Dukung kami:

25 Cara Ampuh Merawat Kulit Wajah Berminyak:

Memang cukup mengesalkan harus memiliki waktu khusus untuk merawat kulit wajah berminyak. Walaupun begitu keuntungan memiliki jenis kulit wajah berminyak tidak mudah berkerut daripada kulit kering. Hanya dengan 4 langkah mudah merawat kulit wajah berminyak wajah anda kembali bebas berseri. Ketika kondisi minyak pada wajah berlebih wajah akan terlihat lebih mengkilap walaupun sudah dibantu oleh krim wajah maupun makeup.

Tenang saja karena kami berikan 25 cara ampuh merawat kulit wajah berminyak.

Merawat kulit wajah berminyak dengan sering minum air putih

Dengan sering minum air putih otomatis merawat kulit wajah berminyak. 80% tubuh manusia terdiri dari air. Air putih tidak hanya menggantikan cairan yang hilang namun juga berguna dalam menjaga kesehatan kulit. Ketimbang mengkonsumsi minuman bersoda, air putih jauh lebih baik.

Merawat kulit wajah berminyak dengan kertas minyak

Sangat dianjurkan untuk membawa kertas minyak agar bisa merawat kulit wajah berminyak dimanapun anda berada. Sangat menjengkelkan ketika ada moment penting dan kadar minyak pada wajah anda berlebih. Kertas minyak membantu anda sebagai pertolongan pertama. Menggunakan kertas minyak pada wajah yang sudah dirias lebih baik daripada menumpuk wajah dengan bedak untuk menyerap minyak.

Merawat kulit wajah berminyak dengan menggunakan apel

Apel merupakan salah satu cara merawat kulit wajah berminyak secara alami. Buah apel memiliki manfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Apel sangat aman untuk merawat kulit wajah berminyak.

Caranya: potong buah apel menjadi 2 bagian. Parut 1 bagian apel tersebut. Oleslah apel yang sudah anda parut ke wajah secara merata. Tunggu hingga 15 menit. Kemudian bilas wajah anda menggunakan air hangat.

Anda juga bisa mengkombinasikan parutan apel dengan jus lemon maupun yogurt. Aduk apel, jus lemon dan yogurt hingga merata kemudian oleskan pada wajah hingga merata. Tunggu sekitar 30 menit dan kemudian bilas wajah anda menggunakan air hangat.

Merawat kulit wajah berminyak dengan rajin membersihkan wajah

Jika pori-pori wajah membesar kulit wajah bisa sangat berminyak. Jika kulit wajah berminyak diikuti oleh timbulnya jerawat biasanya kulit akan menjadi sangat sensitif.

Jika kulit wajah berminyak mulai sangat sensitif segera bersihkan wajah setiap hari. Jangan lupa untuk rajin mengganti handuk secara berkala. Penggunaan handuk yang terlalu lama kemungkinan sudah dipenuhi kuman. Bahkan sarung bantal yang tidak diganti secara berkala bisa mengotori wajah kita.

Merawat kulit wajah berminyak dengan menggunakan putih telur

Putih telur bukan hanya bagus untuk menghilangkan komedo namun juga memiliki manfaat yang besar untuk merawat kulit wajah berminyak. Kandungan vitamin A yang tinggi secara ampuh membuat kadar minyak pada kulit wajah anda berkurang.

Caranya: ambil 1 butir telur. Pisahkan putih telur dari kuning telur. Kocok putih telur hingga terlihat kaku. Terlebih dahulu bersihkan wajah anda. Oleskan putih telur pada wajah anda secara merata. Tunggu hingga kering sebelum anda bilas dengan air hangat. Anda bisa melakukan perawatan menggunakan masker putih telur seminggu 2x.

Merawat kulit wajah berminyak dengan menggunakan tomat

Tomat merupakan buah sayur yang memiliki kandungan vitamin c yang tinggi. Dengan kandungan vitamin c yang tingggi tomat bisa diandalkan sebagai pemutih wajah alami. Selain itu tomat juga baik dalam mengendalikan kadar minyak berlebih pada wajah dan mencegah timbulnya jerawat.

