Contoh Resensi Novel dan Pengertiannya

Contoh Resensi Novel — Apa sih resensi buku itu? Bagi seorang pengulas buku, resensi ialah hal yang sudah sering dilakukan dalam menimbang dan membicarakan setiap kali ada publikasi buku terbaru.

deweezz.com

Pada dasarnya meresensi buku ini yakni suatu aktivitas mengkritik mengenai sebuah kreasi punya orang lain. Kata resensi sendiri berawal dari bahasa Belanda, yaitu resentie, yang memiliki arti mengulas kembali. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resensi memiliki arti pertimbangan atau pembicaraan mengenai ulasan buku, film, atau drama.

Diterangkan bahwa karya seni yang dapat diresensi yakni berupa buku, seni film, dan drama. Namun, di artikel ini kami akan mengulas cara membuat resensi buku novel fiksi dengan contohnya.

TUJUAN RESENSI

Untuk kamu yang ingin meresensi buku, perlu diketahui terlebih dahulu! Apa tujuan meresensi buku itu? tujuan dari meresensi buku adalah kamu memberikan evaluasi terhadap karangan sebuah buku, lalu diulas menjadi bahasan singkat dan jelas.

Kemudian target penting dari tujuan tersebut adalah kamu memberikan informasi buku kepada pembaca dan masyarakat luas mengenai kelebihan dan kekurangannya. Lalu memberikan saran apakah buku tersebut memiliki nilai manfaat lebih atau tidakkah untuk dibaca.

MANFAAT RESENSI

1. Ladang penghasil uang
Kamu dapat mengirimkan hasil resensi ke penerbit media jurnal untuk dicantumkan dalam koran atau majalah. Jika hasil resensi mu diterima oleh penerbit media jurnal dan akan dimuat dalam koran atau majalah, maka kamu bisa menerima uang dari penerbit buku yang kamu resensi.

2. Menggali dan Meningkakan Kreativitas
Buat kamu yang memiliki bakat terpendam dalam menulis, sebaiknya gali kemampuan kamu dan terus diasah. Karena itu merupakan sebuah potensi yang bisa menaikkan kreativitas mu.

3. Sebagai promosi sebuah buku
Setiap buku yang diresensi adalah buku terbitan baru yang belum pernah diresensi. Nah, resensi ini salah satu media untuk mempromosikan buku yang baru terbit tersebut.

4. Bahan Rekomendasi
Memberikan bayangan dan rekomendasi kepada para pembaca mengenai sebuah karya seseorang.

UNSUR-UNSUR RESENSI

Faktor yang perlu diperhatikan dalam meresensi buku adalah mengenal seluruh unsur yang ada di dalamnya, karena untuk memudahkan kamu dalam teknis meresensi buku. Unsur sendiri terbagi menjadi dua, yaitu intrinsik dan ekstrinsik.

Intrinsik

  1. Tokoh
  2. Tema
  3. Alur
  4. Latar
  5. Tema
  6. Gaya bahasa
  7. Sudut pandang

Entrinsik

  1. Latar belakag penulis
  2. Kondisi sosial
  3. Nilai yang terkandung

Perihal yang harus diperhatikan

  1. Memahami semua unsur dalam buku.
  2. Memahami kekurangan dan kelebihan buku.
One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.