Yang Belum Anda Ketahui tentang Photoshop

Pemecahan Masalah Pada Photoshop CC

Ketika Anda mengalami masalah dengan Photoshop CC, seperti program tidak dapat melakukan apa yang anda inginkan, atau Photoshop hanya tidak dapat melakukan apa-apa, cobalah perbaikan cepat untuk memecahkan masalah:

Ketika Alat Photoshop Tidak Dapat Bekerja

  1. Batalkan seleksi. Kecuali Anda mencoba untuk bekerja dalam seleksi aktif, tekan Command+D (Mac) atau Ctrl+D (Windows) untuk membatalkan pilihan. Seleksi yang aktif di tempat lain mungkin membatasi pekerjaan anda.
  2. Reset alat tersebut. Klik Kanan pada alat ikon di sebelah kiri dari Options bar dan seleksi alat Reset.
  3. Periksa Layer dan Saluran panel. Pastikan Anda memiliki layer yang benar aktif dan yang layer (bukan layer mask) yang aktif. Periksa panel Channels untuk memastikan anda memiliki channel warna yang aktif.

Ketika Perintah-perintah photoshop tidak dapat berjalan

Pindahkan kursor anda ke menu dan klik, hanya untuk menemukan bahwa perintah yang anda inginkan berwarna abu-abu! Perhentian berikutnya anda harus menu Gambar →. Mode Menu. Periksa untuk memastikan bahwa mode warna gambar dan kedalaman warna adalah sesuai untuk perintah yang ingin anda gunakan. (Banyak filter Photoshop, misalnya, hanya dapat digunakan dengan gambar 8-bit / RGB.)

Memperbaiki Photoshop

Ketika Photoshop tidak akan bekerja dengan baik, cobalah mengganti Preferensi file dengan menggunakan prosedur ini:

  1. Buka Photoshop and Simpan Barang Anda. Pilih Edit→Presets→Preset Manager untuk menyimpan sets of styles, brushes, dan hal-hal kecil lainnya potongan-potongan yang anda telah buat. Gunakan perintah-perintah save actions dalam Actions panel menu untuk menyimpan beberapa setelan-setelan dari custom Actions.
  2. Tinjau Preferences anda. Buka Photoshop’s Preferences dan lanjutkan melalui setiap panel, catat pengaturan pilihan anda sehingga anda dapat memulihkan lingkungan kerja anda nanti.
  3. Keluar Photoshop. Kemudian restart program seperti ini :
  • Pada Mac: Tahan Command + Shift + Option dan restart Photoshop. Bila diminta, lepaskan tombol pengubah dan mengkonfirmasi, jika ya, anda ingin mengganti pengaturan Photoshop.
  • Pada PC: Restart Photoshop dan kemudian segera tekan dan tahan tombol Ctrl + Shift + Alt. Bila diminta, lepaskan tombol pengubah dan mengkonfirmasi, jika ya, anda ingin mengganti pengaturan Photoshop.

Trik-trik seleksi di Photoshop CC

Katakanlah bahwa anda ingin bekerja pada bagian, atau seleksi, dari gambar bukan seluruh foto. Photoshop CC memiliki kelompok besar perintah seleksi dan alat-alat. Berikut adalah beberapa trik untuk menambah repertoar anda:

Untuk : Lakukan: Membuat seleksi dari semua piksel pada sebuah layer Command+klik/Ctrl+klik pada layer thumbnail. Load sebuah layer mask sebagai seleksi Command+klik/Ctrl+klik mask thumbnail. Load sebuah alpha channel sebagai seleksi Command+click/Ctrl+klik channel thumbnail. Load semua piksel menurut luminositas Command+click/Ctrl+klik RGB channel thumbnail.

