Merencankan Mati

Dunia sufi

Sang guru ngaji, dalam sebuah kesempatan yang jamaahnya terdiri dari anak-anak muda meminta para jamaah untuk memaparkan rencana atau target yang ingin diraih di masa depan. Anak-anak muda itu cuma saling pandang dengan diam tanpa ada satu pun yang berani memulai. Akhirnya Kyai menunjuk sambil berkata “Abdul,,,! apa saja yang ingin kamu raih di masa depan?”

Abdul yang duduk tepat di depan kyai kaget, dengan terbata ia berkata “aanu kyai,, apa yaa,,saya pengin cepat lulus kuliah, lalu kerja, nikah, dan kaya raya kyai.”

“Bagus abdul” kata kyai “selanjutnya ayo siapa yang mau memaparkan?” “para jamaah pun kembali diam. Tak ada yang berani angkat bicara.

Setelah ditunggu agak lama akhirnya si Dullah angkat tangan sambil berkata “Saya kyai”. Kyai pun dengan cepat menanggapi “Nah ini, silahkan Dullah, apa target hidupmu yang ingin dicapai d masa depan?”

“begini kyai” kata Dullah mengawali “dari tadi saya membayangkan tentang masa depan saya. Sebagaimana Abdul saya juga ingin demikian. Tapi setelah itu muncul tanya dalam benak saya, setelah saya meraih predikat lulus, kerja, nikah, kaya raya itu kira-kira selanjutnya apa ya?”

Dullah diam sejenak lalu melanjutkan “Kyai” katanya “apakah gerangan selanjutnya setelah saya meraih itu semua? Tidak-kah ada yang lain?” kyai tak memberi tanggapan meski Dullah bertanya padanya.

Suasana kembali hening. Beberapa saat kemudian Pak Kyai berkata “Dullah, itulah yang sebenarnya ingin saya tanyakan pada kalian. Apa yang selanjutnya diinginkan manusia setelah target hidupnya telah diraih? Adakah kira-kira yang terlintas dalam benak kalian bahwa setelah itu kalian ingin mati?”

“anak muda” kata kyai “jika kalian boleh menentukan sendiri kapankah gerangan kalian ingin mati?” para santri diam sambil menunduk. Kyai kemudian melanjutkan “rencanakanlah kematianmu dan persiapkanlah meraihnya sebagaimana kalian telah berencana dan mempersiapkan untuk meraih masa depan duniamu”..

#refleksingaji #duniasufi

Like what you read? Give Rusdiie a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.