardware yang terbilang cukup pada zamannya, tapi tak disangka bisa memainkan game hd seperti modern combat 4. Smartphone ini memiliki bentang layar 3.5 inch dengan resolusi 320x480 atau HVGA. Akhirnya di HP ini saya bisa bermain game favorit saya yaitu Resident Evil 4 yang sebelumnya saya mainkan di ipad milik teman saya. Smartphone Meizu M2 yang saya pakai sekarang memiliki spesifikasi yang sudah lebih baik dan bisa memainkan banyak game HD.

Resident Evil 4, Modern Combat 4, Temple Run 2, Angry Birds 2
One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.