Trik-trik Photoshop CC Layer-Merging (Penggabungan Layer)

Ini ada beberapa trik trik untuk dikerjakan pada layer-layer di Photoshop CC jika Layers palette terlalu krodit, atau jika anda membutuhkan untuk menjalankan filter-filter yang sama untuk beberapa layer-layer, rampingkan palet Layer-layer anda, atau bekerja dengan beberapa Layer sebagai satu kesatuan:

Untuk : Lakukan : Gabungkan layer aktif dengan layer dibawahnya Command+E/Ctrl+E Gabungkan seluruh visible layer dengan layer aktif Command+Shift+E/Ctrl+Shift+E Gabungkan copy dari seluruh visible layers dengan new baru Command+Shift+Option+E/Ctrl+Shift+Alt+E

Photoshop CC Warna-Warna Filter Gallery

Banyak Photoshop CC filter kreatif menggunakan warna foreground, warna latar belakang, atau keduanya, dan anda harus memilih warna-warna ini sebelum Anda masuk ke galeri Filter. Gunakan daftar ini untuk filter Photoshop penting dan warna yang mereka gunakan:

Filter Color(s) Filter Color(s) Artistic→Colored Pencil Background Sketch→Graphic Pen Foreground + background Artistic→Neon Glow Foreground + background Sketch→Halftone Pattern Foreground + background Brush Strokes→Accented Edges Foreground + background Sketch→Note Paper Foreground + background Distort→Diffuse Glow Background Sketch→Photocopy Foreground + background Render→Clouds Foreground + background Sketch→Plaster Foreground + background Render→Fibers Foreground + background Sketch→Reticulation Foreground + background Sketch→Bas Relief Foreground + background Sketch→Stamp Foreground + background Sketch→Chalk & Charcoal Foreground + background Sketch→Torn Edges Foreground + background Sketch→Conte Crayon Foreground + background Texture→Stained Glass Foreground

Photoshop CC Panel Menu-menu dan Option-option

Seperti yang anda lihat pada gambar, tidak semua pilihan menu yang tersedia untuk semua font. Beberapa pilihan hanyalah bentuk perintah dari menu panel (seperti gaya faux). Sejumlah pilihan hanya berlaku untuk font OpenType, yang meliputi pilihan yang jauh lebih besar dari glyphs (karakter) daripada font lainnya.

Berikut adalah beberapa pilihan menu panel yang anda harus akrabi:

image0.jpg
  • Fractional Widths: Ketika dipilih, Photoshop menggunakan opsi ini untuk mengatur jarak antara huruf secara individual. Apakah Anda melihat perbedaannya? Tidak dengan tipe besar, tetapi jika anda membuat teks kecil (terutama untuk web atau perangkat yang pintar), pilih opsi ini. Seberapa kecil kecil? Umumnya 10 poin atau lebih kecil.
  • System Layout: Kecuali Anda harus mencocokkan tampilan teks di TextEdit untuk Mac atau Windows Notepad, meninggalkan pilihan ini terpilih. Kapan Anda membutuhkannya? Ketika merancang item antarmuka untuk suatu program atau game.
  • No Break: Ketika bekerja dengan jenis paragraf, anda dapat memilih satu atau beberapa kata dan memilih No Break untuk mencegah mereka dari (yang ditulis dengan tanda penghubung) anda mungkin ingin melakukan hal ini dengan kata-kata yang sulit untuk mengenali kapan dibagi antara dua baris.
  • Roman Hanging Punctuation: Ditemukan pada menu panel Paragraph, pilihan ini memungkinkan tanda baca yang lebih kecil yang terletak di pinggiran kiri dan kanan teks dibenarkan untuk menggantung keluar melewati margin. Ketika koma dan sejenisnya di luar margin, margin itu sendiri memiliki tampilan yang lebih bersih. Jangan gunakan opsi ini jika tata letak anda tidak dapat menangani teks yang meluas melewati tepi kolom Anda.
  • Adobe Composer: Pilihan ini sebenarnya cukup sederhana: Komposer Single-Garis melihat satu baris jenis untuk menentukan hyphenation. Setiap-Line Composer melihat seluruh blok teks, umumnya menghasilkan penampilan yang lebih menyenangkan.
  • Reset (panel name): Jika anda melihat beberapa perilaku aneh dari alat jenis anda, anda mungkin ingin memanggil ulang Karakter dan Reset perintah Paragraph. Mereka mengembalikan pengaturan di panel masing-masing ke default, menghilangkan pengaturan yang bermasalah.

Ingat bahwa anda dapat mengklik kanan ikon alat di ujung kiri bar Pilihan dan pilih Reset Tool (atau Reset Semua Tools) untuk segera kembali ke pengaturan alat standar. Jika Type tool tampaknya tidak bekerja dengan benar, reset dan kemudian pilih pilihan Anda.