Caranya: sediakan tomat segar kemudian potong menjadi 2 bagian. Ambil 1 bagian kemudian langsung gosokkan kepada permukaan kulit wajah berminyak. Basuhlah wajah anda dengan menggunakan air dingin. Agar hasilnya lebih memuaskan sebaiknya anda rutin melakukan seminggu 3–4 kali.

Merawat kulit wajah berminyak dengan kombinasi pisang dan madu

Masker pisang yang dikombinasikan dengan madu merupakan pilihan tepat untuk merawat kulit wajah bermiyak. Masker pisang dan madu bukan hanya baik jenis kulit wajah berminyak namun juga berguna untuk kulit kering.

Caranya: sediakan buah pisang segar dan 1 sendok makan madu dan blender keduanya. Juga sudah terlihat cukup halus bisa langsung menerapkan pada wajah anda. Untuk membuka pori-pori pada wajah anda bisa mencuci dengan air hangat.

Merawat kulit wajah berminyak dengan mentimun

Ada banyak cara alami merawat kulit wajah berminyak. Mentimun adalah salah satunya. Mentimun memiliki kandungan kalium, magnesium, vitamin E dan A yang tinggi sehingga sangat efektif dalam merawat kulit wajah berminyak.

Caranya: Sediakan 1 buah mentimun segar. Potong tipis irisan mentimun. Tempelkan irisan tipis tersebut hingga menutupi seluruh wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas menggunakan air hangat. Cara lainnya adalah buat jus mentimun bersama dengan perasaan jeruk nipis. Oleskan pada wajah secara merata. Tunggu hingga kering dan bilas menggunakan air hangat.

Merawat kulit wajah berminyak dengan menggunakan garam

Pada umumnya garam digunakan sebagai penyedap masakan. Namun ternyata garam juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk merawat kulit wajah berminyak. Garam digunakan agen pengering alami. Garam juga diyakini mampu mengatasi minyak berlebih pada wajah.

Caranya: sediakan sebuah botol yang bisa digunakan untuk menyemprot. Isi botol tersebut dengan air hangat lalu tambahkan 1 sendok teh garam. Semprotan larutan garam ke seluruh wajah. Hindari kontak dengan mata. Jangan terburu-buru untuk segera membilasnya. Ulangi perawatan ini setiap hari dan rasakan manfaatnya.

Merawat kulit wajah berminyak menggunakan kuning telur

Pada artikel sebelumnya kita lebih banyak membaca putih telur sebagai masker alami untuk merawat kulit wajah berminyak. Namun sekarang kuning telur pun juga kita bisa manfaatkan untuk merawat kulit wajah berminyak. Sekarang anda memiliki pilihan untuk menggunakan putih telur saja atau kuning telur saja untuk merawat kulit wajah berminyak.

Caranya: siapkan 2 butir telur. Pisahkan kuning telur dari putih telur. Kocok kedua kuning telur hingga benar-benar tampak merata. Oles kuning telur pada wajah secara merata menggunakan kuas. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Anda bisa membilasnya menggunakan air dingin.

Merawat kulit wajah berminyak menggunakan kulit jeruk

Pada umumnya buah jeruk yang sering dijadikan sebagai bahan perawatan wajah adalah bagian daging buah. Namun kali ini kita juga menggunakan bagian kulit jeruk untuk mengendalikan sekresi minyak yang berlebihan. Kulit jeruk juga ampuh untuk merawat kulit wajah berminyak.

Caranya: sediakan kulit jeruk secukupnya dan jemur dibawah sinar matahari terlebih dahulu. Giling kulit jeruk hingga menjadi bubuk. Campurkan bubuk kulit jeruk dengan air mawar untuk membentuk pasta. Oleskan pasta pada seluruh wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Gunakan air hangat untuk membilas.

Merawat kulit wajah berminyak menggunakan baking soda

Baking soda atau soda kue memiliki sifat pengelupas kulit alami oleh karena itu sering digunakan sebagai bahan untuk meremajakan kulit. Walaupun begitu baking soda juga efektif untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah.

