12 CARA MENGOBATI AMBEIEN KELUAR DARAH

Ambeien atau wasir bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti akibat mengejan terlalu keras, atau terlalu lama duduk. Umumnya, ambeien tidak berbahaya dan dapat sembuh sendiri atau dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Ada beberapa pilihan cara mengobati ambeien, mulai dari yang sederhana hingga dengan prosedur operasi.

Berbagai cara mengobati ambeien

1. Pola hidup sehat
Mengonsumsi makanan berserat tinggi dan minum 8–10 gelas air per hari dapat membantu Anda mengatasi gejala ambeien. Dengan begitu, gerakan usus lebih lembut dan teratur, sehingga akan membantu Anda menghindari ketegangan yang dapat memperparah gejala ambeien.

Makanan yang mengandung serat tinggi bisa Anda dapatkan dari buah-buah, sayuran, dan biji-bijian. Tambahkan serat ke makanan Anda secara perlahan untuk menghindari masalah dengan gas.

Olahraga yang teratur juga dapat membantu mencegah gejala ambeien semakin memburuk. Lakukan olahraga yang sederhna seperti jalan cepat 20–30 menit setiap hari.

2. Sitz bath
Sitz bath adalah mandi air hangat dengan merendam daerah anus Anda dalam air hangat. Rendam kurang lebih 10–15 menit, 2–3 kali sehari dan lakukan dengan teratur.

Sitz bath dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat ambeien. Pastikan Anda mengeringkan area anus dengan benar setiap selesai melakukan sitz bath. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan kelembapan yang dapat mengganggu kulit di sekitar anus.

3. Obat-obatan
Salah satu cara mengobati ambeien yang cukup populer adalah dengan obat-obatan. Dokter Anda mungkin merekomendasikan krim, salep, atau supositoria (diberikan dengan cara dimasukkan ke lubang dubur). Produk ini mengandung bahan-bahan seperti hydrocortisone dan lidocaine yang dapat mengurangi gatal, rasa sakit, atau pembengkakan.

Dokter mungkin juga akan memberikan obat penghilang rasa sakit seperti aspirin, ibuprofen, dan paracetamol. Ini bisa dikonsumsi untuk sementara membantu meredakan rasa sakit Anda. Obat pereda nyeri tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang.

4. Gunakan bantal
Duduklah di atas bantalan yang empuk, jangan di permukaan yang keras. Ini akan meredakan pembengkakan akibat ambeien dan dapat membantu mencegah pembentukan ambeien baru.

5. Menjaga kebersihan daerah anus
Jaga agar daerah anus tetap bersih dengan mandi setiap hari. Bersihkan kulit di sekitar anus Anda dengan lembut dan sebaiknya dengan air hangat. Pastikan juga daerah anus Anda tidak terlalu lembap. Hindari menggunakan tisu yang mengandung alkohol atau parfum.

6. Kompres air dingin
Kompres dengan es yang dibungkus handuk bersih atau kompres dengan air dingin pada daerah anus Anda, terutama ketika rasa sakitnya sedang kambuh. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri.

7. Trombektomi ambeien eksternal
Jika gumpalan darah yang menyakitkan (trombosis) terbentuk di dalam ambeien eksternal, dokter Anda akan melakukan sayatan dan drainase sederhana, untuk menghilangkan gumpalan darah. Prosedur ini paling efektif dilakukan dalam waktu 72 jam setelah berkembangnya gumpalan darah.

8. Ligasi pita karet
Dokter akan mengikat satu atau dua pita karet kecil di area sekitar ambeien internal untuk memotong aliran darah. Tanpa aliran darah, ambeien akan terlepas setelah seminggu menjalankan prosedur ini.

Cara mengobati ambeien yang satu ini efektif untuk banyak orang dan tidak memerlukan pembiusan. Pasien dapat kembali beraktivitas normal keesokan harinya. Rasa tidak nyaman, nyeri, dan perdarahan mungkin akan muncul 2–4 hari setelah melakukan prosedur ini. Namun, ini jarang menyebabkan keparahan.

9. Suntikan (skleroterapi)
Pada prosedur mengobati ambeien ini, larutan kimia khusus akan disuntikkan ke dalam jaringan ambeien untuk mengecilkannya. Suntikan ini akan menghilangkan rasa sakit dengan membuat ujung saraf menjadi mati rasa pada lokasi penyuntikan. Setelah sekitar satu setengah bulan, ukuran ambeien akan mengecil atau menyusut.

10. Koagulasi dengan inframerah, laser atau bipolar
Teknik koagulasi menggunakan sinar laser atau inframerah dapat dilakukan untuk membakar jaringan ambeien. Prosedur ini berfungsi untuk memotong aliran darah.

Namun, prosedur ini juga dapat membuat ambeien muncul kembali (kambuh) jika dibandingkan dengan prosedur ligasi pita karet. Selain itu, prosedur ini dapat menyebabkan sedikit rasa tidak nyaman.

11. Prosedur operasi
Operasi ambeien akan disarankan jika Anda sudah menempuh segala cara untuk mengobati ambeien tapi tidak berhasil. Operasi ambeien akan dilakukan untuk ambeien eksternal yang besar dan ambeien internal yang telah keluar dari dinding rektum ke anus. Ada dua prosedur operasi ambeien, yaitu:

Hemoroidektomi
Hemoroidektomi adalah cara mengobati ambien berat dan kambuhan yang paling efektif. Hemoroidektomi akan mengangkat jaringan berlebih yang menyebabkan perdarahan. Operasi ambeien ini dapat dilakukan dengan anestesi lokal yang dikombinasikan dengan obat penenang, anestesi spinal, atau anestesi umum.

Kebanyakan orang akan mengalami rasa sakit setelah operasi ambeien ini. Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk mengatasinya. Waktu pemulihan biasanya sekitar 2 minggu, tapi mungkin bisa lebih lama sekitar 3–6 minggu untuk beraktivitas normal.

Hemorrhoidopexy (juga disebut sebagai stapling) adalah prosedur menjepit ambeien yang keluar dari dinding rektum (dubur) ke anus sehingga dapat kembali ke tempatnya di dalam rektum Anda dan memotong aliran darah sehingga jaringan akan menyusut dan diserap kembali.

Waktu pemulihan operasi ambeien ini lebih cepat dari hemoroidektomi. Anda juga bisa kembali bekerja lebih cepat, yaitu sekitar tujuh hari setelah pelaksanaan operasi untuk mengobati ambeien ini. Prosedurnya juga tidak terlalu menyakitkan.

12. Obat Ambeien Alami Ambejoss
Bagi Anda yang memiliki kesibukan dan tidak sempat mengumpulkan hingga mengolah ramuan obat ambeien alami diatas, kami menjual obat wasir alami bernama Ambejoss dan Zaitop De Nature yang berbahan ekstrak tumbuhan Alami. Dengan bahan tumbuhan khas pengobatan wasir ambeien dan dikemas lebih praktis dalam cangkang kapsul label Halal dari MUI, serta sudah terdaftar di BPOM.