5 Pertimbangan Sebelum Membeli Kredit Motor Honda

Sebelum melakukan pengambilan kredit motor Honda ada baiknya memahami tata cara mengajukan kredit ini agar memudahkan motor untuk dibawa pulang. Tidak dapat dipungkiri bahwa kendaraan roda dua adalah salah satu jenis kendaraan pribadi yang begitu dibutuhkan di tanah air. Jika di negara lain memiliki kendaraan pribadi mendapatkan beban pajak yang lumayan tinggi sehingga peminat dan pemiliknya terbatas. Sementara di negara Kita, kondisi sebaliknya terjadi sehingga pasar untuk kendaraan bermotor sangat besar.

Hampir sepanjang jalan dari ujung Sabang hingga Merauke Kita bisa dengan mudah menjumpai pemilik kendaraan roda dua. Melaju di jalanan, dan bahkan di beberapa kota besar kemacetan terjadi dan sebagian besar pengguna jalan adalah pengguna sepeda motor. Banyaknya pengguna sepeda motor, dan terutama dari tetangga di kanan dan kiri membuat siapa saja juga tertarik untuk memilikinya. Jika memiliki dana hanya sedikit maka ajukan pembelian secara kredit, termasuk untuk sepeda motor merk Honda.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat mengajukan kredit motor

Tertarik untuk membeli sepeda motor secara kredit maka sebaiknya dilakukan dengan penuh pertimbangan, mengingat Anda tengah memutuskan untuk berhutang. Pertimbangan tersebut adalah:

1. Memilih type motor sesuai dengan kebutuhan

Mengajukan hutang atau kredit untuk memiliki sepeda motor adalah alternatif termudah untuk bisa menggunakan motor baru. Namun usahakan memilih type motor sesuai dengan kebutuhan, termasuk kapasitas cc-nya, kekuatan mesinnya, daya tampung tangki bensin, dan lain sebagainya. Pastikan kendaraan roda dua yang dibeli dengan cara berhutang tersebut memang diperlukan dan digunakan sebagaimana mestinya.

2. Menghitung nilai angsuran rutin setelahnya

Usai pihak pembiayaan menyetujui pengajuan kredit yang telah diajukan, maka dealer Honda akan mengantarkan motor pilihan. Kondisi ini memungkinkan pembeli untuk bisa segera menggunakan sepeda motor tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Namun dibalik kemudahan mendapatkan motor baru di belakang angsuran rutin selama beberapa tahun wajib dibayar tepat waktu sesuai ketentuan. Maka akan sangat penting sekali jika mengetahui besarnya gaji dan kemudian diperhitungkan masih cukupkah untuk membayar angsuran. Lalu masih bisakah memenuhi kebutuhan hidup lainnya, jika sulit maka sebaiknya tunda keinginan membeli motor.

Baca Juga : Tips Jitu Mendapatkan Lowongan Kerja Sampingan

3. Memanfaatkan jasa marketing dealer

Mengajukan kredit motor bisa dikatakan lebih mudah mendapatkan persetujuan jika transaksi yang dilakukan dibantu oleh pihak marketing dealer. Tidak ada salahnya memilih dealer yang didalamnya ada marketing yang dikenal agar memberikan bantuan lebih. Jikalaupun dealer tersebut cukup jauh dari rumah Anda pun tidak perlu cemas sebab motor bisa diantar, BPKB, STNK, dan lain sebagainya pun bisa diantarkan. Asalkan proses pengajuan kredit lebih mudah maka tidak ada ruginya mempertimbangkan jasa marketing.

4. Memilih dealer yang lengkap

Sebelum membeli sepeda motor Honda maka akan jauh lebih baik jika memilih dealer yang juga menyediakan bengkel resmi. Sehingga penanganan pembelian motor dapat dilakukan pengecekan sejak awal hingga menyeluruh. Manfaatnya adalah motor yang diantarkan memang dalam kondisi bagus dan siap untuk digunakan sesuai dengan keperluan. Keuntungan lainnya ialah lebih mudah mengajukan klaim dan melakukan service berkala.

5. Menyediakan persyaratan kredit

Persiapan lain yang tidak boleh terlupakan ialah menyediakan segala kebutuhan persyaratan pengajuan kredit motor Honda sejak awal. Hal ini akan mempercepat proses peninjauan oleh pihak pembiayaan kredit sehingga bisa segera mendapatkan kejelasan. Motor yang diinginkan pun bisa segera diantarkan dan digunakan sesuai dengan tujuan awal pembelian. Konsultasikan dahulu bila perlu baru kemudian datang ke dealer untuk memilih motor impian.