Caranya: ambil 2 sendok makan baking soda dan campurkan pada air sebanyak 1 sendok makan. Oleskan pasta baking soda pada seluruh wajah secara merata. Hindari kontak dengan mata. Gunakan air hangat untuk membilas wajah.

Merawat kulit wajah berminyak menggunakan yogurt

Yogurt termasuk salah satu cemilan sehat. Yogurt memiliki kandungan asam laktat yang cukup tinggi sehingga efektif untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Dengan menggunakan masker yogurt setiap hari anda bisa menghindari kulit wajah berkilap karena minyak.

Caranya: anda cukup menggunakan 1 sendok makan yogurt tawar. Oleskan pada wajah anda secara merata. Tunggu hingga 15 menit agar menyerap. Anda bisa membilas wajah menggunakan air hangat.

Merawat kulit wajah berminyak menggunakan jeruk lemon

Jangan lupakan jeruk lemon untuk merawat kulit wajah berminyak. Asam sitrat yang terdapat pada jeruk lemon mampu menyeimbangkan kadar pH kulit dan mengendalikan kadar minyak pada wajah.

Caranya: sediakan 1 sendok the jus lemon segar dan campurkan bersama 1 ½ sendok teh air yang sudah disuling. Gunakan kapas kemudian celupkan pada campuran jeruk lemon dan oleskan secara merata pada seluruh wajah. Tunggu hingga 10 menit dan bilas wajah anda menggunakan air hangat. Pemakaian jeruk lemon setiap hari secara berkelanjutan bisa membuat kulit tidak seberminyak seperti sebelumnya.

Merawat kulit wajah berminyak menggunakan susu

Pemilik kulit wajah berminyak biasanya juga mempunyai kulit yang sensisif. Untuk kulit wajah berminyak yang cukup sulit dikendalikan anda memerlukan pembersih wajah alami tanpa membuat produksi minyak pada wajah menjadi-jadi.

Caranya: campurkan 2 sendok makan susu dengan 2–3 tetes minyak lavender. Gunakan kuas dan oleskan pada wajah secara merata. Pijat-pijat lembut wajah anda agar peredaran darah menjadi lancer. Sebaiknya gunakan sebelum tidur. Esok paginya bilas wajah anda menggunakan air dingin.

Merawat kulit wajah berminyak menggunakan madu

Madu bisa digunakan sebagai bahan utama atau bahan pelengkap dalam merawat kulit wajah berminyak. Madu banyak digunakan dalam industry kosmetik sebagai bahan pencegah penuaan dini. Karena madu memiliki sifat antiseptic, madu juga bisa mencegah timbulnya jerawat.

Caranya: anda bisa menerapkan secara langsung madu murni pada seluruh wajah anda secara merata. Tunggu sekitar 15 menit sebelum anda basuh menggunakan air dingin. Untuk merawat kulit wajah berminyak secara optimal anda bisa menggunakan madu 2 kali sehari.

Merawat kulit wajah berminyak dengan tepung jagung

Tepung jagung atau yang lebih sering kita kenal dengan maizena merupakan bahan membuat makanan ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan untuk merawat kulit wajah berminyak. Dengan tepung jagung anda bisa memperoleh wajah yang bersih dan bebas kilap karena minyak.

Caranya: campurkan 2–3 sendok makan tepung maizena dengan air hangat secukupnya. Campurkan air hangat hingga tepung maizena menyerupai pasta. Oleskan pasta maizena ke seluruh wajah hingga mongering. Gunakan air hangat untuk membilas wajah anda. Gunakan setiap hari agar hasil lebih optimal.

Merawat kulit wajah berminyak menggunakan masker lumpur

Apakah anda pernah mendengar bahwa masker lumpur juga baik untuk merawat kulit wajah berminyak? Anda perlu mencoba masker lumpur untuk merawat kulit wajah berminyak. Masker lumpur diyakini mampu menghilangkan sel-sel kulit mati. Pori-pori wajah pun menjadi lebih kencang dan kulit wajah terasa lebih lembut.

Merawat kulit wajah berminyak dengan tidak mengonsumsi makanan berlemak

Agar hasil merawat kulit wajah berminyak lebih optimal disarankan untuk menghindari makanan berlemak. Makanan yang mengandung santan dan berlemak memang lebih enak. Namun santan dan makanan berlemak bisa memicu produksi minyak berlebih pada wajah anda.

