Cara menghilangkan bau pada sepatu -pria tau wanita

Menggunakan sepatu sudah menjadi kebiasaan manusia untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Dari anak sekolah, pergi bermain dengan teman, jalan-jalan, hingga orang bekerja pun menggunakan sepatu. menggunakan sepatu juga dapat membuat kaki kita terhindar dari bahaya akan beling atau kotoran, selain membuat kaki kita terhindar dari bahaya menggunakan sepatu membuat lebih terlihat rapi dan juga bergaya dalam melakukan kegiatan.

Sepatu Pria Wanita
Sepatu Pria Wanita

Karena banyak kegiatan yang menggunakan sepatu setiap saat membuat kaki kita menjadi bau yang sangat tidak enak kompilasi aroma dari sepatu.

Saat kita melepas sepatu maka akan mengeluarkan aroma yang tidak enak jika tercium aromanya sehingga saat kumpul bareng teman atau mengunjungi kerabat kerabat atau keluarga jauh kita harus melepas sepatu kita, karena aroma yang tidak enak jika tercium baunya.

Maka dari itu kamu haruslah selalu menjaga kebersihan dari kaki, kaos kaki dan juga sepatu kamu.

Kenapa sepatu bisa bau?

Penyebab Sepatu Bau - Saat ini yang panas dan juga lembab, Tubuh kita menjadi berkeringat termasuk juga pada bagian kaki, menyebabkan kaki yang berkeringat membuat sepatu menjadi bau, menyebabkan sepatu lain bau bisa membuat kaki jadi kotor, kaos kaki atau sepatu menghasilkan aroma yang bau. Tapi kita pun bisa memperbaiki bakteri yang menempel di sepatu kita dengan membuat kaki kita tetap kering saat ingin memakai sepatu.

Karena itu kita harus tetap menjaga kebersihan dari kaki. Cuci hingga bersih terlebih dahulu sebelum ingin menggunakan sepatu agar terhindar dari kotoran dan bakteri yang tersimpan di kaki dan sepatu.

Jaga Kebersihan Kaki

Albert D 'Angelantonio, Garam dapat menyerap kelembaban kulit, dengan cara kita merendam kaki di udara dengan garam dan garam, maka itu akan menambah jumlah bakteri yang diperlukan pada kaki.

Cara membersihkannya cukup mudah, Siapkan udara hangat lalu isi garam sebanyak dua gelas, Lalu masukkan kaki hangat yang berisi garam selama 20 menit, kemudian keringkan kaki dengan handuk yang bersih sampai kering.

Lakukanlah cara ini setiap malam selama kunjungan.

Selain merendam kaki dengan air garam, Anda juga bisa menggunakan Teh / kopi, Cuka, Minyak Lavender, Garam Epsom, Obat Kumur, Soda Kue atau Lemon.

Selain merendam kaki dapat menghilangkan bau, merendam kaki juga dapat meredakan rasa pegal.

Jaga Kebersihan Kaos Kaki

Penyebab lain dari sepatu yang bau adalah kaos kaki, Pilihlah kaos kaki yang tepat yang dapat menyerap keringat, sebagiknya pilihlah kaos kaki yang berbahan spandek atau katun, karena ciri khas benang yang lembut dan nyaman, itu akan membuat Anda mendapatkan udara, atau kamu juga bisa bisa memilih kain jenis wol.

Jika menggunakan kaos kaki berbahan akrilik, bahan tersebut mudah panas dan tidak melekat keringat, mudah membuat kaki berkeringat, lembab dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Itulah sebabnya sepatu dan aroma kaos bisa mengeluarkan aroma yang tidak sedap jika terhirup aromanya.

Selain itu kaos kaki haruslah di cuci bersih, agar kaki kalian tetap bersih dan terbebas dari bakteri.

