Species In Pieces

http://www.species-in-pieces.com/
“IN PIECES IS AN INTERACTIVE EXHIBITION TURNED STUDY INTO 30 OF THE WORLD’S MOST INTERESTING BUT UNFORTUNATELY ENDANGERED SPECIES — THEIR SURVIVALS LAYING LITERALLY, IN PIECES.”

In pieces merupakan suatu pameran yang dibuat dalam basis website. Website In pieces memiliki fitur serta tampilan yang menyenangkan untuk interaksi. Website ini memiliki tiga puluh potongan(pieces) yang terdiri dari hewan — hewan yang terancam punah di bumi.

In pieces dibuat cukup interaktif dengan menambahkan animasi — animasi yang menambah kesan hidup didalam web ini. Pada saat kita mulai melakukan eksplorasi di pameran web ini, kita akan disuguhkan dengan tiga puluh hewan terancam punah dalam bentuk polygon yang atraktif. Hewan — hewan tersebut ditampilkan bergantian dengan deskripsi yang berbeda-beda.

Badak Sumatera

Contoh diatas merupakan tampilan saat kita melakukan eksplorasi. Potongan(Pieces) ke dua puluh lima itu menampilan Sumatran Rhino atau Badak Sumatra yang terancam punah. Disaat kita mengklik tombol “What’s The Threat?”, akan muncul berbagai macam informasi seputar hewan tersebut. Infomasi mulai dari Scientific name hingga statistik jumlah Badak Sumatera pun tak luput dari bahasan pada “What’s The Threat?”.

“ONCE IN ABUNDANCE IN SOUTHEAST ASIA, THE SUMATRAN RHINOCEROS IS NOW CRITICALLY ENDANGERED WITH 50% PER DECADE LOST TILL THE EARLY 90S.” — In Pieces
What’s The Threat?

Tombol navigasi yang ada dibagian ini pun dapat dimengerti dengan mudah, sebanyak 80% responden yang saya wawancarai menyatakan bahwa mereka langsung mengerti cara menggunakan website ini biarpun baru pertamakali menggunakan.

Fitur tambahan seperti video juga membuat responden merasa lebih tertarik untuk melakukan interaksi dengan halaman web ini. Ada pula fitur “All Pisces yang menampilkan 30 hewan terancam punah dalam bentuk list yang dibuat melingkar.

Jika kita mengklik tombol yang dilingkari merah, akan ditampilkan list seperti gambar diatas ini. Setiap kita mengarahkan ke titik yang berbeda maka akan tampil nama hewan — hewan yang terancam punah. Disamping itu terdapat pula fitur -fitur lainnya yang tak kalah menarik, seperti Cycle Through dan Statistics.

Biarpun tombol navigasi pada website ini terbilang cukup baik dan mudah dimengerti pada awal penggunaan. Tetapi, ada beberapa tombol navigasi yang masih membingungkan seperti dalam lingkaran kuning dibawah ini.

Dapatkah kalian tebak tombol yang dilingkari berfungsi sebagai apa? Dari hasil survey yang saya lakukan, sebanyak 100% responden menyebutkan fungsi yang salah dari tombol tersebut.

Tombol tersebut berfungsi untuk meng-unduh gambar hewan yang ditampilkan agar dapat dijadikan wallpaper pada PC. Tombol tersebut sebaiknya diganti dengan lambang unduh yang sudah biasa dikenal oleh masyarakat pada umumnya agar website ini dapat digunakan dengan lebih nyaman.

Selain itu juga ada menu Statistics yang bisa di klik persis di sebelah nama hewan, tidak perlu melalui menu What’s The Threat. Tetapi mau keluar dari menu statistics yang di klik melalui tombol disebelah nama hewan, bukannya kembali ke halaman awal hewan, tetapi malah balik ke halaman What’s The Threat. Alangkah baiknya jika disaat kita mengklik tombol back atau exit maka kita diarahkan kembali ke halaman awal saat kita mengklik tombol tersebut.

Kesimpulannya, website ini sudah sangat baik dari segi user interface, tetapi untuk user experience masih ada beberapa bagian yang perlu dibenarkan lagi agar lebih baik lagi.

Website : http://www.species-in-pieces.com
One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.