Melukis Dengan Photoshop CC’s Brush Tool

Anda mengontrol mana Brush tool bekerja dengan memilih ujung kuas dari ukuran (size) tertentu, bentuk (shape), dan kekerasan (hardness) (kegenapan (warna yang jelas), atau kekurangan itu (sedikit berbayang), sepanjang tepi ujung sekitar kuas/Brush). Ingat juga bahwaanda dapat menggunakan Brush dan alat melukis lain untuk membuat perubahan halus dalam warna yang ada.

Dengan memilih blending mode yang tepat dan opacity, Anda dapat mencampur warna lukisan ke dalam warna yang ada pada gambar anda. Membuat keputusan-keputusan dasar dari Options bar, ditampilkan untuk Brush tool.

Make the primary decisions about painting tool behavior from the Options bar.

Membuat keputusan utama tentang sifat alat melukis dari Option bar.

Seperti yang anda lihat pada gambar, Options bar memberikan Anda akses ke miniatur Brush panel, dari mana Anda dapat memilih ujung kuas, mengubah ukuran, orientasi, kebulatan (beberapa tips tentang kuas), dan menyesuaikan kekerasan hardness tepi kuas. (Hanya kiat kuas bulat menggunakan penyesuaian Kekerasan (hardness) di Options bar.)

Lima baris sampel ke kanan menunjukkan Hardness, dari 0% sampai 100% dalam 25% bertahap, semua menggunakan kuas 40 pixel. Peralatan kuas dapat menggunakan ujung kuas yang anda miliki dalam panel Brush — dan anda dapat menyesuaikan ujung kuas dalam berbagai cara.

Anda benar-benar sudah siap untuk melukis di Photoshop ! Pilih warna foreground, pilih ukuran kuas yang anda inginkan, putuskan seberapa keras atau tidak harus jelas ujung-ujungnya, ubah blending mode dan opacity (jika diinginkan), dan tarik alat dalam gambar anda. (Dan, mungkin terbaik dari semua, tidak ada terpentin yang diperlukan untuk membersihkan -. Hanya beralih alat di Toolbox).

Ketika Anda bekerja dengan menggunakan alat kuas, selalu ingat bahwa ujung sikat yang dipilih diterapkan sebagai rangkaian tayangan individu, yang disebut kasus. Pertimbangkan sebuah contoh untuk menjadi kesan tunggal ujung kuas, seperti menekan pena sekali pada selembar kertas — meninggalkan satu titik.

Lihatlah perbatasan luar dalam gambar ini. Ubahlah nilai Spasi Kuas (di panel Brush utama, buka melalui menu Window Photoshop). Di kiri atas, jarak diatur ke default 25% dan hasil garis kontinyu.

Di sebelah kanan atas, Spasi diatur ke 67%, dan ujung kuas individu yang terlihat seperti lingkaran yang tumpang tindih. Di sebelah kiri bawah, Spasi diatur ke 133% — ini adalah pengaturan yang mungkin anda gunakan untuk garis putus-putus dan setiap contoh ujung kuas terlihat secara individual.

Changing the Spacing makes the individual brush tip instances visible.

Mengubah Spacing membuat contoh ujung kuas individu terlihat.

Jika anda tahu bahwa anda memiliki kursor diatur untuk menunjukkan ujung kuas, tetapi anda melihat garis bidik kecil kecil sebagai gantinya, periksa Caps Lock pada keyboard anda. Matikan Capslock pilih kursor yang tepat dan ukuran kuas untuk menggunakan alat kuas.

Ketika anda mengubah pengaturan pada Options bar Brush tool Opacity, Anda mengubah tampilan stroke secara keseluruhan. Mengubah pengaturan Flow (juga pada Options bar), di sisi lain, perubahan jumlah warna diterapkan dengan masing-masing instance dari ujung kuas.

Ketika aliran berkurang dan jarak diatur ke kurang dari 100%, daerah tumpang tindih setiap contoh brush tampak lebih gelap (atau lebih terang ketika melukis dengan, misalnya, hitam putih).

Salah satu item terakhir di bar Pilihan untuk alat Brush sekilas layak. Di sebelah kanan bidang Arus adalah tombol Airbrush. Ketika Airbrush pada tombol berubah gelap, nilai Arus mengambil lebih banyak makna.