Jaga Kebersihan Sepatu

Setelah membersihkan kebersihan dari kaki dan juga kaos kaki, kita juga harus mengenakan, merawat dan membersihkan sepatu. Karena jika sepatu kamu bau dan kotor, maka kaki dan kaos kaki pun akan ikut bau dan kotor.

cara-menghilangkan-bau-pada-sepatu

Terlalu sering menggunakan sepatu, membuat sepatu menyimpan bakteri dan juga kotoran di sepatu telapak, sehingga sepatu yang sering digunakan akan menimbulkan bau yang tidak sedap, karena keringat meresap di bagian sepatu dan tidak menguap.

Solusinya, ganti dan cuci sepatu kamu yang sering digunakan. Bebas dua minggu sekali kalian cuci sepatu.

Untuk sepatu kerja di kantor yang menggunakan sepatu pantophel, Sepatu panthopel dapat digunakan di mesin cuci, hal ini dapat merusak jahitan dari sepatu panthopel tersebut. Oleh karena itu ada beberapa cara untuk menghilangkan bau pada sepatu.

Cara menghilangkan bau sepatu

- Kantong teh / Ampas Teh

Kantong teh atau ampas teh bisa menghilangkan bau pada sepatu, hal itu karena teh mengandung tanin yang dapat membunuh bakteri yang ada di sepatu dan juga dapat menghilangkan bau dari aroma sepatu yang tidak enak jika tercium (bahan dari polifenol yang asalnya dari tanaman).

Kalian dapat langsung mempraktekkannya, pertama siapkan udara menunggu hingga udara mendidih kemudian ambil kantongnya lalu dimasukkan ke dalam udara yang telah mendidih, biarkan selama 5 menit yang lalu angkat kembali kantong tehnya, buka kantung sepatu ini beraroma tidak sedap, boleh dan tunggu selama satu jam . Setelah satu jam kalian ambil kembali kantong tehnya dan bersihkan bekas ampas teh yang masih tertinggal dan menempel di sepatu.

Selain menggunakan kantong teh, kalian juga bisa menggunakan ampas KOPI !!

- Bubuk soda kue

Selain menggunakan kantong teh / ampas kopi, kalian bisa menggunakan soda kue. Baking soda juga bisa menghilangkan bau sepatu, hal itu karena baking soda atau natrium bikarbonat adalah bahan kimiawi yang dapat dikeluarkan tidak-tidak-tidak yang sangat asam hal itu dapat menyerap dan menetralisir bakteri yang tertinggal di sepatu.

Untuk menghilangkan bau di sepatu menggunakan baking soda, masukkan baking soda ke dalam sepatu secukupnya lalu kalian kocok-kocok sepatu yang berisi soda kue, biarkan selama satu malam atau seharian. Bagaimana cara mengatasi bakteri yang memakai sepatu menggunakan soda kue dan juga pertumbuhan bakteri baik, lalu setelah seharian didiamkan setelah satu malam kemudian bersihkan baking soda yang sesuai dengan sepatu. Lakukan rutin setiap malam.

Ingat! Jangan bersihkan sepatu menggunakan air saat ingin mengeluarkan soda kue, karena itu akan membuat sepatu Anda lembab dan jika dipakai, kaki Anda akan menjadi bau. Cukup gunakan handuk atau dipukul-pukul ke permukaan, agar kue soda yang susah keluar akan menjadi mudah.

Dengan begitu menggunakan beberapa cara di atas bau yang tidak sedap pada sepatu akan hilang.

Itulah hal yang perlu Anda jaga dan bersihkan, karena dengan begitu kaki, kaus kaki dan sepatu Anda akan menjadi bersih dan tidak berbau aroma yang tidak enak jika terhirup. Suka mengingat yang sering kita dengar KEBERSIHAN PANGKAL KESEHATAN.

Jika kamu memiliki tips yang lain, untuk menghilangkan bau sepatu, yukkk kamu komentar di bawah ini.

Dan jika bermanfaat Anda dapat membagikan artikel ini dan berbagi ke teman-teman yang lain, agar sama-sama tau cara menghilangkan bau pada sepatu.

sumber: rockypratama.com

Written by

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store