Merawat kulit wajah berminyak dengan mengonsumsi makanan pengontrol minyak

Untuk merawat kulit wajah berminyak dari dalam hendaknya anda mengonsumsi buah-buahan, sayuran yang bisa mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Ketika anda menyiapkan menu sayuran sebaiknya anda tidak menambah minyak agar lebih lezat.

Merawat kulit wajah berminyak dengan mengendalikan stress

Hormone dan makanan adalah penyebab utama kulit wajah berminyak. Walau demikian stress juga bisa memicu kadar minyak berlebih pada wajah. Penting bagi anda agar bisa mengendalikan stress. Anda sebaiknya mengetahui cara untuk mengendalikan stress yang baik. Untuk mengendalikan stress anda bisa melakukan teknis mengambil nafas dalam-dalam dan menghembuskan nafas secara perlahan. Dengan melakukan yoga atau meditasi yang dilakukan setiap hari kadar stress akan menurun secara drastis.

Merawat kulit wajah berminyak menggunakan lidah buaya

Lidah buaya atau yang lebih sering kita kenal dengan aloe vera tidak diragukan lagi sangat bermanfaat untuk rambut. Aloe vera yang memiliki sifat antimikroba membuat bahan ini menjadi sangat ideal untuk merawat kulit wajah berminyak.

Caranya: ambil sepotong daun lidah buaya dan ambil gel nya. Oleskan pada seluruh wajah secara merata. Biarkan mongering kemudian bilas menggunakan air bersih. Agar hasil lebih optimal anda bisa melakukan perawatan ini sehari 2 sampai 3 kali.

Merawat kulit wajah berminyak menggunakan seledri

Seledri pada umumnya digunakan untuk kesehatan rambut. Namun kali ini seledri bisa digunakan sebagai bahan untuk kulit wajah minyak.

Caranya: ambil 3 batang seledri segar. Rebus air hingga mendidih. Potong seledri ukuran kecil masukkan ke dalam cangkir. Masukkan air mendidih dan seduh seledri. Setelah agak dingin masukkan ke dalam lemari pendingin. Air seduhan seledri dingin itulah yang akan digunakan untuk mencuci wajah sebelum tidur.

Merawat kulit wajah berminyak menggunakan cuka sari apel

Pada umum nya cuka sari apel digunakan untuk mengatasi jerawat karena sifat anti bakterinya. Cuka sari apel juga sangat bermanfaat untuk merawat kulit wajah berminyak.

Caranya: encerkan ¼ cangkir cuka sari apel dengan ¾ cangkir air murni. Setelah tercampur oleskan pada seluruh permukaan wajah menggunakan kapas. Tunggu dan diamkan selama 10 menit sebelum anda bilas menggunakan air dingin. Cobalah beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Merawat kulit wajah berminyak menggunakan oatmeal

Oatmeal sangat terkenal sebagai makanan yang sangat aman untuk kesehatan jantung. Oatmeal juga mampu menyerap kadar minyak berlebih pada kulit wajah berminyak secara alami dan tanpa efek samping.

Caranya: sediakan 1 sendok makan oatmeal dan campurkan dengan sedikit gel lidah buaya hingga terbentuk seperti scrub. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan kurang lebih 15 menit. Anda bisa membilasnya menggunakan air bersih. Hindari penggunaan oatmeal bagi yang memiliki jerawat. Scrub oatmeal bisa melukai jerawat dengan teksturnya yang kasar.

Jika anda kuatir dengan bahaya dan efek samping dari produk-produk merawat kulit wajah berminyak yang banyak beredar di pasar anda bisa mencobanya dengan cara alami seperti di atas. Pilihlah cara yang aman dan alami untuk merawat kulit wajah berminyak.

4 langkah mudah merawat kulit wajah berminyak bersama JAFRA:

Dukung kami:

http://www.roesbeauty.com/25-cara-ampuh-merawat-kulit-wajah-berminyak/

Like what you read? Give roesbeauty a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.