Ketika Anda melukis dengan Brush di Airbrush modus dengan pengaturan aliran (flow) berkurang, hentikan kursor dengan tombol mouse ke bawah memungkinkan warna untuk membuat menjadi lebih buram seperti jika anda menggunakan airbrush nyata. Anda dapat menggunakan Airbrush baik sebagai seniman airbrush tradisional dan untuk mensimulasikan cat semprot. Anda dapat melihat kedua dalam gambar ini.

Airbrushing and spray painting with the Airbrush option for the Brush tool.

Airbrushing dan lukisan semprot dengan opsi Airbrush untuk Brush tool.

Jika komputer Anda memiliki prosesor dan kartu video yang mendukung OpenGL menggambar, anda dapat memutar gambar pada layar untuk lukisan mudah — tidak memutar kanvas, tetapi memutar gambar pada layar! Hal ini dapat menjadi lebih bagus untuk fine-tuning lapisan masker atau melakukan tugas-tugas lukisan halus lainnya.

Menggunakan Putar View tool (bearada pada Handtool) memungkinkan anda untuk mengatur karya seni lukisan stroke anda yang paling nyaman. Sementara menyeret Putar alat View, panah merah di layar kompas selalu mengarahkan anda ke bagian atas gambar. Bila anda ingin gambar yang berorientasi kembali ke atas, cukup klik dua kali pada Rotate View tool icon di panel Tool.

DAFTAR HARGA KURSUS

No.

Jenis Program

Harga

SILABUS

Administrasi Perkantoran

1

Ms. Word

Rp. 300.000,-

(s/d bisa waktu selesai tidak ditentukan)

Mengenal tombol Keyboard dan pengeditan, kolom surat kabar, artikel berbahasa Inggris, membuat Struktur Organisasi, SOP, Brosur, Kolom Surat Kabar, Tabel dengan Rumus, Grafik, Surat Masal, Equation Editor, dll.

2

Ms. Excel

Rp. 325.000,-

(s/d bisa waktu selesai tidak ditentukan)

Dasar-dasar, tabel dan penghitungan menggunakan rumus dan fungsi Akuntansi, memvariasikan fungsi-fungsi dll.

3

Ms. Power Point

Rp. 275.000,-

(s/d bisa waktu selesai tidak ditentukan)

Bentuk presentasi, Slide Show, Kostumisasi, Animasi dll

4

PAKET ADMINITRASI PERKANTORAN I

Ms. Word & Excel

Gratis Power Point

Rp. 600.000,-

(s/d bisa waktu selesai tidak ditentukan)

5

PAKET ADMINITRASI PERKANTORAN II

Ms. Word, Excel & Powerpoint

Gratis Photoshop

Rp. 850.000,-

(s/d bisa waktu selesai tidak ditentukan)

ARCHITECT DESIGN & GRAPHIC DESIGN

ARCHITECT DESIGN

1

Autocad 2 Dimensi

Rp. 650.000,-

(s/d bisa waktu selesai tidak ditentukan)

Mengetahui Definisi Autocad 2 & 3 Dimensi dan Elemen-elemennya yang ada pada Autocad 2 & 3 D. Berlatih menggunakan perintah-perintah dasar hingga yang bersifat advance (lanjutan) secara lengkap dan mendetail.

Mengimplementasikan terhadap pekerjaan yang sesungguhnya dalam menggunakan Autocad 2 & 3 D (Tehnik Mesin atau Tehnik Arsitektur dll…).

2

Autocad 3 Dimensi

Rp. 650.000,-

(s/d bisa waktu selesai tidak ditentukan)

3

PAKET ARCHITECT DESIGN

Autocad 2 Dimensi

Autocad 3 Dimensi

Rp. 1.000.000,-

(s/d bisa waktu selesai tidak ditentukan)

GRAPHIC DESIGN

1

Photoshop

Rp. 650.000,-

(s/d bisa waktu selesai tidak ditentukan)

Mengetahui Definisi Photoshop & Corel Draw dan Elemen-elemennya yang ada pada Photoshop & Corel Draw

Berlatih menggunakan perintah-perintah dasar hingga yang bersifat advance (lanjutan) secara lengkap dan mendetail.

