OBAT AMBEIEN AMPUH TANPA HARUS OPERASI

Ambeien atau wasir sering menjadi penyakit yang diderita banyak masyarakat. Lihat saja dari banyaknya obat ambeien yang dipubikasikan di televisi ataupun media media cetak. Ambeien merupakan suatu penyakit atau gangguan pada anus, di mana bibir anus atau phinchterani mengalami pembengkakan dan kadang-kadang disertai dengan pendarahan ketika mengejan.

Ambeien bisa disebabkan oleh berbagai banyak hal, salah satunya akibat mengejan (ngeden) terlalu keras, terlalu banyak duduk, hingga bisa terjadi karena faktor keturunan. Salah satu cara untuk mengobati ambeien adalah dengan menggunakan obat dari dokter, atau cara terakhirnya ialah pengangkatan wasir melalui prosedur operasi. Namun, adakah obat alami untuk penderita ambeien? Mari simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Bahan alami untuk obat ambeien

1. Cuka apel
Menggunakan cuka apel adalah salah satu cara mengobati ambeien yang banyak ditemui. Caranya cukup dengan merendam kapas pada sari cuka apel, lalu oleskan perlahan ke daerah wasir. Ulangi proses ini sampai peradangan menghilang dan rasa sakit mereda. Anda juga bisa mencampurkan air dengan cuka apel saat membilas bagian anus ketika Anda mandi.

2. Lidah buaya
Lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung zat sifat anti inflamasi. Dengan rasa gel yang sejuk, lidah buaya juga dapat menjadi obat ambeien alami yang menenangkan dan melemaskan pembuluh darah meradang sekaligus mengurangi ukuran ambeien tersebut.

Sedangkan kandungan arakuinon pada lidah buaya, mampu mengencangkan dinding saluran pencernaan dan mendorong isi usus keluar lebih lunak. Hal ini membuat lebih kotoran tinja pada usus akan lebih mudah bergerak mencegah penyumbatan yang akan menyebabkan ambeien.

3. Bawang putih
Bawang putih atau allium sativum, ternyata juga bisa menjadi obat alami ambeien. Bawang putih sangat kaya belerang, antara lain mengandung asam amino, mineral dan enzim seperti allinase, peroksidase dan myrosinase. Tumbuhan ini juga memiliki zat anti inflamasi, antibakteri, zat dan detoksifikasi.

Pada asam amino yang disebut alliin, ketika bawang putih dihancurkan, alliin diubah menjadi allicin oleh enzim, allinase. Allicin jni bertanggung jawab sebagai zat antibakteri yang ampuh untuk menghilangkan bau. Fungsi bawang putih untuk ambeien juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menghancurkan berbagai bakteri usus, dan melindungi pembuluh darah.

Untuk mengobati ambeien, bawang putih bisa dioleskan langsung ke daerah yang terkena ambeien, atau juga dapat dimakan secara mentah.

4. Kulit pohon ek putih
Mungkin Anda jarang mengenal nama kulit ek putih, tapi jika Anda mencari di toko herbal, ek putih mudah untuk ditemukan. Obat ambeien yang satu ini berasal dari kulit kayu ek yang berwarna putih dan dikenal dengan nama quercus alba. Tanaman ini memiliki kandungan zat kuat yang berguna untuk mengobati wasir internal dan eksternal.

Kulit kayu ek putih memiliki sifat antiseptik, tonik, dan hemostatikk yang mampu menyembuhkan ambeien pada tingkatan parah hingga ambeien tesebut mengeluarkan darah. Tingginya kandungan kalsium dan tannin dari kulit kayu ek dapat memperkuat kapiler usus dan menjaga jaringan lunak dari rektum yang terdapat pada lubang anus. Selain itu, ekstrak kulit kayu ek putih memiliki efek pembersihan pada permukaan mukosa yang bengkak dan sakit, sehingga efektif untuk menghilangkan setiap gatal dan iritasi yang disebabkan oleh ambeien.

Kulit pohon ek putih biasanya direbus atau dikukus untuk menghasilkan cairan yang dapat dioleskan pada daerah anus yang terdapat ambeien atau dijadikan teh herbal untuk menyembuhkan wasir.

5. Akar batu
Akar batu juga dikenal dengan nama collinsonia canadensis. Racikan minuman tanaman akar batu ini dapat bermanfaat untuk mengurangi ambeien dan mengurangi tekanan yang terlalu besar pada pembuluh darah pada bagian anusr. Efek ini mengurangi peradangan wasir dan bahkan bisa mencegah varises.

Tanaman ini juga dikenal dengan sifat zat diuretik, antioksidan, antispasmodic, astringent, tonik dan sifat sedatif. Zat tersebut berguna untuk melindungi dan memperkuat lapisa usus serta pembuluh darah pada dinding anus. Cara pemakaiannya, ekstrak air akar batu yang telah direbus dapat dioleskan langsung pada anus yang ambeien.

Hemoroid adalah bagian vena yang berdilatasi dalam anal kanal. Hemoroid juga biasa terjadi pada wanita hamil, tekanan intra abdomen yang meningkat oleh karena pertumbuhan janin dan juga karena adanya perubahan hormon menyebabkan pelebaran vena hemoroidalis. Pada kebanyakan wanita, ambeien atau wasir yang disebabkan oleh kehamilan merupakan wasir temporer yang berarti akan hilang beberapa waktu setelah melahirkan.

Jenis Ambeien atau Wasir
Ambeien atau wasir diklasifikasikan menjadi dua tipe yaitu Wasir dalam yaitu Wasir yang terjadi diatas stingfer anal sedangkan yang muncul di luar stingfer anal disebut Wasir luar. Silahkan baca juga mengenai Cara Mengobati BAB Berdarah.

Ambeien Pada Ibu Hamil
Lalu bagaimana jika ambeien terjadi pada ibu yang sedang hamil? Pada masa kehamilan, kadar hormon progesteron pada Ibu hamil akan meningkat. Meskipun hormon tersebut bermanfaat untuk memperkuat atau menahan janin di dalam rahim. Hormon tersebut juga dapat menghambat gerak peristaltik otot pencernaan. Yang memiliki fungsi untuk melancarkan perjalanan makanan dari saluran pencernaan menuju saluran pembuangan. Ukuran janin yang makin besar. Seiring dengan usia kehamilan, janin dan rahim pun akan ikut membesar. Yang mengakibatkan terjadinya tekanan pada rongga perut dan panggul.

Gejala Atau Tanda Ambeien
Beberapa gejala yang sering terjadi pada penderita ambeien adalah sebagai berikut:

Terjadi pendarahan di dubur. Darah yang keluar bisa berupa tetesan, namun juga bisa mengalir deras. Darah tersebut berwarna merah muda dan pada saat BAB Keluar Darah, penderita biasanya tidak merasakan sakit.
Meningkatnya keinginan BAB. Terjadi peningkatan keinginan BAB meski jika dituruti kotoran tidak keluar. Dan malah pemperparah benjolan yang ada.

Rasa Mengganjal. Setelah BAB (buang air besar), seperti ada sensasi rasa mengganjal yang mengesankan bahwa proses BAB belum berakhir. Akibatnya, penderita mengejan lebih kuat, di mana tindakan ini justru membuat ambeien semakin parah. Gejala yang sering alami adalah nyeri,gatal pada bagian anus,keluar cairan,sulit buang air besar. Dan bahkan seringkali terjadi pendarahan pada saat buang air besar.