Mengimplementasikan terhadap pekerjaan yang sesungguhnya dalam menggunakan Photoshop & Corel Draw

Mengetahui Definisi Photoshop & Corel Draw dan Elemen-elemennya yang ada pada Photoshop

2

Corel Draw

Rp. 650.000,-

(s/d bisa waktu selesai tidak ditentukan)

3

PAKET Graphic DESIGN

Photoshop

Corel Draw

Rp. 1.000.000,-

(s/d bisa waktu selesai tidak ditentukan)

Tehnisi/Teknisi Komputer

1

MAINTAINING SOFTWARE

Rp. 1.000.000 20 x P

Membuat Email, Membuat Blog Gratis, Browing dan Download Program-program gratis, meninginstall Windows, mempelajari Windows , pengaturan sistem dll

2

KURSUS PERAKITAN KOMPUTER

Rp. 1.500.000 20 x P

Merakit Komputer Dengan bermacam-macam hardisk dan CD/DVD ROM, setting Bios dsb.

Bahasa Pemrograman

1

3D Studio Max, Adobe Premiere, Borland Delphi, MYOB dan S.A.P. Masing-masing :

Masing-masing :

Rp. 1.500.000 20 x P

mengenalkan dan memahami software programming tersebut, membuat program-program sederhana, hingga ke tingkat lanjutan, dll

2

Visual Basic, SQL Server, Clipper, PHP, Web Design, Dream Weaver, CC++, Java, Java Script dan SPSS

Masing-masing :

Rp. 1.700.000 20 x P

mengenalkan dan memahami software programming tersebut, membuat program-program sederhana, hingga ke tingkat lanjutan, dll

3

Oracle & VB.net

Masing-masing :

Rp. 2.000.000 20 x P

mengenalkan dan memahami software programming tersebut, membuat program-program sederhana, hingga ke tingkat lanjutan, dll

Bahasa Inggris

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12

PREPARATORY I

PREPARATORY II

PRE-ELEMENTARI I

PRE-ELEMENTARI II

ELEMENTARI-I

ELEMENTARI II

INTERMEDIATE

POST INTERMEDIATE

ADVANCE I

ADVANCE II

CONVERSATION

ENGLISH FOR BUSINESS

Rp. 200.000,-/Bln (2 Bln)

Rp. 225.000,-/Bln (2 Bln)

Rp. 250.000,-/Bln (2 Bln)

Rp. 275.000,-/Bln (2 Bln)

Rp. 300.000,-/Bln (2 Bln)

Rp. 325.000,-/Bln (2 Bln)

Rp. 350.000,-/Bln (2 Bln)

Rp. 400.000,-/Bln (2 Bln)

Rp. 450.000,-/Bln (2 Bln)

Rp. 500.000,-/Bln (2 Bln)

Rp. 550.000,-/Bln (2 Bln)

Rp. 600.000,-/Bln (2 Bln)

English for beginner, Preparatory 1–3 & Pre-Elementary 1–3

Mendengar ucapan guru dengan seksama, latihan membaca dengan benar, menambah kosa kata, menguraikan kata-kata, huruf per huruf dari : alfabet, waktu, hitungan dari 1 sampai 100, kata-kata dasar yang ada diseluruh lingkungan kita, latihan berdialog hingga dasar-dasar tenses. Dengan tingkat kesulitan sesuai dengan tingkatan kursus.

Pre-Elementary 1–3, Ementary 1–3, Intermediate 1–3 & Advance 1–2

Mendengar ucapan guru dengan seksama, latihan membaca dengan benar, menambah kosa kata, menguraikan kata-kata, huruf per huruf dari : kata-kata dasar yang ada diseluruh lingkungan kita, latihan berdialog, tenses-tenses, pengetahuan Bahasa Inggris, menterjemahkan dengan benar, me-refleksikan ucapan kata-kata dalam bahasa Inggris sesuai dengan yang kita inginkan dengan benar. Dengan tingkat kesulitan sesuai dengan tingkatan kursus.

Conversation & English for Business

Latihan berdialog dengan memperhatikan intonasi naik turunnya nada sesuai dengan maksud yang diucapkan dan menyesuaikan dengan moment berbicara dalam keadaan santai hingga pada saat ber-bisnis direfleksikan dengan benar dan cepat. Latihan menterjemahkan dengan cepat cerita-cerita dari Bahasa Inggris ke Indonesia atau sebaliknya. Hingga membuat surat-surat dalam bahasa Inggris dengan bentuk surat yang benar dan disesuaikan dengan tujuan pembuatan surat tersebut.

KURSUS KOMPUTER BERSERTIFIKAT DI KARAWANG.

 Klik Pada Gambar Untuk Mengetahui selengkapnya
 Klik Pada Gambar Untuk Mengetahui selengkapnya
Klik Pada Gambar Untuk Mengetahui selengkapnya
 Klik Pada Gambar Untuk Mengetahui selengkapnya
 Klik Pada Gambar Untuk Mengetahui selengkapnya
  Klik Pada Gambar Untuk Mengetahui selengkapnya
Drop Down Menus
CSS Drop Down Menu
Pure CSS Dropdown Menu

Kursus Komputer Bersertifikat di Kabupaten Karawang Jawa barat Indonesia ini, menyelenggarakan program praktek sampai bisa hingga mendapatkan nilai terbaik diantara kursus-kursus lainnya.

Anda akan mendapatkan banyak keuntungan di Kursus Komputer Bersertifikat di Kabupaten Karawang Jawa barat Indonesia ini, diantaranya Belajar sampai bisa, gartis pendaftaran, ujian, modul dan sertifikat, mendapatkan bonus dan gratisan di Kursus Komputer Bersertifikat di Karawang ini,

Dasar-dasar Kursus Komputer Bersertifikat di Kabupaten Karawang Jawa barat Indonesia ini, lebih banyak praktek hingga siswa-siswi benar-benar mengerti pada pelajaran-pelajaran yang di pilih dan tidak ada keraguan lagi untuk mengikuti ujian praktek pada Pencarian kerja, kenaikan jabatan ataupun untuk mendaftar kuliah. Sehingga siswa dan siswa siap ketika lulus di SINERGI di Kursus Komputer Bersertifikat di Kabupaten Karawang Jawa barat Indonesia ini,

Di Kursus Komputer Bersertifikat di Kabupaten Karawang Jawa barat Indonesia ini, akan membahas bagaimana agar siswa/siswi siap sesuai dengan praktek-praktk yang menyesuaikan dengan pekerjaan-pekerjaan yang ada pada saat ini.

Di Kursus Komputer Bersertifikat di Kabupaten Karawang Jawa barat Indonesia ini, siswa dan siswi akan mendapatkan sertifikat dengan keadaan nilai dari hasil ujian yang sebenarnya berintegrasi dengan pelajaran-pelajaran sebelumnya yang sudah sesuai dengan pekerjaan-pekerjaan yang ada yang berhubungan dengan Praktek kerja pada saat ini

LPK. SINERGI Kursus Komputer dan Bahasa Inggris

di Karawang — Cikampek

No. HP. 08567777234560 Pin BB : D39C0DAB

Email : Siner.gi@live .com,

Kursus Komputer dan Bahasa Inggris di wilayah :

- Banyusari -Batujaya— Ciampel -Cibuaya— Cikampek- Cilamaya Kulon -Cilamaya Wetan— Cilebar— Jatisari -Jayakerta -Karawang Barat -Karawang Timur -Klari · Kotabaru -Kutawaluya -Lemahabang -Majalaya -Pakisjaya — Pangkalan- Pedes— Purwasari -Rawamerta -Rengasdengklok -Tegalwaru -Telagasari -Telukjambe Barat -Telukjambe Timur -Tempuran — Tirtajaya- Tirtamulya -Subang— Wanayasa -Purwakarta -Cikarang

Alamat :

Jl. Raya Kosambi — Telagasari

Kp. Kawali, Rt. 71 / 20

Karawang 41371

Dekat Perum Kosambi Permai

Karawang — West Java

Indonesia

Demikian penjelasan kami tentang Kursus Komputer di Karawang, Profil LPK Sinergi memang KURSUS KOMPUTER DI KARAWANG YANG BERSERTIFIKAT BANYAK sekali di Karawang yang dalam pencariannya disebutkan

lpk prisma computer karawang

tempat kursus komputer di cikampek

raditya komputer kabupaten karawang

lkp prisma computer kabupaten karawang, jawa barat

lembaga kursus dan pelatihan prisma computer kabupaten karawang, jawa barat

tempat kursus komputer di karawang 2016

kursus komputer di kosambi karawang

raditya komputer karawang

tempat kursus desain grafis di karawang

via Blogger http://ift.tt/2qpot3z
 April 29, 2017 at 07:04PM

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.